Fokus Membuat Konten Blog Sebagai Tahap Awal

Tugas seorang blogger itu banyak. Membuat konten blog, promosi, mengurus masalah teknis, sampai membangun network adalah sebagian darinya. Tidak jarang begitu banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan membuat seorang pemula kebingungan harus memprioritaskan yang mana.

Nah, kebingungan tersebut sebenarnya bisa diatasi kalau ia mau melihat inti dari menjadi seorang blogger, yaitu membuat konten blog.

Tidak ada yang perlu dibingungkan. Tugas seorang blogger yang paling utama dan bahkan harus terus dilakukan setelah beberapa tahun adalah memastikan blognya selalu diupdate dan diisi dengan konten.

Jadi, hal itulah yang harus didahulukan pada tahap awal.

Fokus pada membuat konten blog dan bukan pada urusan lainnya. Dengan begitu blog akan terus terisi dan semakin gemuk karena dipenuhi dengan artikel atau konten bentuk lainnya.

Semakin banyak konten, blog cenderung semakin cepat berkembang.

Lagipula, membuat konten tidaklah semudah yang dibayangkan karena melibatkan banyak aspek yang lain, seperti

  • mencari dan mengembangkan ide untuk konten
  • mempersiapkan gaya penulisan yang sesuai
  • menentukan jadwal penerbitan tulisan/artikel dan berusaha disiplin dalam hal ini
  • mencari image yang sesuai
  • membuat infografis jiga diperlukan

Banyak sekali faktor dalam pembuatan konten yang pastinya akan menyita waktu.

Apalagi di tahap awal perjalanan ngeblog, seorang blogger pasti akan butuh waktu untuk belajar kesemua hal itu.

Jadi, daripada harus mencoba mengurus semua hal, sebaiknya, seorang blogger pemula mengkonsentrasikan waktu, tenaga, dan usahanya pada masalah yang paling penting, “konten”.

Bukan berarti tidak boleh mengerjakan yang lainnya, tetapi hal itu jangan dijadikan prioritas dan mendapatkan porsi waktu yang banyak. Cukup sekedarnya saja, sambil tetap fokus pada menulis atau membuat konten.

Panjang waktu untuk tahap awal tidak bisa ditentukan karena tergantung pada individunya sendiri. Meskipun demikian, 3 sampai 6 bulan adalah waktu yang umum untuk bisa menguasai sebagian besar cara membuat konten blog.

Belum bisa dikatakan mahir, tetapi sudah masuk ke tahap yang lebih jauh dan memungkinkan untuk berpikir hal yang lainnya.

Dan, yang paling baik adalah tidak memikirkan dulu tentang masalah monetisasi karena pada usia blog yang baru 3-6 bulan, potensinya masih sangat kecil. Bahkan, bisa dikata mendekati nol.

Bagaimana tidak, blog dengan trafik pengunjung sedikit tidak akan dilirik oleh para pemberi job content placement. Dipasangi iklan pun hasilnya tidak akan seberapa.

Sia-sia saja berpikir soal uang di tahap awal. Lebih baik waktunya digunakan untuk hal yang berguna dan lebih bermanfaat, yaitu membuat konten untuk blog.

Fokus pada hal yang menjadi prioritas utama adalah yang terbaik di tahap awal.

Jangan sia-siakan waktu Anda.

Leave a Comment