Judul Menarik Bukan Berarti Bombastis dan Menipu

Tantangan terberat menjadi seorang blogger adalah bagaimana tulisan atau posting yang dibuatnya menarik bagi pembaca. Mengapa? Karena khalayak pembaca memiliki begitu banyak pilihan dan hal yang pertama mereka nilai adalah judul.

Jika judul menarik, maka mereka akan melakukan langkah lanjutan, yaitu membaca. Kalau tidak, maka tulisan tidak akan dilirik dan akan disingkirkan.

Itulah mengapa judul artikel memang harus mendapat perhatian lebih dari para blogger. Membuat judul menarik merupakan kunci utama agar pembaca mau menelusuri isi dari sebuah konten.

Sayangnya, judul yang bisa mengundang perhatian itu tidak mudah dibuat. Dengan berjuta pembuat konten yang berpikir sama, bahkan untuk menghasilkan sebuah headline yang unik dan berbeda saja sudah merupakan tugas yang sulit.

Pada akhirnya tidak jarang kondisi seperti itu membuat seorang blogger kepepet. Buntunya kepala sering berujung usaha nekat dengan memakai kata-kata yang vulgar, aneh, dan heboh, tetapi tidak mencerminkan isi.

Lebih jauh lagi, bahkan kata-kata yang dirangkai menjadi judul tidaklah mencerminkan realita.

Contohnya,

  • 10 Tips dahsyat untuk menghasilkan uang dengan cara mudah lewat blog (kenyataannya, mendapatkan uang dari blog bukanlah hal yang mudah)
  • 10 Cara ampuh untuk menarik pembaca ke blog (padahal tidak pernah ada cara yang benar-benar bisa memastikan orang lain mau datang untuk membaca artikel di blog )

Judul dibuat sebombastis mungkin. Tidak beda dengan seseorang memutuskan memakai pakaian badut untuk sekedar menarik perhatian.

Padahal, isinya kadang hanya sekedar bercerita tentang pengalaman pribadi saja. Keterkaitan antara judul dan isi seringkali tidak nyambung.

Memang pembaca tetap datang karena rasa ketertarikan, tetapi, biasanya ia tidak akan menemukan yang ia cari karena fokus penulisnya bergeser. Penulisnya hanya perlu si pembaca datang dan tidak peduli apakah ia bisa menemukan sesuatu yang bermanfaat atau tidak.

Pada akhirnya, situasi seperti ini akan menghasilkan kekecewaan. Itulah yang banyak terjadi belakangan. Penggunaan judul dengan kata bombastis bertebaran, tetapi dengan isi yang minim.

Bukan hanya blogger saja yang melakukan, bahkan media massa online pun menggunakan trik ini. Beberapa media kerap memutuskan penggunaan kata-kata heboh, vulgar, aneh, tidak jelas sebagai penarik pembaca sedangkan isinya dibuat minimum sekali.

Situasi yang dianggap biasa dan wajar.

Sesuatu yang sebenarnya tidak seharusnya terjadi. Seorang blogger memang punya keinginan untuk menarik pembaca sebanyak mungkin dan ia memang harus berusaha membuat judul yang menarik.

Namun, yang terpenting dari semua itu adalah ia harus memastikan

  • judul harus mencerminkan isi dan kalau tidak terjadi, maka pada dasarnya ia menipu pembaca
  • isi seharusnya bisa menggambarkan judul karena judul pada dasarnya adalah ringkasan dan penjelasan tentang apa yang didapat oleh pembaca

Misalkan, jika dalam judul ada kata AMPUH, maka ketika sebuah trik diberikan, maka efeknya harus bisa dibuktikan. Misalkan, cara AMPUH menjadi kaya lewat blog, maka setidaknya seorang blogger sudah membuktikan bahwa ia memang menjadi kaya dari kegiatan ngeblog.

Jika hal itu tidak terjadi, maka sebenarnya ia sedang beromongkosong saja.

Nah, itulah mengapa membuat judul menarik itu adalah tantangan berat para blogger. Semua itu karena

  • ia harus menemukan kompromi antara keinginannya supaya pembaca datang, tanpa harus menipu mereka
  • ia harus bisa memadukan kata pada judul agar mencerminkan isi artikel, tetapi tidak terasa datar dan membosankan
  • ia harus terlihat berbeda agar memenangkan persaingan, tanpa harus merusak citra dirinya sendiri dan terlihat sebagai pembual

Berat? Memang, membuat judul itu tidak mudah.

Anda bisa membuatnya ringan dengan mengikuti metode clickbait, yaitu membuat judul sebombastis mungkin, tanpa perlu peduli pada isi. Namun, yang seperti ini akan berujung pada kekecewaan pembaca dan akhirnya mereka akan malas datang.

Yang mana pilihan Anda?

Saya memilih untuk terus belajar membuat judul. Selama kita kreatif pasti akan ada cara untuk menampilkan judul yang berbeda dan unik, namun tidak menipu. Bagaimanapun, saya adalah seorang blogger dan bukan penipu.

Leave a Comment