Menjaga Konsistensi Update Blog Bagian Terpenting Blogging

Dibandingkan dengan hal-hal seperti belajar SEO, promosi, saya akan mengatakan bahwa bagian terpenting dalam blogging adalah menjaga konsistensi update blog.

Tentu saja, pandangan ini akan mengundang perdebatan panjang tak berakhir, terutama dari para maniak SEO dan internet marketer. Namun, saya akan tetap mengatakan “konsisten” dalam mengisi blog dengan artikel baru di atas yang lain.

Alasannya adalah “tugas utama” dari seorang blogger adalah “menghasilkan konten”. Tugas inilah yang membuat dirinya disebut blogger atau seseorang yang membuat catatan secara daring.

Iya kan? Blog berasal dari kata web log atau catatan berbentuk web. Kalau seorang blogger terfokus pada mengejar-ngejar pembaca atau mempromosikan diri, maka namanya bukan blogger, tetapi salesman, marketer.

Bukan berarti kalau seorang blogger tidak boleh melakukan promosi atau memikirkan hal lain. Bagaimanapun, pembaca merupakan bagian penting juga dan justru bisa meningkatkan motivasi ngeblog.

Tetapi, itu bukan tugas utama.

Tentu sangat tidak elok kalau karena sibuk berpromosi kemana-mana, lalu tidak menerbitkan tulisan baru selama sebulan. Tidak lucu juga mengaku blogger, tetapi sibuk mencari orang yang mau memasang konten bersponsor di blognya dan lupa menerbitkan update blog selama tiga bulan.

Hasilnya, pembaca akan bolak balik menunggu update-an baru yang tak kunjung datang.

Tugas yang lain adalah pelengkap dan merupakan bagian dari tujuan yang lain. Pekerjaan-pekerjaan itu seberapapun pentingnya, tidak bisa diprioritaskan lebih daripada mengupdate blog dengan artikel baru.

Karena pada dasarnya, hal itu merupakan inti dari ngeblog itu sendiri.

Kecuali, Anda mau menjadi blogger rasa internet marketer, alias dimana sebenarnya ia adalah seorang salesman dan markter yang menggunakan media blog. Tidak benar-benar seorang blogger dan hanya karena kebetulan saja memakai blog, ia bisa menyebut dirinya sebagai blogger.

Mirip seperti musang berbulu domba.

Leave a Comment