Topik Tentang Blog Dan Blogging Tidak Menguntungkan

Ada satu bahasan yang menurut saya wajar disebut sebagai topik berjuta umat di dunia blogging. Istilah ini mengacu pada fakta dimana hampir semua blogger akan setidaknya pernah menuliskan 1-2 artikel tentangnya.

Topik yang mendapat “kehormatan” mengenakan julukan ini adalah topik tentang blog dan blogging.

Bukan hanya mereka yang mengkhususkan diri memilih niche blog yang satu ini yang membahasnya, tetapi juga blogger-blogger dari genre lain pun biasanya akan menerbitkan versi dirinya tentang bagaimana mengelola blog.

Topik yang satu ini juga menjadi langganan pengisi blog, baik yang dikelola oleh mereka yang memang benar-benar menekuni bidang ini, sampai mereka yang bahkan baru menerbitkan 1-2 artikel pun tidak mau kalah.

Pembahasan tentang blog dan blogging rasanya merupakan topik yang paling diminati oleh jutaan blogger di dunia.

Kondisi seperti ini menghadirkan sebuah kompetisi yang luar biasa ketat dan bisa dikata sulit ditembus.

Bayangkan saja, kalau satu orang blogger menerbitkan 1 tulisan saja tentang blog, blogger, dan blogging, dengan 3 juta blogger di Indonesia, sudah akan ada 3 juta tulisan tentang hal itu.

Angka itu akan berlipat ganda kalau para blogger secara rutin menelurkan tulisan terkait dunia blog.

Tidak heran ada jutaan tulisan di dunia maya tentang blogging, di Indonesia saja. Kalau di dunia, angkanya sulit sekali untuk dihitung karena hingga sekarang produksi konten bertopik ini terus terjadi.

Oleh karena itulah, jika Anda seorang blogger “pemula” yang hendak memulai blog Anda, sebaiknya, jauhkan diri dari godaan menulis topik tentang blog.

Bukan menakut-nakuti, tetapi karena faktanya memang luar biasa berat, karena

  • mesin pencari sudah dikuasai oleh blog-blog tua dan punya otoritas tinggi sehingga meski mengandalkan teknik SEO tingkat dewa sekalipun, kemungkinan sebuah tulisan nangkring di halaman pertama SERP Google luar biasa kecil
  • pasar pembaca tentang blog, blogging, dan blogger pun otomatis menyusut karena semua orang berusaha menyasar pasar yang sama, ibaratnya sebuah kue yang harus dibagi untuk banyak orang
  • tidak ada hal-hal baru yang menarik tentang blogging, biasanya tulisan akan berkisar pada hal-hal yang sama saja, hal ini akan menyulitkan dalam menemukan ide-ide baru
  • usaha untuk memperkenalkan blog yang membahas tentang blogging pun harus berlipat ganda dan terkadang memerlukan biaya yang besar juga
  • pembaca memiliki terlalu banyak pilihan sehingga sangat sulit sekali untuk menarik perhatian mereka dan lebih sulit lagi mempertahankan ketertarikannya

Salah satu contohnya adalah BB Blog sendiri yang sejak dilahirkan bulan Juli 2020 yang lalu, hingga awal November 2020, pengunjung yang datang dari mesin pencari baru beberapa gelintir saja.

Memang sih, BB Blog memang tidak ditopang dengan promosi, penyebaran link, atau usaha-usaha lainnya untuk memperkenalkan blog ini.

Pengelolaan blog ini dilakukan hanya dengan menerbitkan artikel secara rutin saja. Tidak ada usaha lainnya. Sejak pendiriannya memang blog ini adalah sebuah usaha idealis sekaligus coba-coba untuk melihat bagaimana perkembangan sebuah blog tanpa promosi.

Meski penulisan semua artikelnya mengikuti standar penulisan SEO yang baik, tetap saja sulit bersaing, kalau tanpa ditunjang oleh tindakan lain.

Sesuatu yang memang sudah diprediksi sejak awal, bahwa kalau mau blog yang membahas tentang blogging sukses, tidak cukup sekedar menulis dan SEO saja. Butuh banyak hal pendukung lainnya, seperti membeli backlink dari luar, berpromsi di media sosial, dan apapun.

Menulis dan mengupdate blog saja belum cukup.

Kecuali, Anda mau sabar dan tidak dikejar waktu. Pandangan ini saya kemukakan karena menyadari bahwa semakin tua blog dan semakin sering diupdate perlahan pengunjungnya akan bertambah juga.

Hanya saja, tidak diketahui berapa lama waktu yang diperlukan untuk bisa mencapai jumlah pengunjung yang diinginkan.

Nah, bila Anda punya niat untuk membuat blog bertopik blogging dan dunianya, ada baiknya dipikirkan ulang. Persaingan ketat hampir pasti akan membutuhkan usaha keras yang berlipat juga. Tidak bisa hanya mengandalkan mood saja.

Butuh kemauan dan ketahanan bekerja keras dalam waktu yang panjang. Juga, butuh mental yang sangat kuat untuk mengatasi berbagai kekecewaan yang hampir pasti akan rutin hadir.

Jangan dilupakan kreativitas yang luar biasa untuk menemukan sesuatu yang “baru”, “unik”, dan “menarik” di dunia yang sudah terlalu jenuh dan setiap hal sudah pernah diulik.

Kalau Anda merasa tidak memiliki semua itu, sebaiknya hindari membahas topik tentang blog, blogging, dan blogger.

Lebih baik fokus pada menulis hal lain karena setidaknya dengan begitu tenaga, waktu, dan rasa capek Anda tidak akan terbuang percuma.

Walau itu hanya sekedar saran saja.

Keputusan ada di tangan Anda.

Leave a Comment