Membuat Tulisan Yang Membantu Orang Lain, Berguna Mendatangkan Pengunjung

Saat ngeblog, jangan hanya berpikir soal uang, uang, dan uang. Meskipun, tujuan Anda pada akhirnya adalah menghasilkan uang dari blog, tetapi sebaiknya pikiran itu ditinggalkan sejenak. Ada baiknya kalau kita sedang membuat tulisan untuk update blog, lakukan dengan tujuan membantu orang lain.

Kenapa? Karena biasanya cara itu lebih efektif dalam mendatangkan pengunjung ke blog.

Pernah mendengar Wikihow? Sebuah website yang pada awalnya merupakan sebuah blog kebanjiran pengunjung karena isinya berupa berbagai tips yang bisa dipraktekkan oleh pembacanya sendiri. Website ini dikunjungi lebih dari 30 juta kali setiap bulannya.

Padahal, isinya hanyalah penjelasan cara-cara melakukan hal-hal yang kadang dipandang terlalu remeh, seperti cara memandikan anjing atau kucing, cara mengawetkan susu supaya tahan lama, dan banyak lagi hal lainnya.

Semua itu ternyata berhasil menarik trafik jutaan dan menjadikannya salah satu website nomor wahid di dunia.

Hal ini karena, mayoritas pengguna mesin pencari, seperti Google, Yahoo, Bing, atau Yandex adalah pencari informasi untuk memecahkan masalah dalam kehidupannya. Jumlahnya tidak terhitung dan seseorang melakukan pencarian bukan hanya sekali atau dua kali saja. Karena masalah dalam kehidupan banyak, maka mereka akan berulangkali mencari di internet solusi dari problem yang sedang mereka atasi.

Dengan bertujuan untuk membantu orang lain, maka kita akan menghadirkan tulisan yang setidaknya bisa dipertimbangkan sebagai solusi terhadap suatu masalah. Blog kita akan menjadi salah satu sumber dimana orang bisa menemukan solusi.

Saya sendiri mengalaminya sendiri. Pada blog utama saya, Lovely Bogor, yang menjadi induk dari blog BBB, tulisan yang paling banyak dicari adalah yang bisa memberikan jawaban terhadap suatu masalah. Tulisan lain tetap banyak pembaca, tetapi tidak ada yang sampai menyamai artikel berupa tips atau tutorial. Satu tulisan bisa dibaca ratusan ribu kali dan belum berhenti dibaca sampai hari ini.

Nah, jenis apa tulisan yang bisa membantu orang lain? Banyak sekali jenisnya dan tidak terbatas. Meskipun demikian, ada beberapa jenis tulisan yang terbukti mengungguli tulisan lainnya, seperti

  • jadwal : pernah terbayangkan untuk menyediakan jadwal keberangkatan bis dari kota dimana Anda tinggal? Percayalah, hal itu akan menggiring masuk banyak trafik ke blog Anda
  • tips & trik : tulisan yang hampir mirip sih sebenarnya, yaitu memberikan solusi atau jalan pintas untuk memecahkan satu masalah
  • tutorial : yang satu ini kalau dibuat dengan benar akan menjadi sebuah tulisan yang evergreen atau panjang umur karena banyak sekali orang yang memerlukan panduan tentang cara melakukan sesuatu
  • informasi : seperti info lowongan kerja, info penjual jasa, dan banyak lagi lainnya

Tidak berarti tulisan bersifat curhat atau pengalaman pribadi tidak bisa membantu orang lain, tetapi dalam segi mendatangkan trafik, tulisan jenis-jenis di atas sangat mumpuni dalam melakukan itu dibandingkan yang lain.

Silakan coba saja sendiri.

Nah, kalau pengunjung sudah banyak, barulah Anda bisa berpikir tentang uang dan melakukan monetisasi terhadap blog Anda.

Pikirlah untuk membantu orang lain saat menulis, uang akan mengikuti setelah itu.

Leave a Comment