Interaksi Dengan Pembaca Penting Bagi Perkembangan Blog

Beberapa hari belakangan, sejak saya kembali aktif melakukan blogwalking, ada satu rasa heran yang timbul di dalam hati. Dari lumayan banyak yang saya sambangi, ternyata, tidak sedikit yang kolom komentarnya lumayan ramai, tetapi respon atau jawaban dari pemilik blognya, sang blogger tidak ada. Komentar para pembacanya dibiarkan tidak dijawab.

Di blog-blog tersebut, yang terlihat jadi sang blogger tidak melakukan interaksi dengan pembaca.

Memang, ada banyak alasan untuk itu, seperti sibuk, atau karena sudah kenal pembacanya, atau hal lain.

Namun, hal tersebut sebenarnya tidak baik untuk perkembangan blog.

Seorang pembaca yang meninggalkan komentar menunjukkan setidaknya dua hal, yaitu

  • ia tertarik dengan apa yang dibaca dan ingin mendapatkan informasi lebih lanjut
  • ia ingin berinteraksi dengan sang blogger

Situasinya sama persis dalam kehidupan sehari-hari. Tidak jarang orang akan mengajak kita bicara, baik sekedar menanyakan informasi atau memang hendak berteman.

Nah, bayangkan saja kalau kita sama sekali tidak merespon. Akan ada banyak dampak buruknya.

Dari sisi pemasaran sendiri, “menolak” melakukan interaksi dengan pembaca jelas bukanlah sebuah hal yang bagus.

Sekedar membalas komentar, bahkan dengan cara singkat sekalipun, akan memperbesar peluang untuk “mengikat” sang pembaca agar menjadi pelanggan. Ia, jika merasa terikat dengan blognya, tidak akan segan untuk datang dan datang untuk membaca. Bahkan, jika ia merasa senang, bukan tidak mungkin ia akan menyebarkan info tersebut kepada orang lain.

“Penolakan” melakukan interaksi dengan pembaca seperti ini sama saja dengan membuang kesempatan mendapatkan pembaca loyal.

Padahal, sebuah blog akan berkembang pesat, jika bloggernya bisa

  • mendatangkan pembaca baru
  • menjaga pembaca lama agar tetap mau datang

Prinsip dasar dalam berbisnis. Tidak ada bisnis yang sukses kalau hanya mengandalkan pelanggan baru dan menyepelekan pelanggan lama.

Begitu juga dengan blog. Pembaca loyal itu penting, sama pentingnya dengan pembaca baru. Untuk itulah perlu terus dijaga, yang salah satu caranya adalah memberikan respon terhadap komentar yang diberikan.

Itulah yang selalu saya coba lakukan. Meskipun tidak terlalu banyak komentar yang masuk, saya akan sebisa mungkin menjawabnya.

Bagaimana dengan Anda?

Leave a Comment