Cara Menghilangkan Tanda Garis Miring Pada URL WordPress

Ada satu ciri dari sebuah website berbasis WordPress Self Hosted yang kerap tidak disadari oleh penggunanya. Ciri tersebut sering terlewat terlihat karena terletak pada URL atau link yang dihasilkannya, yaitu berbentuk tanda garis miring (slash) di akhir link.

Bentuknya bisa dilihat di bawah ini.

Cara Menghilangkan Tanda Garis Miring (Slash) Pada Url WordPress 2

Pada dasarnya, keberadaan si garis miring tadi tidak menimbulkan masalah apa-apa. Hanya saja beberapa pakar SEO pernah menyebutkan bahwa tanda tersebut akan membuat URL menjadi kurang SEO Friendly atau ramah mesin pencari.

Entah benar atau tidak karena kenyataannya, banyak tulisan di blog ini yang tetap bisa tampil di halaman pertama SERP Google tanpa masalah. Namun, kalau Anda termasuk yang merasa tidak nyaman dengan hal itu, ada cara mudah untuk menghilangkan tanda garis miring pada URL. Tentunya dengan catatan, Anda menggunakan CMS WordPress dan hosting sendiri.

Yang harus Anda lakukan hanyalah

  • masuk ke dashboard website Anda
  • pilih menu setting
  • pilih menu permalink yang memang ada untuk mengatur bentuk URL yang dikehendaki

Pada layar monitor Anda akan ditampilkan berbagai opsi bentuk URL yang bisa dipergunakan. Ada yang memakai tanggal atau nomor posting. (Anda bisa lihat semua akan memakai garis miring di bagian akhir).

Jangan pilih salah satu dari yang sudah tersedia.

Yang harus Anda lakukan adalah memilih menu “CUSTOM” yang terletak di urutan paling bawah. Menu ini memang disiapkan bagi Anda yang ingin memiliki URL berbeda dari yang biasa.

Silakan isi dengan bagian yang Anda mau. Hanya saja, jangan lupa satu hal penting. Pada menu custom juga disiapkan tanda garis miring di bagian akhir.

Hilangkan tanda ini dengan memakai tombol “delete” atau “backspace” di keyboard.

Kemudian silakan tekan “Save Setting”.

Selesai.

Anda akan melihat kalau URL dari pos (post) Anda akan memiliki bentuk tanpa garis miring di bagian akhir.

Hal ini tidak berlaku untuk “Laman” atau Page karena secara otomatis laman akan memiliki URL tanpa tanda garis miring.

Silakan coba sendiri.

Leave a Comment