Menikmati Proses Kunci Tahan Lama Ngeblog

Ngeblog atau blogging itu sebuah perjalanan yang sebenarnya tidak memiliki batas waktu. Bisa panjang dan bisa pendek. Namun, seperti juga anggur (wine), semakin lama seorang blogger bertahan menjadi blogger, semakin besar peluangnya untuk bisa meraih apa yang dicita-citakan.

Tidak berarti semua orang akan begitu, tetapi dari tahun-tahun yang dilewati, seorang blogger akan menimba pengalaman yang banyak. Semua kesalahan dan masalah yang dihadapinya akan membuatnya semakin dewasa dan berpengalaman.

Kedua faktor itu, sama dengan di bidang lainnya, akan memberikan keuntungan dan memperbesar peluangnya untuk menjadi seorang yang sukses.

Untuk bisa memiliki daya tahan dalam perjalanan ngeblog, kuncinya ada pada tidak berpikir terlalu jauh. Jalani dan cobalah menikmati proses.

Bukan berarti tidak boleh memiliki target. Justru, pada dasarnya seorang blogger harus memilikinya. Namun, ia harus berusaha untuk tidak menjadikannya beban yang berlebihan sampai harus tidak mendapatkan kesenangan dan kegembiraan ngeblog.

Sama dengan seseorang yang terlalu banyak memikul beban, akhirnya ia akan cepat sekali capai. Enerjinya semua terkuras dan pada akhirnya sulit baginya untuk bisa melanjutkan perjalanan.

Blogger pun demikian. Bila ia terlalu membebani dirinya dengan ekspektasi yang berlebihan, pada akhirnya sangat mungkin ia akan kehabisan enerji dan motivasi di tengah jalan.

Berhenti akan menjadi sebuah pilihan yang masuk akal ketika semua sudah terkuras habis.

Berbeda halnya, jika kita menganggap ngeblog sebagai sebuah perjalanan wisata yang penuh dengan kesenangan dan kegembiraan. Memang lelah akan hadir, tetapi kegembiraan dan kesenangan dalam hati akan memberikan motivasi lebih baginya.

Itulah mengapa menikmati proses harus juga diupayakan agar seorang blogger bisa merasa relax dan senang selama perjalanan ngeblognya.

Meski, tidak mudah untuk bisa begitu. Harapan dan keinginan terkadang lebih sering menguasai pikiran dan hati. Apakagi, di dunia blog, banyak sekali “kompor” yang membuat keinginan untuk cepat berhasil terus ada, sampai pada akhirnya kita lupa akan kegembiraan yang bisa ditemukan saat menjalani prosesnya.

Betul tidak? Jangan khawatir, saya juga merasakan hal yang sama dan tulisan ini sebagian untuk Anda dan sebagian lagi untuk diri sendiri.

Leave a Comment