Berapa Jumlah Karakter Untuk Meta Description Sebuah Artikel Supaya SEO Friendly?

Meta description atau deskripsi meta adalah bagian yang penting dan tidak boleh diabaikan jika memang berniat menerapkan SEO dengan baik. Bukan hanya karena kata-katanya harus nonjok , menarik dan mengundang, namunjuga jumlah karakter dalam meta description ikut menentukan sebuah artikel SEO friendly (ramah mesin pencari atau tidak).

Mengapa demikian, karena apa yang diisikan dalam meta description akan ditampilkan di halaman hasil pencarian dan sayangnya ruangnya terbatas.

Seperti apa sih meta description di halaman hasil pencarian?

Pasti Anda sering melihat, tetapi tidak menyadari. Coba lihat screenshot dari halaman hasil pencarian di Google di bawah ini.

Berapa Jumlah Karakter Untuk Meta Description Sebuah Artikel Supaya SEO Friendly? - Hasil Pencarian Google

Meta description adalah summary atau uraian singkat yang ditampilkan di bawah judul artikel. Uraian ini akan memberikan gambaran kepada calon pembaca tentang apa yang akan mereka temukan jika mengklik url di halaman SERP (Search Engine Result Page – Halaman Hasil Pencarian)

Baca juga : Cara Menghasilkan Uang Dari Blog – Tidak Bisa Cepat!

Bagian ini biasanya dimanfaatkan para blogger untuk menbuat uraian yang menarik, nendang, dan bisa memikat hati pencari informasi agar mau datang ke blognya.

Masalahnya adalah ruang yang disediakan terbatas karena kalau tidak, uraiannya akan terpotong oleh sistem.

Pertanyaannya berapa jumlah karakter maksimum yang bisa dimasukkan ke dalam meta description agar tidak terpotong? Yang jelas supaya uraian singkatnya tidak disambung dengan “….” yang dipandang tidak seo friendly.

Jumlah Karakter Untuk Meta Description Sebuah Artikel Supaya SEO Friendly?

Sebenarnya jawabannya beragam dan akan tergantung mesin pencari yang digunakan. Microsoft Bing dan Google memiliki algoritma yang berbeda. Jadi, sistem SEO-nya juga pasti tidak sama.

Kalau berdasarkan pengamatan, Microsoft Bing akan memberi meta description lebih banyak pada peringkat 1-2 di halaman hasil pencarian mereka. Berbeda dengan Google, yang semuanya sama ukuran.

Berapa Jumlah Karakter Untuk Meta Description Sebuah Artikel Supaya SEO Friendly? - Hasil Pencarian Microsoft Bing
Hasil pencarian Microsoft Bing

Nah, karena biasanya yang dibicarakan para blogger Indonesia, dan wajar karena Google menguasai pasar mesin pencari, maka jumlah maksimum karakter meta description yang ditanyakan akan merujuk ke mesin pencari Google.

Jawabannya, sebenarnya kalau menggunakan WordPress Self Hosted dan plugin Yoast SEO akan terjawab.

Plugin ini akan mengukur panjang meta description dan kemudian memberi sinyal kuning, oranye, merah atau hijau.

Kalau coba dihitung sendiri, maka jumlah karakter untuk meta description supaya dipandang SEO Friendly oleh Yoast ada dua batas, yaitu batas atas dan batas bawah.

  • batas bawah 106 karakter : alias tidak boleh lebih pendek dari jumlah ini
  • batas atas 140 karakter : alias tidak boleh lebih panjang dari angka ini

“Karakter” dalam hal ini bukan hanya huruf, tetapi juga termasuk spasi, titik, koma yang biasa dipergunakan membentuk kalimat.

Catatan tersendiri adalah plugin Yoast selalu melakukan update sistemnya untuk menyesuaikan dengan algoritma Google.

Jumlah karakter ini pun sebenarnya berubah dari beberapa tahun yang lalu karena dulu batas atas 155 karakter dan sekarang berkurang. Jadi, algoritmanya sendiri berarti selalu mengalami perubahan.

Nah, jika Kawan memang mau mencoba, saya pikir angka 106-140 adalah batas yang aman untuk meta description.

Selamat mencoba.

Leave a Comment