Cara Mengubah Label/Tag Menjadi Kategori (Categories) di WordPress

Salah satu hal yang lumayan menjengkelkan setelah migrasi dari Blogger (Blogspot) ke WordPress Self Hosted adalah terkait Label/Tag dan Kategori. Pertanyaan bagaimana mengubah label/tag menjadi kategori merupakan sesuatu yang umum diajukan oleh mereka yang baru saja berpindah hati dari platform blogging besutan Google itu ke WordPress atau WP.

Sistem Blogspot memang tidak mengenal istilah “Kategori”. Fitur yang disediakan untuk mengelompokkan posting memakai label saja. Sederhana sebenarnya dan karena memang platformnya memang bertujuan untuk ngeblog saja, segala sesuatu dipermudah agar pemakainya bisa fokus pada membuat konten.

Hal itu menjadi masalah tersendiri ketika seseorang memutuskan untuk bermigrasi ke CMS populer dunia lainnya, WordPress. Sistem yang dikeluarkan oleh Automattic Inc ini melakukan pengelompokan dengan dua jenis dan basis utamanya adalah Kategori. Label dan tag tetap dipergunakan, tetapi lebih sering dipergunakan sebagai pelengkap.

Yang menjadi masalah adalah ketika seseorang memutuskan untuk mengimpor seluruh konten dari Blogspot ke WordPress, label tidak akan otomatis berubah menjadi kategori. Label akan berubah menjadi “tag” yang fungsinya kurang lebih sama.

Mengubah label menjadi kategori bisa dilakukan secara manual dengan mengedit satu persatu posting yang sudah ada. Namun, cara ini akan sangat merepotkan dan membuang waktu jika kontennya sudah banyak, ratusan atau ribuan.

Bisa bayangkan waktu yang akan tersita untuk membuka, mengedit tulisan yang pernah terbit satu persatu? Yap, banyak waktu akan terbuang.

Tapi, kalau Anda mau silakan saja.

Kalau saya sih tidak. Ada satu fitur dalam WordPress yang sudah disiapkan untuk mengantisipasinya. Fiturnya agak tersembunyi dan jarang dipakai. Dengan menggunakan sebuah plugin kecil bawaan WordPress, sebanyak apapun label bisa diubah dalam waktu singkat.

Nama plugin ini adalah “Categories and Tag Converter” (Pengubah Kategori dan Tag). Pernah lihat? Agak tersembunyi dan banyak pemakai WP Self-Hosted sendiri tidak menyadarinya. Adanya di menu “Tools” (Peralatan).

Silakan ikuti saja cara ini jika Anda mengalami kesulitan terkait label dan kategori setelah migrasi.

  • Masuk ke Dashboard WordPress (dashboard blog)
  • Pilih menu ” TOOLS
  • Klik “Available Tools
  • Tampilan akan memperlihatkan sebuah halaman baru seperti di bawah ini
  • Klik link yang ada di dalamnya dan layar berikut akan memperlihat beberapa pilihan
  • Klik “install now” di bawah “Categories and Tags Converter
  • setelah beberapa saat maka akan muncul menu “Run Importer” di bawahnya, seperti yang terlihat di image di bawah ini
  • Setelah mengklik “run importer” maka muncul sebuah halaman sederhana seperti di bawah ini

Pada halaman ini hanya ada dua menu, yaitu

  1. Categories to Tags ==> menu untuk mengubah kategori menjadi tag/label
  2. Tags to Categories ==> menu untuk mengubah label/tag menjadi Kategori

Karena Anda berniat mengubag label/tag menjadi kategori, maka pilihan kedua lah yang harus dipakai.

  • klik menu tersebut, maka kemudian akan muncul daftar tags yang sudah ada
  • centang pada kotak di sampingnya untuk memilih label mana yang akan diubah menjadi kategori

Setelah selesai memilih, di bagian bawah akan ada tombol “Convert Tags to Categories”.

Lalu? Sudah selesai. Anda tinggal melihat pada “Post” dan di sana akan terlihat label yang dipilih tadi akan masuk pada bagian kategori.

Iya sesederhana itu saja maka ratusan tag bisa diubah menjadi kategori, kalau mau. Hanya, saya akan sarankan pilih beberapa yang mencakup isi blog saja dan selebihnya biarkan tetap menjadi tag/label saja.

Enaknya lagi, kalau sudah selesai, kita bisa menghapus plugin ini agar tidak memberatkan website. Caranya?

  • lihat halaman “Plugin
  • pilih “Categories to Tags Converter Importer
  • klik “deactivate
  • klik “delete

Selesai.

Kalau butuh lagi, ya tinggal ulangi lagi dari awal saja. Plugin ini bisa diinstal ulang, seperti semua plugin di WP. Kalau butuh tinggal ambil, selesai memenuhi tugas, bisa dibuang.

Selamat mencoba.

Leave a Comment