5 Keuntungan Mendaftarkan Blog di Google Search Console

Salah satu hal yang selalu disarankan kepada setiap blogger adalah mendaftarkan blog mereka ke Google Search Console (GSC). Hal itu selalu diutarakan oleh blogger pemula atau yang sudah berpengalaman sekalipun dalam konten-konten mereka.

Google Search Console adalah fasilitas yang disediakan Google yang berisikan berbagai fitur terkait dengan urusan sebuah website di mata mesin pencari mereka.

Katanya, kalau blog sudah didaftarkan ke dalam GSC, maka artikelnya akan cepat dirayapi bot dan diindex oleh si Raja Mesin Pencari dunia. Katanya lagi, blognya bisa cepat disayang Google.

Saya tidak sependapat dengan dua hal itu karena tidak ada kaitannya antara “disayang” atau tidak. Juga, kalaupun tidak terdaftar pada GSC, tidak berarti artikel di dalamnya tidak akan diindex oleh Google. Google akan tetap mengindex website atau blog yang bahkan tidak punya akun di sana.

Namun, saya termasuk orang yang akan menyarankan para blogger untuk mendaftarkan blognya di Google Search Console. Alasannya adalah

1> bisa memantau perkembangan blog

Google Search Console adalah fasilitas yang disediakan Mbah Google secara gratis dan menyediakan data tentang performa sebuah blog di mata mesin pencari mereka.

Dari data ini kita bisa melihat trafik pengunjung blog kita yang datang dari mesin pencari. Datanya sangat update dan bisa dipercaya.

Dengan data ini kita bisa melihat perkembangan sebuah blog, baik itu naik ataupun turun.

2> menemukan tren pencarian

GSC akan menyediakan data jumlah pencarian dengan “keywords” atau “kata kunci” yang dilakukan menggunakan kotak pencarian Google.

Data ini akan membantu seorang blogger untuk melihat tren apa yang sedang berjalan. Hal ini akan membantu kita untuk bisa membuat konten baru yang sesuai dengan kata kunci yang paling banyak dicari.

3> menemukan masalah

Google Search Console akan memberikan notifikasi apabila sebuah laman tidak tayang dengan baik di perangkat pengguna. Mereka juga memberikan penjelasan, masalah apa yang terjadi.

Tentunya, informasi seperti ini akan berguna bagi seorang blogger untuk menemukan kelemahan dari blognya dan bisa melakukan perbaikan yang diperlukan.

Untuk hal ini bisa dilihat di bagian “cakupan”

4> mengetahui kecepatan loading laman

Kecepatan adalah hal yang lumayan penting bagi sebuah website. Semakin cepat waktu tayang (loading) laman, maka semakin senang pengunjung. Semakin lamban, semakin besar kemungkinan pembaca akan pergi.

Masalah dalam kecepatan loading ini bisa dihindari dengan mengamati bagian Data Web Inti atau Web Core Vital. Fitur ini akan memperlihat data riil yang diperoleh dari perangkat pengguna tentang laman mana yang waktu tayangnya lambat.

Dengan begitu, seorang blogger bisa melakukan perbaikan dan pada akhirnya pengunjung tidak akan menjadi kesal dan pergi.

5> mobile friendly

Di zaman sekarang, lebih banyak orang mengakses sebuah situs internet, seperti blog melalui perangkat mobile, seperti ponsel dibandingkan komputer (desktop/notebook). Persentasenya hampir 70% pengguna internet akan datang dari ponsel atau gawai lainnya.

Oleh karena itu, bagaimana performa website/blog kita di perangkat mobile ini harus menjadi perhatian utama. Kalau blog kita bermasalah dalam hal ini, tentunya hal itu akan merugikan kita karena pengunjung tidak mendapatkan apa yang dicari.

Nah, hal itu bisa diantisipasi dengan melihat “Kebergunaan seluler”. Fitur ini akan menampilkan data bagaimana performa sebuah situs ketika diakses oleh perangkat mobile. Kalau salah satu laman di blog kita ada yang bermasalah saja, maka kita yang rugi karena pengunjung tidak datang.

Jadi, sama dengan banyak blogger yang lain, saya juga akan menyarankan Anda untuk mendaftarkan blog yang Anda kelola ke Google Search Console.

Lagipula tidak susah mendaftarkannya dan hanya perlu akun Google. Tentu saja yang jelas fasilitas ini disediakan GRATIS alias tidak perlu mengeluarkan uang.

3> menemukan masalah

Leave a Comment