Jumlah Kata Minimal Supaya Artikel (Konten) SEO Friendly

Membuat sebuah konten yang SEO (Search Engine Optimization) Friendly atau ramah mesin pencari sebenarnya berdasarkan pada hal-hal kecil yang sering terlewatkan. Salah satunya adalah terkait jumlah kata minimal sebuah artikel.

Dalam urusan yang satu ini, untuk menarik perhatian sang mesin pencari, terutama Google, semakin panjang sebuah tulisan maka akan semakin baik.

Belakangan ini karena persaingan memperebutkan tempat terhormat di SERP (Search Engine Result Page – Halaman Hasil Pencarian) Google semakin sengit, sebuah artikel menjadi semakin panjang.

Menurut Hubspot, jumlah kata blogspot belakangan ini rata-rata post di sebuah artikel mencapai angka 1500-3000 kata. Dimana konten dengan 2300 kata di dalamnya cenderung mendapatkan share lebih banyak.

Meskipun demikian hal tersebut bukanlah hal yang mutlak karena tergantung tingkat kompetisi di keyword yang dipakai.

Tetapi, di tingkat lain, dimana persaingan rendah, artikel dengan jumlah kata minimum pun bisa tampil di Page One atau halaman satu Google. Oleh karena itu banyak blogger melakukan pencarian kata kunci dengan tingkat persaingan rendah sebelum menuis.

Nah, berapa sih jumlah kata minimal dalam sebuah artikel supaya konten tersebut dilirik oleh mesin pencari, dan akhirnya pembaca?

Ternyata tidak susah.

Bagi penggung WordPress Self Hosted, plugin Yoast akan memberi sinyal apakah teks sebuah konten sudah mencukupi atau belum.

Angka yang ditentukan oleh plugin SEO yang sangat populer ini adalah 300 kata.

Bisa dilihat di bawah ini.

Jumlah Kata Minimal Supaya Artikel (Konten) SEO Friendly

Bila konten masih di bawah itu, sinyal mereka akan terus “merah”.

Jadi, 300 kata adalah angka minimum yang harus diraih kalau mau kontennya SEO Friendly. Untuk tulisan pendek yang terbaik berada di kisaran 300-500 kata.

Walaupun begitu, tidak berarti dengan jumlah kata tersebut sebuah konten sudah pasti SEO Friendly. Ada beberapa hal lain yang harus dilakukan, seperti

  • Keyword/Kata kunci harus tercantum dalam judul
  • Keyword/kata kunci harus ada di paragraf pertama
  • Image harus mengandung keyword/kata kunci
  • Meta description juga harus mengandung kerywords/kata kunci

Tetapi, pada dasarnya itulah jumlah kata minimum dalam satu artikel supaya ramah mesin pencari.

Peganglah prinsip semakin panjang semakin baik dalam urusan yang satu ini, tetapi tidak berarti harus penuh dengan basa basi yang tidak perlu.

Leave a Comment