Perlukah Blogger Belajar Memotret (Fotografi) ?

Tentunya, tidak semua blogger perlu belajar memotret (fotografi)? Namun, jika Anda seorang travel blogger, food blogger, atau blogger gado-gado, tentu tidak salah kalau Anda menambah satu skill lagi, yaitu fotografi.

Bukan apa-apa, tetapi tambahan kemampuan dalam bidang ini akan membantu perkembangan blog dan bloggernya.

Dengan bisa memotret, seorang blogger akan mendapatkan

1> foto orisinil

Tidak ada yang lebih baik daripada hasil foto karya sendiri. Foto buatan sendiri akan mendukung konten (artikel) yang dibuat dan membuatnya berbeda dari konten di blog lain

2> tidak perlu mikir lisensi

Salah satu masalah utama dalam menggunakan foto dari sumber lain adalah masalah lisensi. Seringkali blogger dihadapkan pada pengaduan DCMA karena mengunggah foto/image yang hasil karya orang lain.

Hal itu tidak akan terjadi kalau foto tersebut buatan sendiri. Kita akan bebas untuk memakainya berapa puluh kali sekalipun

3> mendapat backlink

Pengalaman ini saya dapatkan dari mengelola 14 dimana sebagian diantaranya memakai foto hasil jepretan sendiri.

Tidak dinyana banyak blog atau website lain menggunakannya dan memberikan backlink ke blog saya. Salah satu website terkenal yang pernah memakai adalah Wikipedia dan koran dari Jawa Pos.

Tentu hal ini sangat menyenangkan karena membantu perkembangan blog.

4> foto yang menarik mengundang pengunjung

Blog utama saya, Lovely Bogor dibuat berdasarkan foto hasil karya sendiri. Rupanya banyak sekali pengunjung yang tertarik karena fotonya baik dan enak dilihat.

Mereka sering datang ke blog itu bahkan sekedar untuk melihat-lihat foto yang terpampang di sana.

5> bisa dipakai branding juga

Selain sebagai blogger, saya sekarang juga bisa membranding diri sebagai seorang fotografer. Tentu saja karena saya sudah lumayan mahir dalam memotret dan hasil fotonya sudah bisa dianggap bagus.

Selain sudah mendatangkan rejeki berupa order untuk foto produk untuk pembuatan website, saya bisa membangun blog baru mengenai fotografi.

Blogger juga, fotografer juga.

6> memiliki banyak stok ide

Dalam situasi pandemi seperti sekarang, saya tidak kesulitan mencari ide meski tidak bisa keluar rumah. Stok foto saya banyak tersimpan di hard disk.

Saya hanya perlu mengolahnya saja menjadi sebuah tulisan dan hal ini memastikan blog yang ada terus diupdate, walau saya tidak bisa kemana-mana.

Jadi, saya pikir, jelas tidak ada salahnya dan justru akan sangat menguntungkan kalau seorang blogger belajar memotret/fotografi. Tidak ada kerugiannya, yang ada adalah keuntungan.

Sudahkah Anda bisa memotret dengan baik?

Leave a Comment