Manfaat Penggunaan Sub Judul (Sub Heading) Pada Tulisan

Penggunaan sub judul atau sub heading, seringkali dianggap membuat sebuah karya tulis terkesan terlalu resmi. Oleh karena itu banyak sekali blogger yang memilih tidak menggunakannya.

Namun, sebenarnya banyak sekali manfaat yang akan didapat jika di dalam sebuah tulisan memakai sub judul.

1> Lebih terstruktur

Bagi penulisnya pribadi, keberadaan sub judul akan membuat tulisannya lebih terstruktur dan pada akhirnya justru membantu mempertahankan alur.

Tulisan yang dihasilkan biasanya tidak melenceng kesana kemari karena setiap sub judul biasanya mengandung poin-poin penting yang ingin disampaikan. Dengan keberadaanya poin-poin yang tidak penting bisa dibuang agar tidak mengganggu.

2> Memberi jeda

Bisa dibayangkan membaca sebuah tulisan sepanjang 1000 kata tanpa henti. Mata pasti lelah.

Keberadaan sub judul akan memberikan kesempatan pada mata pembaca untuk beristirahat sebelum kemudian melanjutkan.

3> Mencegah kebosanan

Tidak terbayangkan membaca artikel panjang dan tanpa henti, serta tidak jelas ujung pangkalnya.

Hal itu bisa dihindari kalau ada sub heading.

Pembaca akan selalu diberi sesuatu yang baru di setiap bagiannya.

4> Lebih fokus

Salah satu hal yang paling membahayakan bagi penulis adalah ketika mereka punya begitu banyak yang ingin disampaikan. Kerap kali hal itu muncul pada saat menulis dan biasanya tanpa disadari ide-ide yang tidak berkaitan dimasukkan.

Dengan keberadaan sub judul, penulis akan punya batasan agar tidak melebar dan tetap pada intinya.

Keberadaan sub judul akan membuat penulis lebih fokus dan tidak semena-mena memasukkan hal yang tidak berkaitan ke dalam tulisannya

5> Terorganisir

Keberadaan sub judul atau sub heading juga membantu untuk melakukan pengelompokkan terhadap informasi.

Yang seperti ini akan mempermudah pembaca menemukan informasi yang dibutuhkannya tanpa harus merasa mencari jarum dalam tumpukan jerami.

6> Menjaga alur tulisan

Sub judul juga bisa membantu penulis mempertahankan alur tulisannya. Dengan adanya jeda, ia bisa menutup satu seksi tulisan dan kemudian beralih ke seksi lain tanpa menyebabkan alurnya terputus.

Pembaca akan mengetahui bahwa satu bagian tulisan sudah ditutup dan ketika memasuki bagian lain, ia seperti masuk bagian baru lagi.


Jadi, memang dalam dunia blogger tidak ada keharusan untuk mempergunakannya. Namun, mengingat keberadaannya, sub judul atau heading atau sub heading bisa menjadi alat yang membantu menghasilkan tulisan yang enak dibaca dan rapi.

Namun, semua terserah Anda apakah mau menggunakannya atau tidak. Bagaimanapun di dunia blogging tidak ada keharusan untuk mengikuti sebuah teori.

Iya kan?

Leave a Comment