Keuntungan Fokus Membuat Konten Bagi Blogger Pemula

Banyak blogger yang baru memulai langkah di dunia blog bingung tentang apa yang harus dilakukan sebagai langkah awal. Tidak sedikit yang pada akhirnya terjebak dengan mengutak-atik tampilan atau melakukan promosi untuk artikel yang masih sedikit. Tidak terhitung juga jumlahnya mereka yang tenggelam berselancar mencari berbagai tips dan trik ajaib supaya blognya cepat terkenal.

Namun, kalau saya diminta saran, maka hanya satu yang akan diajukan, yaitu “fokus membuat konten” saja. Tidak perlu melakukan hal yang lain dulu.

Alasannya sederhana saja karena konten adalah jiwa dari sebuah blog. Tanpa konten maka sebuah blog bisa dikata kehilangan jiwanya. Oleh karena itu, seharusnya menjadi suatu yang wajar pula jika langkah pertama yang harus dilakukan seorang blogger pemula adalah sesuatu yang berkaitan dengan inti dari blog itu sendiri, yaitu KONTEN.

Lagipula fokus pada pembuatan konten sendiri akan memberikan beberapa manfaat. Hal ini bisa terjadi karena dalam proses membuat konten ada banyak sekali kegiatan yang pada akhirnya akan menjadi bagian dari kehidupan seorang blogger.

Jadi, sudah seharusnya sebagai langkah awal, seorang blogger pemula memilih sesuatu yang sangat penting bagianya di masa datang.

Dengan memusatkan perhatian pada pembuatan konten ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapat, seperti

  • menemukan kesalahan dan kekurangan : membuat konten yang baik tidak semudah yang dikira dan untuk menguasai skillnya butuh banyak sekali pengalaman dan melakukan kesalahan. Dengan berfokus pada hal yang satu ini, maka seorang blogger bisa belajar dari kesalahan yang dibuat pada konten-konten awal
  • membangun konsistensi dan rutinitas : kehidupan seorang blogger pada akhirnya tidak berbeda dengan seorang pekerja dan dengan memfokuskan diri pada pembuatan konten, maka rutinitias itu bisa terbangun, sebelum kemudian kegiatan lain, seperti promosi bisa dilakukan
  • pembaca suka pada blog yang banyak isinya, jadi dengan fokus pada membuat konten di awal, seorang blogger akan cepat memiliki blog yang berisi lumayan banyak tulisan, artikel, atau konten lainnya
  • blog yang rutin diupdate pada akhirnya akan lebih cepat mendapatkan perhatian dari mesin pencari dibandingkan yang jarang. Fokus pada pembuatan konten akan memberikan sinyal positif kepada meisn pencari tentang blog yang kita kelola. Hal itu bisa dilakukan ketika semua daya dan upaya dicurahkan pada satu hal saja, yaitu konten
  • melatih skill menulis/membuat konten : seorang blogger tidak serta merta memiliki kemampuan menulis artikel atau membuat konten yang baik. Butuh banyak latihan dan dengan menyingkirkan distraksi lainnya, maka skill tersebut akan lebih cepat didapat dibandingkan jika waktunya terbagi untuk hal-hal lain

Tentu saja banyak yang akan tidak setuju dengan pendapat ini. Namun, berkaca dari pengalaman sebagai blogger selama 8 tahun, saya akan tetap menyarankan kepada siapapun yang hendak terjun ke dunia blogging, langkah awalnya sebaiknya dimulai dengan fokus membuat konten saja.

Setalah tahap ini selesai, barulah kita bisa mengalihkan waktu dan perhatian pada hal lain, seperti promosi, interaksi, atau hal-hal lain.

Berapa lama waktunya? Tergantung, namun kalau kita benar-benar fokus pada hal yang satu ini, kurang lebih dalam 3-6 bulan saja, hasilnya akan sudah terasa. Hasil dalam hal ini termasuk dari segi kemampuan, skill, bahkan juga trafik.

Silakan coba saja kalau tidak percaya.

Leave a Comment