4 Tahap Membangun Blog Adsense Yang Menghasilkan Uang, Mana Yang Tersulit

Adsense merupakan salah satu metode monetisasi blog besutan raksasa mesin pencari, Google. Dengan menjadi seorang publisher Adsense, seorang blogger bisa mengubah hobinya menjadi mesin penghasil uang.

Blog Adsense sendiri merujuk pada blog yang memasang iklan yang disediakan divisi periklanan Google ini. Bloggernya akan disebut dengan publisher Adsense.

Untuk membangun sebuah blog Adsense yang menghasilkan uang, teorinya sederhana, dan sebenarnya bisa dibagi dalam 4 tahap saja. Di antara keempat tahap ini ada 1 bagian yang paling sulit untuk dilakukan.

Silakan lihat tahapan-tahapannya di bawah ini.

<1> Membuat blog

Bagian yang termudah dari kesemua tahapan adalah yang satu ini. Anda bisa membuatnya dalam waktu 10-15 menit saja dengan memakai platform blogger.com atau Blogspot, maka sebuah blog sudah bisa dilahirkan.

Namun, kalau memang mau serius, ada baiknya kemudian memakai TLD (Top Level Domain), seperti lovelybogor.com, maniakmenulis.com, dan sejenisnya. Hostingnya sendiri bisa tetap menggunakan blogspot saja karena Google menyediakan juga jasa penjualan domain.

Jika, mau lebih serius lagi, ada baiknya mempergunakan WordPress Self Hosted dimana blogger mengurus semuanya sendiri, termasuk hosting dengan memakai CMS berbasis WordPress.

Yang manapun, prosesnya tidak akan melebih 1 X 24 jam dan bisa dilakukan dengan cepat.

Kemudian lanjutkan dengan membuat menu navigasi agar pembaca bisa menemukan konten dengan mudah. Ini pun tidak akan memakan waktu lama kalau memakai Blogspot atau WordPress.

<2> Mengisi blog dengan konten

Sebelum berpikir untuk memasang iklan, ada baiknya memfokuskan pikiran dan tenaga pada langkah yang satu ini.

Adsense tidak akan bisa didapat, jika blognya masih kosong.

Jadi, tahap kedua adalah mengisi blognya dengan konten, baik berupa artikel, foto, video, atau gabungan semuanya.

Yang terbaik adalah memilih satu dua topik saja agar isi blog tidak terlihat amburadul. Namun, kalau memang memiliki minat dalam banyak topik, tidak ada larangan untuk memasukkan semuanya ke dalam blog.

Lakukan rutin, kalau bisa setiap hari.

Berapa jumlah konten yang diperlukan? Sebanyak-banyaknya yang Anda bisa. Kalau bisa 10 artikel/hari, lakukan. Jangan ragu.

Proses ini akan memakan waktu lebih panjang. Kalau saya sarankan, isi blog dulu selama 3-6 bulan, sebelum berpikir untuk mengajukan permohonan menjadi publisher Adsense.

<3> Permohonan kepada Adsense

Bila tahap 2 terlewati, maka saatnya untuk mengajukan permohonan menjadi Publisher Adsense.

Caranya bisa dilakukan via websitenya di SINI.

Tidak susah kok untuk mengisi semua persyaratan. Sekitar 10-20 menit akan dibutuhkan untuk mengisi formulirnya.

Yang agak lama, tetapi bisa juga sangat cepat adalah mendapatkan persetujuan terhadap permohonan yang diajukan.

Ada yang bisa cepat, seperti saya yang dalam beberapa jam langsung mendapat email pemberitahuan dan dalam 2 hari persetujuan diterima. Ada juga yang harus berulangkali karena blog dianggap tidak memenuhi syarat menjadi blog Adsense.

Jadi, waktu yang dibutuhkan akan tergantung pada tim Adsense dan sulit diberikan batasan yang jelas. Bisa beberapa hari, bisa juga beberapa bulan atau tahun.

<4> Mendapatkan penghasilan dari blog Adsense

Sudah merasa sulit di tahap 3? Jangan dulu. Banyak kok blogger yang mendapatkan Adsense, jadi peluangnya tetap besar.

Nah, anggaplah kemudian permohonan disetujui, sebelum masuk ke tahap 4, silakan bersorak gembira dulu. Dan, saya akan mengucapkan, “Selamat menjadi publisher Adsense! Dan, selamat berjuang! Semoga sukses!

Kok ada “Selamat Berjuang” sih?

Yah, karena kenyataannya, sebenarnya perjuangan Anda baru dimulai setelah persetujuan diterima. Kemudian, Anda baru saja masuk ke bagian tersulit dari 4 tahapan yang ada.

Banyak yang membayangkan akan segera menjadi kaya karena sudah memiliki blog Adsense. Yang dibayangkan adalah, dengan memasang iklan, kemudian uang akan segera mengalir ke rekening.

Faktanya tidak demikian. Butuh perjuangan dan waktu yang lumayan lama untuk bisa menghasilkan. Bahkan, banyak blogger yang setelah beberapa tahun masih belum bisa mendapatkan gajian pertama dari Adsense yang sebenarnya hanya US$ 100 saja.

Saya beruntung, 3-4 bulan setelah memiliki blog Adsense, gajian pertama langsung didapat dan setelah itu secara rutin bisa mendapat penghasilan. Itupun dengan kerja keras untuk memposting artikel sebanyak banyaknya.

Sampai sekarang pun, saya belum menjadi kaya raya sebagai publisher Adsense.

Itu adalah fakta dan bukan untuk menakuti Anda.

Bagian tersulit dari keempat tahapan ada di bagian akhir, yaitu menghasilkan uang dari blog Adsense.

Google pada dasarnya bukan memberi tongkat ajaib yang bisa merubah segala sesuatu menjadi emas. Perusahaan raksasa itu hanya memberikan sebuah alat, yang harus Anda pergunakan untuk mendapatkan uang, bagi diri sendiri dan mereka, si Google (dalam bentuk bagi hasil).

Berapa besar uang yang akan didapat akan tergantung pada kerja keras, kerja cerdas, dan juga kreativitas Anda dalam mendatangkan trafik pengunjung ke blog. Dengan begitu kemungkinan orang yang menklik iklan semakin besar dan penghasilan Anda semakin besar.

Tidak bedanya dengan pekerjaan lain, Adsense memerlukan kerja keras untuk bisa sukses.

Nah, itulah 4 tahap membangun blog Adsense yang menghasilkan yang. Jika Anda berminat mengetahui lebih dalam bisa dilihat pada tulisan yang lebih lengkap, yaitu “Cara Menghasilkan Uang dari Blog, Nggak Bisa Cepet!

Leave a Comment