Semakin Sering Update Blog, Makin Besar Cuannya?

Proses tidak akan mengkhianati hasil, begitu kata pepatah. Saya mempercayai dan yakin akan hal itu karena banyak alasan. Tidak ada kesuksesan kalau kita tidak mau bekerja keras untuk berusaha mencapainya.

Begitu juga dalam dunia blogging. Saya termasuk orang yang tidak percaya bahwa kesuksesan, ketenaran, dan uang banyak bisa didapat dengan hanya menerbitkan 20-30 tulisan panjang 10 ribu kata. Menurut saya, kunci utama adalah pada update blog dan semakin sering update blog, maka cuan dan keuntungan akan membesar juga.

Contohnya mudah ditemukan dan sebenarnya membantah pemikiran orang malas bahwa cukup meneluarkan beberapa puluh tulisan panjang dan dioptimasi SEOnya akan membuat seseorang berhasil.

Mau tahu contohnya?

<1> Linda Ikeji

Blogger wanita asal Nigeria ini memang fenomenal karena ia menghasilkan lebih dari US$ 100.000.- perbulan dari iklan di blognya.

Padahal ia hanya menulis tentang gosip dan berita kriminal yang sangat sulit dioptimasi SEO-nya.

Namun, ia berhasil.

Kuncinya adalah dia sejak awal sangat sering update blog hingga mencapai 25 kali sehari. Setelah itu dan sampai sekarang jika Anda mencari via Google, Anda bisa melihat blognya diupdate hingga 50-100 kali dalam sehari.

Hasilnya, uang yang datang kepadanya banyak, dari Adsense atau dari sponsor lainnya.

<2> Techcrunch

Blog ini banyak membahas tentang teknologi dan hal-hal terkait dengan hal itu. Topiknya sendiri beragam karena yang dibahas mulai dari media sosial, bisnis terkait teknologi, dan banyak hal terkait dunia tersebut.

Mau tahu berapa kali dalam sehari mereka mengupdate blog tersebut dan menyiramnya dengan artikel baru?

Saya menghitungnya, rata-rata antara 25-30 artikel baru terbit setiap harinya.

<3> Neil Patel

Nama yang kerap menjadi rujukan para internet marketer Indonesia dan banyak dijadikan landasan bagi mereka yang berpikir bahwa kesuksesan di dunia blog, cukup dengan menulis beberapa puluh artikel panjang saja. Selebihnya promosi, promosi, promosi.

Entah, apakah internet marketer Indonesia banyak yang tidak bahasa Inggris atau mereka terlalu malas untuk menemukan fakta sederhana yang justru berkebalikan dari apa yang mereka sarankan.

Neil Patel di blog utamanya (yang memakai namanya) memiliki 8000-an artikel. Kalau setahun 365 hari dan ia sudah bergelut selama 15 tahun saja, berarti setidaknya dalam setahun ia menerbitkan 500 tulisan untuk dijadikan konten blognya.

Itu baru dari satu karena si internet marketer berkepala botak ini memiliki 3 blog yang sama besarnya.

<4> Darren Rowse

Darren adalah seorang blogger asal Australia yang memiliki dua blog ternama, Problogger (tentang blogging) dan Digital Photography School (tentang fotografi).

Singkat saja, mau tahu berapa banyak konten dalam kedua blog tersebut? Saya pernah emnghitungnya dan di Problogger saja ada sekitar 9000-10000 artikel.

Mayoritas hanya memakai SEO sederhana dan tidak diperumit seperti para blogger senior atau internet marketer Indonesia.


Cukup kan beberapa contoh ini? Kalau tidak silakan cari sendiri di internet karena banyak nama lain, seperti Mashable yang membuktikan makin sering update blog, makin besar cuan yang didapat.

Semua itu sebenarnya sangat logis dan masuk akal karena kalau kita sering update blog, bahkan sampai 10 kali sehari, maka yang terjadi

  • makin banyak kata kunci yang bisa ditemukan oleh para pencari informasi
  • makin banyak yang menemukan kata kunci yang kita tulis, meski secara tidak sengaja, makin banyak yang datang ke blog
  • makin banyak yang datang ke blog kita, maka semakin besar kemungkinan mereka mengklik iklan
  • makin banyak pengunjung, maka makin kuat juga daya tawar kita dengan pihak sponsor untuk mendapatkan rate card yang lebih besar

Jadi, saya memutuskan jalan blog saya adalah berinti pada berusaha untuk sesering mungkin mengupdate blog yang saya miliki. Hasilnya lumayan kok, meski belum seperti nama-nama tersebut di atas, meski tanpa banyak promosi dan menggunakan SEO, saya tetap dapat gaji dari Adsense.

Padahal saya blogger part time yang banyak punya masalah.

Jadi kalau boleh saya sarankan, tidak perlu banyak berteori tentang cara mengelola blog untuk mencapai kesuksesan. Fokus saja pada tugas utama para blogger yaitu mengupdate blog sesering mungkin.

Dengan begitu maka kemungkinan kita mendapat cuan yang lebih besar semakin besar pula.

Mau tidak? Kalau mau, jangan malas yang mengisi blog.

Leave a Comment