13 Cara Meningkatkan Page View Blog : Bukan Perkara Mudah

Salah satu target yang harus dimiliki oleh setiap blogger, bila ia ingin menghasilkan uang atau ketenaran dari blog adalah terus berusaha meningkatkan page view blognya.

Page view dalam hal ini adalah jumlah halaman yang dibaca atau dilihat oleh pengunjung.

Prinsip dasarnya sederhana, semakin banyak halaman yang dikunjungi oleh pembaca, maka

  • berarti pembaca betah berlama-lama di blog dan hal ini akan membantu menurunkan bounce rate (pembaca yang hanya mengunjungi satu halaman). Bounce rate yang rendah memberikan indikasi positif kepada mesin pencari dan membuat blog tersebut mendapat “penilaian” tambahan
  • pengunjung yang membuka banyak halaman akan melihat lebih banyak iklan dan kemungkinan ia tertarik untuk mengklik iklan menjadi semakin besar
  • semakin banyak iklan yang ditayangkan, berarti pemasukan untuk sang blogger juga membesar (kalau ia menggunakan Adsense atau periklanan berbasis Pay per Click – Bayar per Klik)
  • pembaca yang mengunjung lebih dari satu halaman akan berpotensi menjadi pengunjung tetap bagi blog tersebut
  • jumlah page view yang secara total tinggi juga bisa berarti peningkatan trafik pengunjung

Jadi, peningkatan page view pada sebuah blog harus terus diupayakan oleh blogger pengelolanya. Kecuali, sekali lagi kecuali, sang blogger memang hanya memanfaarkan blognya sekedar untuk iseng, mengeluarkan uneg-uneg, atau main-main saja.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan page view blog?

Jujur saja, berdasarkan pengalaman menjadi blogger selama 8 tahun, tidak ada yang mudah.

Tentu saja , saya tahu sekali bahwa ada berbagai artikel yang menyebutkan ada cara ampuh atau mudah atau sederhana untuk bisa meningkatkan page view blog. Namun, membacanya jelas lebih mudah daripada mempraktekkan isi teori-teori tersebut.

Butuh banyak sekali waktu, pemikiran kreatif, tenaga, dan enerji yang harus dikeluarkan untuk mewujudkan semua teori tersebut.

Semua hal ini harus diterima dan dijalani karena tidak ada jalan pintas yang mudah.

Jadi, bersiaplah untuk bekerja keras berulangkali.

Dua inti dasar meningkatkan page view blog

Garis besar dari segala usaha untuk mengingkatkan jumlah halaman yang dibaca oleh pengunjung blog berintikan pada dua hal yang disebutkan di bawah ini

<1> Mendatangkan lebih banyak pengunjung baru

Logikanya sederhana saja, setiap kali berkunjung ke sebuah blog, maka blog tersebut akan mendapatkan minimal 1 page view. Jika ada1000 orang pengunjung membuka 1 halaman saja, maka berarti ada 1000 page view yang terjadi.

Bila jumlahnya pengunjungnya bisa dinaikkan menjadi 10.000, berarti pageviewnya juga akan naik kan? Betul tidak?

Jadi, inti pertama adalah dengan terus berusaha menaikkan jumlah pengunjung. Semakin banyak pengunjung akan menghasilkan page view yang semakin banyak pula.

Cara pertama ini bersifat ekstensifikasi, pelebaran pasar.

<2> Membuat pembaca betah di blog

Bila pembaca menyukai artikel yang ditayangkan di blog, besar kemungkinan, minimal ia akan membuka satu halaman lagi. Jika ia merasa apa yang ditemukannya menarik, ia akan cenderung membuka beberapa halaman lainnya.

Nah, bayangkan jika ada 1000 pembaca biasanya membuka 2 halaman, tetapi karena tulisan Anda sangat menarik, semua pembaca itu membuka 5 halaman. Berarti akan ada 5000 page view tambahan.

Untuk itulah seorang blogger harus terus berusaha membuat artikel yang menarik agar para pembaca betah berlama-lama di blog.

Cara yang ini bersifat intensifikasi.

Cara dan tips Meningkatkan page piew blog

Dua cara dasar di atas bisa disebut teori. Lalu cara kongkrit apa yang harus dilakukan?

Sebenarnya batasannya adalah kreativitas Anda sebagai blogger yang dituntut. Cara apapun yang terpikirkan dan mungkin dilakukan, ya silakan lakukan. Yang penting pengunjung datang dan sebisanya dibuat betah berlama-lama membaca.

Namun, jika Anda butuh sedikit ide, silakan lihat beberapa cara di bawah ini.

<1> Menyebar link artikel ke media sosial

Bila Anda baru saja menerbitkan satu artikel baru, jangan hanya didiamkan saja. Apalagi kalau tidak menerapkan SEO on Page (Optimasi artikel dengan teknik SEO).

Sebarkan linknya.

Facebook adalah tempat yang paling nyaman untuk melakukan itu. Selain akun pribadi, Anda bisa menyebarkan link artikel tersebut ke komunitas atau grup Facebook yang memungkinkan.

Dari pengalaman, tergantung pada kesesuaian tema, akan selalu ada orang yang mengklik akun tersebut

<2> Menyebar link via aplikasi chatting

Bukan hanya FB yang memiliki grup, aplikasi seperti Whatsapp atau Telegram pun punya. Biasanya terdiri dari orang-orang yang kita kenal.

Lalu, kenapa tidak? Silakan sebarkan linknya. Saudara, teman, atau pacar bisa menjadi pembaca tulisan Anda. Mereka bisa menambah jumlah halaman yang dibuka.

<3> Melakukan blogwalking

Setelah menerbitkan sebuah posting baru, siapkan link artikel tersebut. Kemudian lakukan blogwalking ke sesama blogger. Jika diperkenankan, masukkan link tadi ke kolom “situs” yang disediakan di banyak blog.

Biasanya, blogger Indonesia akan rajin berkunjung kembali dan jika ia membuka artikel tersebut atau halaman beranda, maka tambahan page view akan tercatat.

<4> Melakukan email marketing

Coba saja Anda siapkan template email dan cantumkan alamat website atau link artikel dalam email tersebut. Pergunakan kata sopan dan menarik. Ajak penerima email untuk mau membuka link.

Jika dilakukan dengan benar, tidak jarang penerima email akan mau datang ke blog. Hasilnya adalah page view tambahan.

Iya kan?

<5> Terus update blog dengan artikel baru

Mayoritas orang menyukai hal yang baru. Begitu juga pembaca. Mereka yang sudah menyukai sebuah blog akan berulangkali datang untuk mencari update terbaru.

Jika mereka menemukannya, apalagi dalam jumlah banyak, maka tidak segan mereka akan membuka dan membaca.

Hasilnya, sesuai dengan cara dasar kesatu, yang berdasarkan teknik intensifikasi, ia akan menambahkan page view bagi blog tersebut.

<6> Pergunakan teknik SEO

Yap, Anda benar. Cara meningkatkan page view yang satu ini termasuk cara ekstensifikasi.

Bila sebuah artikel memiliki SEO yang baik dan kemudian nilainya bagus di mata mesin pencari, maka artikel ini akan terus mendatangkan pengunjung baru yang mempergunakan kata kunci/keyword terkait.

Jadi, meski tidak mahir, cobalah berusaha, setidaknya menempatkan keyword pada tempat-tempat yang membuatnya bisa ditemukan mesin pencari, terutama Google.

<7> Buat waktu loading laman sesingkat mungkin

Anda bisa bayangkan betenya seorang pembaca ketika harus menunggu 10-15 detik setelah mengklik link? Saya saja sudah bakalan pergi kalau hal itu terjadi.

Buat waktu loading laman secepat-cepatnya. Dengan begitu, pembaca merasa nyaman dan tidak merasa membuang waktu. Jika waktu loading secepat si Flash berlari, mereka biasanya tidak akan segan membuka beberapa halaman.

Jika mau page view terus naik yah.

<8> Buat judul yang mengundang

Bukan clickbait, tetapi judul menarik dan mengundang untuk diklik. Clickbait itu memiliki makna negatif karena judul dan isi tidak nyambung.

Namun, judul yang menarik akan memastikan pembaca terus merasa tertarik untuk menbuka laman di blog, lagi, dan lagi.

<9> Adakan giveaway

Siapa yang tidak suka diberi hadiah atau bonus, kecuali bonus pekerjaan dan masalah.

Coba saja Anda buat semacam lomba atau kuiz di blog? Anda akan menemukan para peserta berulangkali datang ke blog untuk mengetahui apakah mereka mendapat hadiah atau tidak.

Selama Giveaway diadakan, trafik dan jumlah halaman yang dikunjungi biasanya meningkat.

<10> Buat thread di forum

Meski sudah tidak lagi seramai dulu, forum masih eksis dan bahkan beberapa masih tidak sepi peminat.

Jika Anda memang sudah menjadi anggota sebuah forum, buat thread dan cantumkan link ke blog Anda. Semakin ramai thread tersebut, semakin banyak pengunjung yang akan datang dan bisa dipastikan halaman yang dibuka akan semakin banyak pula.

<11> Bergabung dengan komunitas blogger online

Ada lumayan banyak komunitas blogger online yang memperbolehkan seorang blogger membagikan link artikel terbaru, seperti Blogger Perempuan, Emak2Blogger, dan lain sebagainya.

Silakan cari saja di internet. Banyak kok!

Nah, jika Anda menjadi bagian dari komunitas seperti ini, biasanya para member akan senang melakukan saling kunjungan. Jadi, bisa dipastikan jumlah page view akan meningkat.

Apalagi kalau kita sering mengupdate blog dengan artikel baru.

<12> Tambahkan internal link dalam artikel

Internal (inbound) link adalah tautan yang mengarah pada artikel/halaman lain dalam blog yang sama.

Menambahkan beberapa inbound link dalam sebuah artikel sudah terbukti membantu dalam meningkatkan page view. Biasanya mereka akan mengklik tautan tersebut setelah selesai membaca sebuah artikel.

<13> Tambahkan widget related post

Ini sebuah widget yang sangat penting dalam hal ini. Letakkan satu widget di dalam atau di bawah sebuah artikel yang isinya artikel-artikel lain dengan tema yang sama.

Jadi, setelah seorang pembaca selesai membaca sebuah artikel, ia sudah akan disodori artikel lain. Istilahnya, ia sudah digoda untuk membuka artikel baru.

Jika berhasil, bukankah berarti ada penambahan page view bagi blog?

Itu adalah 13 cara meningkatkan page view yang bisa terpikirkan oleh saya dan sebenarnya sudah pernah saya lakukan semuanya.

Jika Anda punya ide lain, silakan tambahkan dan lakukan.

Namun, harus diakui, saya tidak bisa melakukan semuanya sekaligus secara rutin. Keterbatasan waktu dan tenaga merupakan hambatan karena masih harus dibagi untuk membuat konten atau mengurus pekerjaan lain.

Padahal, kalau memang memungkinkan saya ingin melakukan semuanya secara rutin.Karena kalau semua dikerjakan secara teratur bisa dipastikan, bukan hanya jumlah page view yang bertambah, tetapi perkembangan blog akan pesat juga.

Jadi, saya memilih beberapa yang sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Hal yang sama saya sarankan juga untuk dilakukan.

Namun, kalau memang Anda punya waktu dan tenaga banyak, lakukan saja semuanya. Tidak akan ada ruginya.

Bagaimana, apakah Anda mau memilih sebagian saja, atau melakukan semuanya?

Leave a Comment