20 Alasan Menulis di Blog

Sebuah hal yang sulit sekali dan mendekati tidak mungkin untuk mengetahui alasan menulis di blog.

Bagaimanapun jumlahnya banyak sekali karena menurut hostingtribunal, jumlah blogs mencapai 500 juta dan angka ini sama dengan hampir 1/3 dari website yang ada di dunia.

Sangat tidak mungkin untuk bertanya satu persatu latar belakang dan alasan mereka membuat dan menulis di blog.

Meskipun demikian, bila dibuatkan kategorinya, ada cukup banyak hal yang bisa menjadi pendorong lahirnya sebuah blog.

1) Uang

Meski tidak semua orang melakukannya demi uang, tetapi tidak terbantahkan, uang adalah salah satu daya tarik utama seorang terjun menjadi blogger.

Apalagi sejak blog diketahui bisa memberikan income bagi pemiliknya, semakin hari semakin banyak orang yang mencoba peruntungannya dan membuat blognya sendiri.

2) Ketenaran

Blog sendiri menyediakan potensi lainnya, yang biasanya datang sebelum atau berbarengan dengan uang, yaitu ketenaran.

Tidak beda dengan Facebook atau Twitter, blog adalah media sosial yang memungkinkan seseorang untuk tampil dan kemudian dikenal oleh orang lain.

Dengan membuat konten yang bisa menarik perhatian, seorang blogger bisa berubah menjadi influencer dan pesohor.

3) Tugas

Dosen yang tidak gaptek di zaman digital tidak jarang memberikan tugas kepada mahasiswanya untuk membuat blog.

Terlihat nyeleneh tetapi sebenarnya sangat beralasan karena seorang yang mengelola blog akan belajar banyak hal, mulai dari tata cara menulis, promosi, dan mengembangkan pemikirannya.

Tidak heran banyak blog yang dibuat berakhiran .edu atau ac.id yang merupakan bagian dari institusi pendidikan. Blog yang dibuat oleh mahasiswa karena ditugaskan biasanya akan menggunakan platform yang disediakan oleh tempat dimana ia bersekolah

4) Curhat

Hidup itu terkadang terasa menyesakkan dan sebagian orang memiliki pandangan bahwa hal tersebut harus dicurahkan dalam bentuk tulisan. Dengan begitu perasaan menjadi lega.

Bila di masa lalu buku diari adalah tempatnya, di masa sekarang sudah jarang orang yang menulis di buku tersebut. Mereka banyak yang beralih ke blog.

Apalagi curhatan tersebut kalau mau bisa membuatnya terkenal. Sekali lempar batu, dua burung kena. Walau ada juga yang tetap menggunakan blog layaknya buku diari dengan merubah setting menjadi private dan hanya bisa dilihat dirinya.

5) Berlatih Menulis

Banyak yang bercita-cita menerbitkan buku dan menjadikan dirinya sebagai penulis.

Untuk itu mereka perlu berlatih di tempat yang diketahui bisa memberikan respon terhadap tulisannya.

Blog adalah sarana yang menyediakan kedua hal tersebut. Ia bisa menggunakannya sebagai lahan untuk menulis sambil berharap pembaca memberikan tanggapan terhadap hasil karya tulisnya.

Blog menjadi batu loncatan bagi tujuan akhirnya, penulis.

6) Media branding atau pencitraan

Memiliki citra yang baik di mata masyarakat adalah salah satu hal yang sangat penting bagi perusahaan atau individu, seperti politikus.

Selain memakai jasa konsultan pemasaran, di masa sekarang banyak perusahaan dan individu yang membuat blog untuk membentuk citra bagi dirinya.

Jangkauan blog di dunia maya memang sangat mungkin menjangkau banyak orang yang memungkinkan terbentuknya citra yang diinginkan

7) Media promosi

Sifat blog yang fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan menjadikannya sangat mungkin dijadikan sebagai media promosi. Apalagi sebuah blog juga pada dasarnya bisa membentuk komunitas pembaca yang loyal dan merupakan pasar yang potensial untuk menjual sebuah produk.

Banyak perusahaan atau individu yang menggunakan blog sebagai media untuk memperkenalkan produk yang dijualnya.

8) Penyampai informasi

Banyak perusahaan besar menambahkan menu blog di website mereka. Salah satu tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi, selain membentuk citra atau mempromosikan produk.

Dengan begitu mereka bisa memberitahukan kepada khalayak luas berbagai info terkait perkembangan perusahaan, kegiatan yang dilakukan, dan hal-hal lain.

Hal ini juga membantu membentuk keterikatan dengan calon pembeli atau pengguna produk mereka.

9) Menjaring calon klien/pembeli

Blog bila dikelola dengan baik akan membentuk sebuah komunitas pembaca yang bisa sangat loyal.

Komunitas itu pada akhirnya adalah kumpulan orang yang pada akhirnya bisa menjadi klien/pembeli/pengguna produk yang ditawarkan.

Hal ini biasanya dilakukan oleh pelaku usaha atau perusahaan.

10) Penyampai Opini/Pendapat

Mengirimkan surat pembaca ke media resmi itu susah dan harus melewati berbagai tahap penyaringan. Belum lagi terkadang isinya tidak lagi sesuai karena sudah mengalami pengeditan.

Dan, tentunya belum tentu diterbitkan mengingat kapasitasnya terbatas.

Blog menyediakan ruang yang bebas dari semua itu. Setiap orang bisa mengemukakan opini atau pandangannya sesuai dengan konstitusi tentang kebebasan berpendapat.

Tanpa ada penyaringan. Tanpa harus menunggu. Setiap saat seseorang bisa mengemukakan opininya sesuai kehendaknya.

11) Membangun jaringan/network

Sebuah blog dan bloggernya akan selalu berinteraksi secara tidak terlihat. Baik dengan pembaca atau dengan sesama blogger.

Hal itu pada akhirnya membuat kesempatan untuk membentuk jaringan pertemanan atau network.

Apalagi jika orang tersebut bergabung dalam komunitas blogger dimana pertemanan akan menjadi semakin luas dan luas lagi.

12) Dokumentasi

Tidak sedikit orang yang menceritakan tentang pengalaman hidupnya, kesedihannya, kegembiraannya, dan hal-hal yang berkaitan dengan kehidupannya di blog. Tidak sedikit yang mengupload foto-foto kegiatan keluarga saat bepergian kesana kemari.

Dan, hal itu akan tersimpan dalam waktu yang sangat lama, terutama jika ia menggunakan platform gratisan dari Blogspot atau WordPress yang ditunjang perusahaan besar.

Prinsip blog sebagai dokumentasi merupakan salah satu alasan menulis di blog yang paling umum, selain tentang uang.

13) Media pengajaran

Pada masa sekarang, semakin banyak guru menuliskan penjelasan tentang materi sekolah lewat blog. Hal itu dirasakan dapat membantu siswa memperoleh penjelasan yang lebih rinci karena sifat fleksibel yang disediakan oleh blog.

Guru yang sekaligus blogger bisa menjabarkan materi dengan lebih leluasa dibandingkan buku teks yang dipakai.

Juga, penjelasan itu bisa diakses kapan saja, selama internet ada.

14) Menjaring pemilih

Belum banyak dilakukan di Indonesia, tetapi di luar negeri, terutama Amerika Serikat, sudah banyak politikus atau partai politik yang memiliki blog.

Mereka melihat bahwa blog bisa menjadi sarana menyampaikan program dan tujuan partainya, menanamkan pemikiran, dan kemudian merubahnya menjadi pemilih pada pemilu.

Yang seperti ini terjadi dalam pemilu di AS beberapa tahun lalu, dimana kandidat presiden membuat banyak posting di Facebook untuk menjaring pemilih atau menjatuhkan lawan.

15) Bersenang-senang

Blog tidak bedanya dengan menanam bunga, mengurus hewan peliharaan, atau hobi lainnya.

Tidak sedikit yang mengatakan alasan menulis di blog sebagai pengisi waktu luang atau hobi saja. Mereka melakukannya untuk bersenang-senang tanpa motif lainnya.

16) (Syiar) Menyebarkan agama

Kemampuan untuk menjangkau banyak orang pun dimanfaatkan banyak pemuka agama untuk terus menyebarkan agamanya.

Yang seperti ini dilakukan oleh semua agama di dunia. Pendeta, ulama, biksu, tidak sedikit yang membuat blog untuk melaksanakan misinya.

17) Eksistensi/Pamer

Blog adalah salah satu bentuk media sosial. Memang sifatnya agak berbeda, tetapi tetap merupakan salah satu bentuk medsos.

Oleh karena itu, tidak heran kalau ada yang menggunakannya sebagai ajang pamer atau menunjukkan eksistensi diri.

Apalagi memiliki dan menulis di blog dipandang sebagai tindakan “lebih pintar” dibandingkan sekedar menulis status di FB oleh masyarakat.

18) Melatih Kreativitas

Sebuah blog harus terus diupdate dan diisi. Hal seperti ini menghadirkan tantangan tersendiri bagi seorang blogger karena ia harus terus berpikir dan berkreasi agar blognya terus bisa update.

Apalagi, belakangan konten blog bisa beragam, mulai dari tulisan (teks), foto/image, podcast (suara-siniar), atau video. Blog bisa menjadi sarana untuk melatih kreativitas.

19) Belajar manajemen

Banyak dosen memberikan tugas membuat blog bagi mahasiswanya. Begitu juga, mulai ada perusahaan di luar negeri yang menanyakan apakah seorang pelamar kerja pernah mengelola blog atau tidak.

Kenapa begitu?

Karena tugas blogger mencakup banyak hal, selain menulis ada promosi atau membangun jaringan. Tambahkan dengan kebiasaan kedisiplinan untuk memastikan blog tetap update .

Blog secara tidak sadar akan mengajarkan kepada bloggernya bagaimana menjadi seorang manajer yang baik, melihat peluang, mengatur waktu, melakukan negosiasi, dan merealisasikan sebuah ide.

20) Menjaga kesehatan (pikiran)

Lucu memang alasan menulis di blog yang satu ini, tetapi benar juga kalau dipikiri.

Blog akan terus memaksa bloggernya untuk terus berpikir dan berpikir untuk berkreasi dan mengembangkan fasilitas.

Pola seperti ini akan membantu sang blogger untuk tetap sehat pikirannya dan tidak menjadi pikun. Susah untuk menjadi pikun kalau otak terus bekerja dan bergerak untuk berkarya.

Lagipula, sudah terbukti bahwa “writing is healing”, menulis menyembuhkan. Penelitian menunjukkan bahwa dengan menulis hal-hal yang memjadi beban bisa meningkatkan imunitas tubuh seseorang.

—-

Nah itulah 20 alasan menulis di blog versi BB Blog. Apakah alasan Anda membuat dan menulis di blog sudah disebutkan di atas? Kalau belum, silakan sharing di kolom komentar di bawah ini.

Leave a Comment