Menyederhanakan Tampilan Dashboard WordPress Dengan Fitur Screen Option

WordPress Self-Hosted merupakan salah satu CMS blogging yang sangat user friendly alias ramah pengguna. Berbagai kemudahan dihadirkan dalam fitur-fiturnya.

Bahkan, pada dashboardnya saja dihadirkan beberapa quick access atau link yang memudahkan pengguna. Sebut saja Quick Draft dimana pengguna bisa membuat draft konten tanpa harus membuka menu post. Aktivitas atau bahkan komentar yang masuk saja bisa ditampilkan di dashboard WordPress. Plugin yang dipergunakan pun terkadang secara otomatis memasukkan kolom tambahan di tampilan dashboard.

Semua bisa dibuatkan akses cepatnya di tampilan awal.

Sayangnya, hasilnya tampilan dashboard WordPress terkesan penuh dan berantakan. Saya kurang menyukai yang seperti ini dan lebih suka tampilan yang lebih sederhana.

Nah, ternyata untuk menyederhanakan tampilan WordPress a.k.a. dengan kata lain menghilangkan “yang tidak perlu” disana juga sangat mudah.

Yang perlu dilakukan hanyalah melihat ke sisi pojok kanan atas. Di sana ada tombol “screen option”.

Silakan ditekan dan kemudian akan tampil menu seperti di bawah ini.

Silakan hilangkan centang (√) dari kotak-kotak kecil di sebelah nama kolom. Hal itu menandakan Anda tidak mau memakai kolom tersebut di dashboard. Setelah selesai, tekan Screen Option lagi untuk mengembalikan posisi di layar.

Hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini.

Menyederhanakan Tampilan Dashboard WordPress 4

Yap. Dashboard akan terlihat kosong kalau Anda menghapus semua centang tadi. Dasboard akan terlihat bersih dari segala pernak-pernik.

Bagaimana kalau mau menampilkan lagi salah satu atau dua kolom tadi? Gampang, lakukan hal yang sama dengan cara menghilangkan tadi. Hanya, kali ini tambahkan centang pada kolom yang dikehendaki.

Saya sendiri lebih suka yang kosong melompong karena sebenarnya tampilan itu juga tidak terlalu vital dan diperlukan. Namun, semua itu tergantung selera masing-masing saja.

Leave a Comment