3 Hal Yang Blogger Pemula Perlu Lakukan Dalam 3 Bulan Pertama

Salah satu hambatan utama yang paling sering dihadapi oleh para blogger baru saat terjun ke dunia blogging adalah kebingungan harus memulai dari mana. Pusing memang karena belum ada dan mungkin tidak akan ada sekolah ngeblog atau blogger. Jadi, wajar saja kebingungan itu hadir karena mereka harus belajar sendiri.

Nah, sebagai blogger yang sudah “senior” karena sudah terjun duluan selama hampir 8 tahun, sebenarnya solusinya sederhana. Ada 3 hal yang seorang blogger pemula perlu lakukan di tahap awal, terutama dalam rentang waktu 3 bulan pertama sejak memutuskan terjun ke dunia blogging.

<1> Perbaiki blog dan tampilan

Hampir pasti, semua blogger baru akan kebingunan tentang bagaimana tampilan blog yang baik seharusnya. Apalagi biasanya pengetahuan teknis dalam urusan ini sangat minim.

Jadi, berikan waktu 3 bulan untuk mempelajari, melakukan trial and error, kemudian memperbaiki tampilan blognya.

Dengan begitu setelah masa 3 bulan selesai, urusan tampilan blog bisa dianggap selesai dan sang blogger bisa beralih pada hal yang lebih utama.

Kalau memang tidak bisa mengurus sendiri, jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain untuk membuatnya.

<2> Menulis sebanyak-banyaknya setiap hari

Jangan ikuti para internet marketer yang menyarankan untuk promosi, promosi, promosi. Hal itu belum cocok untuk seorang blogger pemula.

Kecuali Anda pada dasarnya seorang penulis, maka seorang blogger pemula perlu belajar menulis konten yang baik. Ia harus belajar bagaimana caranya memadupadankan image dengan tulisan agar enak dilihat.

Hampir pasti, akan banyak sekali kesalahan dalam menulis atau membuat konten yang harus diperbaiki.

Hal itu hanya bisa diketahui jika seorang blogger mulai membuat artikel atau kontennya sendiri dan kemudian memperbaiki apa yang dirasanya kurang tepat.

Menulis sebanyak-banyaknya memastikan akan ada banyak kesalahan untuk dilihat dan diperbaiki.

Lagi pula, dengan semakin banyak menulis di tahap awal, perlahan akan terbangun sebuah kebiasaan dan kedisiplinan.

Bonusnya, hampir pasti mulai akan ada pengunjung yang datang ke blog, meski jumlahnya belum banyak. Lama-kelamaan jumlahnya akan bertambah karena mesin pencari pun sudah akan melirik blog tersebut karena sering diupdate.

Sering update blog memang memberi kesan baik pada para mesin pencari karena blognya akan dianggap hidup dan aktif.

<3> Mencari teman

Bukan promosi. Pada tiga bulan pertama, blogger pemula memang benar-benar harus melakukan hal ini, yaitu mencari teman.

Bagaimanapun, seorang blogger tetap manusia dan perlu bersosialisasi. Berjalan sendiri akan terasa sangat sepi dan membosankan, tetapi hal itu bisa diatasi dengan bergaul.

Lagi pula, dengan berteman, maka seorang blogger pemula bisa belajar lebih banyak dari mereka yang sudah dianggap lebih mahir. Kalaupun bertemunya dengan sesama blogger pemula pun bukan sebuah masalah karena setidaknya akan ada teman seperjalanan di dunia blogging.

Mencari teman bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti bergabung dalam komunitas blogger atau melakukan blogwalking ke blog orang lain.

Bonus yang akan didapat juga, ketika sudah lebih mapan, teman-teman ini akan membentuk jaringan yang berharga bagi promosi atau mencari peluang di masa datang.


Cukup 3 itu saja yang blogger pemula perlu lakukan pada tahap 3 bulan pertama karirnya sebagai blog. Mirip seperti masa percobaan saat bekerja di suatu institusi.

Tidak perlu terlalu banyak hal yang harus dijalankan karena kemampuan blogger pemula biasanya terbatas. Tambahan hal lain pada periode ini cenderung bukan membuat tambah maju, tetapi justru menghasilkan kepusingan dan beban tersendiri.

Lagi pula, blogging adalah perjalanan panjang dan sering tanpa ujung. Masih akan ada banyak waktu untuk belajar lebih dalam tentang blogging dan tidak perlu dibebankan pada tahap awal.

Begitulah saya dulu memulai karir saya sebagai blogger. Saya fokus pada tiga hal ini saja dan hasilnya, Alhamdulillah, saya sudah menjadi blogger selama 8 tahun dan sudah merasakan manis, serta pahitnya bergelut di dunia blogging.

Leave a Comment