Menceritakan Pengalaman Diri Sendiri Menghasilkan Konten Orisinil

Tantangan paling besar bagi seorang blogger dalam perjalanannya intinya ada pada konten orisinil. Yang satu ini akan membuatnya “berbeda’ dari banyak blogger yang lain dan memberikannya satu keunggulan dalam persaingan di dunia blogger yang ketat.

Yang menjadi permasalahan adalah bagaimana secara rutin bisa menerbitkan konten orisinal tersebut mengingat di dunia ini ada begitu banyak blogger yang menulis tentang berbagai hal.

Pemecahannya sebetulnya sederhana saja dan seorang blogger harus menengok ke dalam dirinya sendiri. Ia sebenarnya hanya perlu menceritakan pengalaman diri sendiri saja dan sudah pasti hasilnya adalah sebuah artikel orisinal dan tidak ada duanya.

Kok bisa?

Penjelasannya juga sangat sederhana.

  • manusia berbeda satu dengan yang lain dan hanya ada satu “saya”, jadi otomatis hasilnya juga tidak akan ada yang menyamai
  • sudut pandang seseorang dengan orang yang lain akan berbeda, sekali lagi otomatis akan membuat yang keluar dari pikiran kita akan berbeda dari orang lain
  • gaya setiap orang berbeda, jadi gaya kita pun tidak akan sama dengan yang lain, meski terkadang mirip
  • pengalaman yang kita alami tentang suatu hal akan berbeda dengan yang lain karena situasi dan kondisi setiap orang berbeda

Dengan logika sederhana seperti itu, maka menceritakan pengalaman diri sendiri hampir bisa dipastikan akan menghasilkan konten orisinal.

Konten orisinil inilah yang disukai oleh khalayak pembaca karena biasanya akan memberikan sudut pandang baru dan cerita yang berbeda.

Tentang pengalaman hidup apa yang bisa dituliskan? Apapun bisa dituliskan dan dijadikan konten/artikel. Mulai dari sederhana seperti pekerjaan ibu rumah tangga, apa yang dimakan, perjalanan wisata, kisah kehidupan, dan sebagainya.

Yang diperlukan adalah kemauan dan daya pikir kreatif untuk menemukan dan kemudian mengembangkan ide yang dipungut dari kehidupan sendiri. Bahkan curhat (curahan hati) sekalipun berpotensi untuk menjadi sebuah konten yang menarik.

Jika diimbangi dengan gaya penulisan yang enak dibaca, kemudian alur cerita yang menarik, sebuah pengalaman kecil sekalipun bisa diubah menjadi sesuatu yang menghibur, memotivasi, atau menginspirasi orang lain.

Sayangnya, banyak sekali orang yang memilih untuk mengabaikan topik yang berasal dari pengalaman sendiri. Alasannya terutama, karena takut konten seperti itu tidak akan memberi manfaat kepada pembacanya.

Padahal, bermanfaat atau tidaknya tulisan/konten akan sangat bergantung pada diri pembacanya sendiri. Bisakah mereka memanfaatkan yang diberikan atau tidak? Jika mereka tidak tahu, topik apapun yang dibawakan akan tetap terbuang percuma.

Saya sendiri lebih suka menulis dengan memanfaatkan pengalaman selama hidup. Untuk Bogor Belajar Blog, tulisannya disarikan dari pengalaman saya sendiri sebagai blogger yang saat tulisan ini terbit hampir mencapai 8 tahun. Periode yang panjang dan menyediakan banyak hal untuk dijadikan bahan tulisan.

Bagaimana dengan Anda? Maukah menuliskan pengalaman yang pernah Anda lalui menjadi sebuah tulisan? Percayalah kalau hanya sekedar ingin menghasilkan konten orisinal, tulisan Anda akan termasuk di dalamnya.

Leave a Comment