Membuat Kesalahan : Bagian Kehidupan Seorang Blogger

Terus terang. Sepertinya semakin hari tips yang diberikan oleh para blogger tentang bagaimana menjadi seorang blogger semakin terdengar tidak realistis. Mayoritas tutorial yang dibuat selalu menyarankan para blogger baru untuk berusaha tidak membuat kesalahan.

Alasan utamanya tentu saja karena hal itu merusak image dari si blogger. Kesalahan yang dilakukan dianggap akan memberikan citra negatif dan pada akhirnya membuat pembaca menjauh.

Saya menyebut saran seperti ini sebagai sesuatu yang menyesatkan. Jauh sekali dari realistis.

Mau tahu apa alasannya?

Blogger adalah seorang manusia dan manusia tidak ada yang tidak pernah berbuat salah di dalam hidupnya. Bila ada, patut diragukan apakah dia manusia atau malaikat.

Tidak mungkin seorang manusia tanpa pernah melakukan kekeliruan.

Jadi, bagaimana mungkin seorang blogger, yang juga manusia bisa bebas dari kesalahan? Sebuah hal yang mustahil terjadi.

Seorang blogger pasti akan melakukan kesalahan, apapun bentuknya. Mulai dari yang terkecil, salah ketik, sampai dengan salah memilih server. Blogger bukan manusia sempurna.

Pembaca sendiri tidaklah selalu akan menjauhi blogger yang membuat kesalahan.

Tidak terhitung konten di berbagai blog yang saya kelola yang mengandung kesalahan. Yang terbanyak adalah kesalahan pengetikkan, kalimat tidak sinkron, dan masih banyak lagi lainnya. Tetapi, kenyataannya, pembaca tetap saja datang dan bahkan bisa menerima.

Mereka tidak terlalu mempermasalahkan “e” yang kadang tertulis “a’. Banyak dari pembaca yang bisa menerima dan mengerti bahwa blogger tetaplah manusia dan tetap akan berbuat kesalahan.

Tentu saja, bukan berarti sebagai blogger kita bisa seenaknya berbuat salah. Seorang blogger harus tetap sebisa mungkin dengan daya upayanya menghindari kesalahan. Ia harus memberikan yang terbaik yang bisa dilakukannya, tetapi bukan berarti ia harus sempurna.

Bahkan, membuat kesalahan dalam perjalanan blogging sendiri merupakan bagian yang penting dalam kehidupan seorang blogger. Kesalahan akan membantu perkembangannya menjadi “dewasa”.

Kesalahan memang akan terasa menyakitkan dan menyebalkan, tetapi justru perasaan sakit itulah yang akan mendorong seorang blogger menjadi lebih baik. Sebagai seorang manusia, blogger tentunya tidak akan suka merasa sakit dan oleh karena itu ia akan berbuat lebih baik di masa depan.

Tidak perlu merasa terlalu takut melakukan kesalahan dalam perjalanan ngeblog kita. Terima saja karena hal itu adalah sesuatu yang wajar terjadi dalam kehidupan seorang blogger.

Justru hal itu akan membawa kebaikan dan membantu seorang blogger untuk berkembang lebih maju lagi.

Leave a Comment