Ngeblog Bukan Cara Cepat Menjadi Kaya

Entah sudah berapa kali saya mengatakan lewat tulisan di berbagai blog. Rasanya sih sudah tidak terhitung. Namun, sekali lagi, saya ingin menyampaikan, terutama kepada para blogger pemula, bahwa ngeblog bukan cara cepat menjadi kaya.

Bila ada sekilas pikiran tersebut di otak Anda, segeralah buang ke tempat sampah. Selain, pikiran tersebut tidak ada gunanya, pemikiran dengan mentalitas instan seperti itu akan merusak banyak hal jika tetap ada.

Memang, sepanjang pengalaman menjadi blogger selama 8 tahun, saya menemukan mereka-mereka yang berhasil mengisi rekening dari ngeblog. Nama mereka bertebaran di dunia maya.

Namun, yang perlu dicatat adalah rasio perbandingan antara yang berhasil menjadi kaya tidak sampai 1% dibandingkan jumlah blogger di Indonesia. Jumlahnya luar biasa sedikit.

Rasio ini menunjukkan betapa sulitnya untuk bisa berlimpah uang dari ngeblog.

Jangan juga salah diartikan bahwa tidak mungkin ngeblog membuat Anda menjadi kaya. Kemungkinan itu akan tetap ada. Jika memang Anda serius mau bergelut di dunia ini, maka peluang itu akan tetap ada.

Yang perlu disadari adalah untuk mencapai mimpi tersebut, bersiaplah untuk mengorbankan banyak hal, mulai waktu, materi, sampai enerji. Perjuangannya sangat tidak mudah.

Belajar dari pengamatan dan perjalanan para blogger yang sudah sukses menunjukkan ke semua hal itu. Mereka melalui jalan yang panjang dan dipenuhi dengan kerja keras, memeras otak untuk menjadi kreatif, dan jatuh bangun yang luar biasa banyak.

Waktu yang diperlukan pun panjang sekali. Tidak ada dari mereka yang berhasil bisa mencapainya dalam waktu 1 tahun. Umumnya, nama mereka mulai terkenal dan peluang menghasilkan uang datang setelah 2-3 tahun.

Bukan waktu yang sebentar.

Oleh karena itulah, saya menyarankan, jika Anda seorang blogger pemula, untuk bersiap menempuh jalan yang berat dan panjang. Semakin lama Anda ngeblog, semakin banyak konten yang dibuat, maka semakin besar peluang untuk meraih impian menjadi kaya dari ngeblog.

Untuk itulah ada baiknya dimulai dengan membuang pikiran ngeblog sebagai cara cepat menjadi kaya. Hal itu tidak akan terjadi.

Lebih baik fokus pada menghasilkan konten yang menarik dan diminati oleh khalayak pembaca.

Setidaknya dengan cara itu Anda sudah maju satu langkah ke arah tujuan. Lebih baik daripada hanya sekedar bermimpi saja.

Leave a Comment