Kesabaran Modal Penting Seorang Blogger

Jika kawan mau menertawakan judulnya, boleh saja kok. Memang terdengar lucu dan tidak masuk akal. Namun, saya sih tetap berpandangan kalau kesabaran adalah modal penting bagi seorang blogger.

Sebab, hanya dengan mengandalkan skill, kemudian teori dan pengetahuan seabreg-abreg, rasanya keberhasilan itu belum tentu bisa diraih. Ada faktor-faktor non teknis yang juga perlu diperhatikan.

Semua itu karena ngeblog itu adalah sebuah perjalanan panjang yang sering tanpa ujung. Kesuksesan itu juga akan selalu butuh waktu, proses, dan perjuangan.

Jadi, kalau seorang blogger tidak sabar, maka yang lahir adalah mentalitas instan yang semuanya ingin cepat. Biasanya kalau sudah begini, si blogger akan selalu berusaha mencari jalan pintas, tips, atau trik ajaib agar dirinya bisa cepat kaya. Padahal, yang seperti itu tidak ada.

Semua blogger harus melewati tahapan-tahapan yang lama atau tidaknya akan tergantung pada banyak hal.

Dengan modal kesabaran, maka seorang blogger

  • tidak akan gampang mutung (bete) jika blognya belum juga bisa menghasilkan atau mewujudkan targetnya
  • tidak akan mudah menyerah dengan berbagai tantangan yang dihadapi dan selalu memikirkan solusi atau pemikiran kreatif untuk memecahkan masalah
  • tidak mudah tergoda oleh platform lain dan bisa fokus pada mengurus blognya

Intinya dengan modal kesabaran, seorang blogger akan tetap bisa berada di jalurnya, berpikir tenang, tidak mudah tergoda, dan bisa terus fokus mengembangkan blognya.

Karena, perjalanan ngeblog itu panjang dan bisa sangat lama, jadi tanpa hadirnya kesabaran dalam diri seorang blogger, situasinya akan jadi sangat menekan dan bisa membuat seorang blogger berhenti.

Leave a Comment