10 Tips Cemerlang Menghadapi Persaingan Blog Yang Makin Ketat

Masyarakat awam tidak menyadari dan memang tidak terlihat secara kasat mata bahwa di saat sekarang ada kompetisi yang begitu ketat sedang terjadi. Kejadian sedang dan akan terus berlangsung di dunia maya, di blogsphere atau dunia blogg, banyak blogger sedang berjuang keras menghadapi persaingan blog yang semakin ketat dan menggila.

Apa sih yang diperebutkan? Pembaca.

Dengan jumlah blogger yang semakin hari semakin banyak, tingkat kesulitan dalam menarik perhatian masyarakat pembaca semakin tinggi.

Situasinya tidak semudah dahulu lagi.

Ibaratnya, kue yang dulunya bisa dibagi 2 atau 3, sekarang harus dibagi 100. Bukan hanya ukurannya yang mengecil tapi juga usaha untuk mendapatkan kue ukuran kecil itu saja butuh kerja keras yang lebih banyak.

Sekitar 10 tahun yang lalu, masih mudah sekali mendatangkan pembaca baik dengan cara blogwalking atau dengan mengoptimasi tulisan dengan teknik SEO On page. Di masa sekarang, teknik SEO sama sekali tidak menjamin keberhasilan sebuah tulisan nangkring di Page One atau Halaman Pertama SERP (Search Engine Result Page – Halaman Hasil Pencarian).

Jika ditambahkan dengan fakta bahwa masyarakat lebih suka menggunakan media sosial, atau media visual seperti Youtube, maka kompetisi yang ada sekarang sebenarnya lebih keras dari yang terlihat.

Persaingan blog dan bloggernya diprediksi akan semakin tajam dan menggila di masa datang.

Kondisi yang menyurutkan banyak sekali orang yang hendak terjun menjadi blogger. Kalaupun mereka memutuskan tetap menjadi blogger, tujuannya berubah menjadi sekedar bersenang-senang saja.

Berkurangnya pangsa pasar memang paralel dengan penurunan pendapatan yang dirasakan para blogger belakangan ini.

Bahkan, tidak sedikit blogger kawakan yang memutuskan undur diri karena merasa situasinya tidak lagi kondusif dan menguntungkan.

Walaupun demikian, dengan kompetisi yang sebegitu ketat, peluang untuk bisa berhasil tetap ada. Apalagi kalau mempertimbangkan prediksi di masa depan dimana pertumbuhan ekonomi dan penduduk akan tetap meningkat.

Bukan sebuah hal yang mudah, tetapi juga bukan sesuatu yang tidak bisa dimenangkan.

Ada beberapa tips untuk bisa bertahan dalam situasi persaingan antar blogger yang begitu ketat seperti sekarang.

1> Buat website Anda loading lebih cepat

Dengan pembaca yang semakin tidak sabaran dan pesaing yang terus menanti kesalahan, sebuah blog dengan loading yang lamban adalah masalah besar.

Google sendiri memberikan batas 2,5 – 4 detik waktu loading sebuah laman sebelum kemudian melabelinya dengan kata “Poor” atau “Buruk.

Yang terburuk adalah calon pembaca menekan tombol close atau back karena laman yang dinanti tidak kunjung tampil di perangkat mereka.

Buat blog Anda loading secepat Flash.

2> Terbitkan lebih banyak konten

Kenapa banyak pembaca seperti terikat dengan media berita online, seperti Detik, Tribunnews, atau Kompas? Jawabannya karena mereka terus menyuguhkan sesuatu yang baru kepada pembacanya.

Dalam sehari mereka berani mempublish ratusan konten baru, meskipun gaya bahasanya tidak ada yang spesial.

Jadi, semakin banyak artikel yang dilempar ke khalayak pembaca, semakin besar kemungkinan pembaca betah berada di blog Anda.

Contohnya Techcrunch, Mashable, atau Huffpost yang tidak pernah berhenti memposting dan hasilnya mereka bisa bertahan dalam kompetisi antar blog yang keras.

3> Buat konten lebih menarik lagi

Banyak pembaca menyukai Youtube, lalu mengapa tidak coba tampilkan video di blog Anda? Hal seperti ini sangat mudah dilakukan karena struktur sebuah blog memang sangat memungkinkan untuk menyisipkan media lain di dalamnya.

Intinya adalah buat blog menjadi berbeda dan lebih menarik lagi dari sebelumnya. Dengan begitu pembaca bisa memiliki variasi dan bukan sekedar membaca teks saja.

4> Ikuti tren

Memang agak berat untuk mengikuti tren, tetapi sering hal ini harus dilakukan mengingat sifat masyarakat selalu menyukai sesuatu yang baru.

Bahas lebih banyak topik yang sedang ngehit atau menjadi trending yang berkaitan dengan tema blog. Bila dipasangkan dengan semakin banyak menelurkan tulisan, hasilnya biasanya akan membantu penambahan jumlah pengunjung.

5> Bekerja dalam tim

Banyak kepala biasanya semakin memusingkan karena semakin banyak pendapat yang harus diperhatikan.

Tapi, dalam menghadapi persaingan blog yang sangat kompetitif seperti sekarang ini, variasi dan perbedaan pendapat bisa menjadi sangat menguntungkan.

Makin banyak sudut pandang yang bisa ditampilkan kepada khalayak pembaca dan tulisan pun akan semakin beragam.

Yang pasti juga, bekerja dalam tim akan membantu mengatasi kendala tenaga untuk terus menerbitkan konten.

6> Promosi lebih banyak

Mengapa beberapa marketplace besar, seperti Tokopedia, Lazada, atau Shopee tetap gencar mempromosikan brand mereka? Jawabannya karena mereka berusaha untuk mencegah pengguna aplikasi mereka berpindah ke lain hati.

Promosi yang gencar akan membantu mempertahankan brand dan sambil terus berusaha menjaring pengguna baru.

Pergunakan teknik yang sama bagi blog Anda dan rajin-rajinlah mempromosikannya kemanapun yang bisa dijangkau. Jangan ragu bahkan untuk mengajak tetangga, saudara, atau pacar untuk menjadi pelanggan blog Anda.

Kalau memang perlu menggunakan iklan dan dana tersedia, pergunakan dan lakukan.

7> Variasi gaya penulisan

Monoton sama artinya kebosanan.

Pembaca pun begitu. Mereka akan merasakan kebosanan jika gaya yang disampaikan begitu begitu saja. Tidak ada perkembangan dan tanpa variasi.

Oleh karena itu, coba variasikan gaya penulisan dan penyampaian informasi agar membuatnya tidak monoton.

8> Perluas dan manfaatkan jaringan/network

Bisnis tanpa punya network sulit berkembang dengan bagus.

Networking akan membantu sekali dalam usaha promosi atau mendongkrak citra sebuah blog.

Semakin banyak kawan sesama blogger yang berkomentar di blog akan membuat blog tersebut menjadi lebih mengundang pembaca baru. Siapapun akan tertarik pada kerumunan dan keramaian, begitu juga di blog.

Bangunlah jaringan seluas mungkin dan kemudian manfaatkannya untuk membuat blog Anda terlihat ramai “luar biasa”.

9> Jangan ragu merubah strategi

Bila sebelumnya blog Anda merupakan sebuah portal berita personal, kondisi sekarang tentunya akan menjadi sangat sulit karena media berita online nasional, seperti Detik mulai merambah ke semua sektor.

Mereka tidak lagi segan untuk menggunakan gaya para blogger atau memakai topik receh yang biasa dipakai blogger.

Ganti strategi, misalkan dengan membuat tulisan super panjang dan tema yang agak berat. Lakukan perubahan sekaligus memberikan nuansa baru bagi pembaca yang sudah ada.

10> Bekerja lebih keras dan lebih kreatif

Bila biasa ngeblog hanya 2-3 jam sehari, lipatgandakan. Persaingan yang keras akan memaksa semua orang bekerja lebih giat dan lebih keras lagi.

Mau tidak mau.

Pada saat bersamaan, cobalah terus menggali ide-ide baru, cara-cara penulisan baru, atau bidang baru yang bisa ditampilkan. Dengan begitu blog bisa terus berkembang dan tidak stagnan.

Tips bonus dari yang sudah disebutkan di atas adalah banyak berdoa. Terkadang kita butuh bantuan dari tangan Yang Maha Kuasa untuk bisa melewati semua tantangan yang ada.

Selamat berjuang kawan blogger!

Leave a Comment