Blogger Harus Pandai Mengatur dan Memanfaatkan Waktu

Banyak yang tidak menyadari menjadi seorang blogger berarti harus pandai mengatur dan memanfaatkan waktu. Hal itu terjadi karena untuk bisa menjalankan dan mengembangkan blog, seorang blogger harus terjun dalam beberapa bidang yang semuanya memerlukan skill dan kemampuan yang berbeda.

Masalah utamanya adalah waktu yang tersedia terbatas. Apalagi mayoritas blogger mengelolanya sebagai sampingan saja dan sehari-hari masih banyak tugas dan pekerjaan lain yang harus dilakukan, seperti mencari nafkah, mengurus anak.

Padahal, tugas blogger itu banyak dan beragam jenisnya, seperti

  • mencari ide untuk konten
  • membuat konten atau artikelnya sendiri
  • memperkenalkan blognya kepada dunia luar (promosi) agar blog mendapatkan pembaca
  • menjawab setiap komentar pembaca agar terjalin keterikatan antara mereka dengan blog
  • melakukan negosiasi dengan pemberi job (bila tujuannya mencari uang)
  • mengerjakan masalah teknis karena pasti suatu waktu akan terjadi

Dan, semua itu harus dilakukan sendiri (kecuali blog-nya dikelola oleh sebuah tim).

Bukan hal yang mudah karena waktu yang ada biasanya sudah tersita oleh tugas yang lebih diprioritaskan.

Jadi, mau tidak mau, seorang blogger harus berpandai-pandai dalam memanfaatkan waktu yang tersisa.

Biasanya, waktu yang tersisa tidak banyak dan hanya beberapa jam setiap harinya untuk mengurus dan mencoba memajukan blognya.

Tanpa adanya pengaturan waktu yang baik, seringkali hal itu berujung pada mandegnya blog.

Ada beberapa tips ringan yang bisa dimanfaatkan agar seorang blogger bisa menggunakan waktu yang ada secara efektif dan produktif bagi blognnya.

Silakan lihat di bawah ini

1> Buat jadwal

Memiliki jadwal rutin kegiatan merupakan langkah pertama. Hal ini lebih baik daripada sekedar mengandalkan mood yang terkadang ada kadang tidak.

Dengan memiliki jadwal rutin, pada akhirnya akan terbentuk rutinitas pemanfaatan waktu secara efisien.

Tidak perlu rumit dan bisa memanfaatkan peralatan yang ada, seperti aplikasi Note atau Excel pun bisa dipergunakan.

Tetapkan kapan harus mencari ide, kapan menulis dan membuat konten, kapan harus promosi. Dengan begitu akan ada dorongan untuk terus menggunakan waktu untuk kegiatan ngeblog.

Jangan lupa juga agar jadwal ini disinkronkan dengan jadwal harian rutin agar tidak mengganggu.

2> Kerjakan satu persatu

Pada saat jadwal harus menulis, ya menulis saja. Tidak perlu mengerjakan hal lainnya. Ketika saat untuk promosi tiba, habiskan waktu itu untuk menyebarkan link atau melakukan blogwalking sebanyak mungkin.

Fokus pada satu pekerjaan dalam satu waktu cenderung menghasilkan output yang lebih maksimal dibandingkan mengerjakan terlalu banyak pekerjaan.

Kecuali, bila waktu yang tersisa masih banyak, Anda bisa menggunakannya untuk tugas yang lain.

3> Mengalihkan waktu

Di tengah tugas rutin sehari-hari, sebenarnya banyak waktu yang tidak produktif terjadi. Contohnya, pada saat berada di dalam angkutan umum. Di saat itu biasanya yang bisa dilakukan hanyalah bengong dan menunggu saja.

Jika waktu tersebut bisa dialihkan untuk kegiatan ngeblog, maka akan tersedia waktu tambahan yang bisa dipergunakan. Isi waktu tidak produktif itu dengan kegiatan yang cocok, misalkan saat berada di angkutan umum bisa dipakai untuk mencari ide.

Tentunya tidak membutuhkan tempat dan lokasi khusus. Apalagi adanya ponsel cerdas di tangan memungkinkan hal itu terjadi. Cari dan catat ide sepanjang perjalanan ke kantor atau tempat lain.

4> Kurangi waktu bermedia sosial

Secara sadar atau tidak, manusia di masa sekarang terlalu terikat dengan media sosial. Tiada hari yang terlewati tanpa bersentuhan dengan Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya.

Bahkan, tidak jarang bangun tidur pun hal yang pertama dilihat adalah media sosial.

Padahal, yang seperti itu sebenarnya merupakan pemanfaatan waktu yang tidak efisien. Tidak ada hasilnya selain pemuasan ego.

Kecuali untuk promosi atau saat istirahat, jauhkan diri dari media sosial dan alihkan waktunya untuk mengerjakan tugas-tugas seorang blogger.

5> Pergunakan teknik manajemen waktu

Beberapa teknik memanfaatkan waktu secara efisien bisa diterapkan, seperti teknik Podomoro.

Dengan begitu, dalam suatu waktu produksi hal-hal yang terkait dengan blog bisa dimaksimalkan.

6> Manfaatkan teknologi agar waktu tidak terbuang percuma

Perangkat telekomunikasi sekarang semakin canggih dan ringan untuk dibawa kemana-mana. Sebenarnya hal ini memberikan kesempatan bagus bagi seorang blogger agar bisa memanfaatkan waktu dengan efisien.

Sebuah perangkat tablet akan memindahkan “meja kerja” di rumah menjadi bisa dimanapun.

Seorang blogger bisa membuat kontennya dalam perjalanan atau sekedar mencatat ide-ide yang masuk. Penggunaan aplikasi One Note dari Microsoft akan sangat membantu sekali mengorganisir tugas-tugas lainnya.

Tentu masih ada cara lain untuk mengefisienkan waktu. Silakan Anda temukan sendiri sesuai dengan kondisi dan situasi.

Tetapi, intinya, tanpa usaha mengatur dan memanfaatkan waktu secara efisien, seorang blogger akan terjebak pada situasi yang merugikan. Blognya sulit berkembang dengan baik karena ia tidak bisa menyediakan waktu yang cukup.

Bagaimanapun, sebuah blog butuh konten-konten baru untuk bisa maju dan semua itu baru bisa dilakukan apabila bloggernya tahu cara memanfaatkan waktu yang ada.

Leave a Comment