Manfaat Blog di Website Bisnis, Tidak Sembarangan Loh!

Sudah sejak beberapa tahun terakhir, ada sebuah fenomena yang luput dari pengamatan. Mungkin karena terlihat tidak heboh, maka kurang menjadi perhatian. Padahal, sebenarnya, hal itu menunjukkan adanya perubahan mindset tentang blog dan blogging.

Bentuknya adalah semakin banyaknya website bisnis yang memiliki menu yang diberi nama “blog” atau artikel”. Mungkin mengherankan bagi banyak orang mengapa sebuah bisnis atau perusahaan memasang menu itu. Apakah mereka mau bersaing dengan para blogger?

Sebenarnya tidak dan pasti tidak. Mereka hanya ingin memaksimalkan manfaat yang bisa diberikan blog bagi website bisnis mereka. Itu saja.

Semakin banyak perusahaan yang menyadari keuntungan yang mereka dapatkan secara tidak langsung dengan menghadirkan blog bagi situs online resmi mereka.

Mau tahu apa saja keuntungannya?

<1> Membangun keterikatan dengan pelanggan atau calon pelanggan

Keterikatan itu antara produsen dan pembeli itu penting untuk membangun loyalitas. Dengan keberadaan blog, sebuah institusi bisnis bisa membuka sebagian kegiatan internal dalam bentuk tulisan-tulisan atau foto yang bisa diakses pelanggan tetap atau calon pelanggannya.

Dengan keterbukaan seperti itu, perlahan tetapi pasti akan terbangun keterikatan yang menguntungkan bagi perusahaan tersebut.

<2> Alat promosi murah meriah

Artikel yang dioptimasi dengan SEO memiliki peluang besar untuk tampil di SERP (Search Engine Result Page atau Halaman Hasil Pencarian) mesin pencari.

Bila dibuat memakai kata kunci yang menekankan produk, baik jasa atau barang, yang dijual, mereka yang membutuhkan bisa dibawa ke websitenya untuk mendapatkan informasi lebih jauh.

Pada akhirnya, jika hal itu terjadi, maka semakin besar peluang bawah si pencari informasi akan berubah menjadi pembeli/pemakai produk tersebut. Dan, biayanya lebih murah dibandingkan memasang iklan.

<3> Menyampaikan informasi

Pengumuman tentang produk baru yang baru saja atau direncankan untuk dilaunching bisa dijadikan tulisan di blog dengan begitu khalayak pembaca bisa dengan cepat mendapatkan informasinya.

Begitu juga jika ada kebutuhan akan penyampaian informasi, seperti lowongan kerja pun bisa mempergunakan blog pada websitenya saja.

<4> Membentuk image (branding)

Bukan sebuah cerita baru bahwa beberapa perusahaan kerap melakukan darma bakti atau kegiatan sosial lainnya.

Artikel di blog terkait kegiatan itu bisa dipergunakan untuk membuat citra positif bagi perusahaan tersebut.

Blog bisa dipergunakan untuk membentuk citra atau image yang ingin ditampilkan oleh perusahaan tersebut karena pengelolaannya dilakukan oleh tim yang dikontrol langsung oleh mereka.


Institusi bisnis, seperti perusahaan akan berfokus pada keuntungan, baik itu berupa materi atau non materi.

Kehadiran blog pada sebuah website resmi perusahaan atau bisnis sudah pasti akan berlandaskan pada tujuan keuntungan tersebut. Jadi, blog diadakan bukan sekedar agar karyawannya bisa mengisi waktu luang saja.

Ada manfaat yang ingin diraih dengan adanya blog di website bisnis, yang pada akhirnya, tentunya diharapkan akan mendatangkan keuntungan bagi mereka.

Leave a Comment