Resiko Utak Atik Template – Jangan Terlalu Sering Dilakukan Ya!

Ngeblog itu, sejatinya, terdiri dari beberapa kegiatan yang sama mengasyikkan. Selain menulis artikel, mengedit foto, ada satu lagi yang menjadi kegemaran banyak blogger, yaitu utak atik template.

Bagaimana tidak mengasyikkan? Mengubah tampilan blog dan menjadikannya ideal seperti ide kita seperti menghadapi puzzle, membingungkan, tetapi membuat penasaran.

Apalagi setiap waktu kita akan disuguhi tampilan blog berbagai jenis saat melakukan blogwalking. Sehabis berkunjung ke blog lain, tidak jarang akan timbul keinginan untuk meniru, sambil berpikir, “Ah pantas saja blog itu banyak pengunjungnya, templatenya saja bagus dan profesional”.

Pemikiran kalau pembaca datang karena tampilan blog kerap hadir dan menjadi dorongan tersendiri untuk mengutak atik template di blog sendiri.

Memang tidak salah dan tidak ada yang melarang. Lagi pula, terkadang merupakan jalan yang baik untuk mencegah bloggernya bosan. Namun, sayangnya bila hal itu dilakukan sangat mungkin memberikan dampak negatif bagi diri sang blogger.

Mau tahu sebabnya? Karena tetap ada resiko ketika kita melakukan perubahan theme atau template, seperti

  • menghabiskan waktu : mengubah template selalu butuh waktu lumayan, apalagi kalau memakai blogspot atau blogger yang harus mengubah coding. Hasilnya, banyak waktu terbuang sekedar untuk memoles tampilan saja, padahal jika dipakai membuat artikel akan menghasilkan 1-2 buah
  • blog rusak error : mengubah template pada dasarnya bukan hanya tampilan, tetapi juga banyak link di dalamnya. Kesalahan dalam mengatur, terutama blog yang dibuat memakai coding, bisa menyebabkan blog tidak berjalan dengan baik
  • branding/citra berubah : penampilan penting dalam hal melakukan branding dan utak atik template sangat rentan menyebabkan perubahan citra yang sudah tertanam di benak pembaca loyal
  • plugin bermasalah : bagi pengguna WordPress Self Hosted, mengubah template juga harus memikirkan kesesuaian dengan plugin yang ada. Setiap template akan memiliki karakter sendiri yang belum tentu sesuai dengan plugin yang ada. Bila ternyata tidak sesuai, maka akan terjadi konflik yang menyebabkan masalah pada situs

Mengutak atik template bukanlah sesuatu yang haram dikerjakan. Hal itu perlu, bukan hanya untuk penyegaran, tetapi juga memberi ruang bagi sang blogger untuk relaksasi dan belajar hal baru.

Namun, jika hal itu dilakukan terlalu sering, pada akhirnya, akan menghadirkan dampak negatif yang akan merepotkan. Salah satu yang paling berbahaya adalah pekerjaan ini menghabiskan waktu.

Padahal, waktu seorang blogger tidak banyak dan sebaiknya digunakan untuk sesuatu yang lebih penting, yaitu membuat artikel.

Jadi, sebaiknya tidak perlu terlalu sering utak atik blog demi sekedar memuaskan keinginan sendiri. Lakukan ketika memang sudah dirasa perlu karena jika berlebihan, hasilnya menjadi kontra produktif karena menyebabkan hilangnya banyak waktu.

Leave a Comment