Kata Siapa Blog Curhat Tidak Memberi Manfaat?

“Kalau mau memiliki blog yang sukses, jangan buat blog curhat karena tidak memberi manfaat kepada pembacanya”

Kira-kira begitulah yang selalu disarankan oleh banyak blogger “senior” atau yang merasa dirinya pakar kepada mereka yang baru memulai langkah di dunia blogger.

Mereka biasanya akan memberikan wanti-wanti agar blog yang dilahirkan bukanlah jenis “blog curhat”.

Apa sih blog curhat?

Pada dasarnya istilah ini tidak ada dalam kamus bahasa Indonesia, bahkan pada kamus per-blog-an pun tidak akan ditemukan. Belum ada penjelasan resmi dan definitif tentang makna sekaligus batasan.

Jadi, jangan diharapkan akan ditemukan kriteria dan batasan yang jelas sehingga sebuah blog bisa masuk kategori ini atau tidak.

Namun, berdasarkan pengalaman, definisi blog curhat bisa dijabarkan sebagai sebuah blog yang di dalamnya berisikan konten atau artikel yang berkaitan dengan keresahan, kegelisahan, pengalaman hidup yang menyedihkan, atau uneg-uneg dari bloggernya saja.

Blog ini merupakan tempat pelarian bagi bloggernya dimana ia menumpahkan segala rasa, sedih, senang, kesal, atau berbagai emosi lainnya.

Bisa dikata merupakan “curahan hati” (curhat) dari orang di belakangnya.

Tulisannya umumnya berisi kisah pengalaman hidup seseorang, terutama yang menyedihkan, meski terkadang diselingi berbagai tulisan lainnya.

Mengapa dianggap tidak bermanfaat?

Pernah kah Anda berada pada posisi mendengarkan seseorang yang sedang menangis atau mengeluhkan tentang kesulitan atau kesedihan orang lain? Pasti pernah.

Tahu rasanya? Pasti.

Anda ditempatkan pada posisi sebagai pendengar dan tentunya seakan “diharapkan” untuk menjadi penghibur untuk mengurangi kegundahan dari yang sedang curhat. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang tidak menyukai berada pada penerima curhat.

Begitulah kira-kira rasa ketika sedang membaca sebuah blog curhat. Tidak berbeda jauh.

Blog jenis ini “dipandang” tidak “mengajarkan” sesuatu yang bermanfaat. Tidak juga memberikan apa-apa selain celotehan keresahan dari sang blogger.

Oleh karena itulah, banyak blogger senior yang menyarankan untuk menjauhi blog jenis ini karena dianggap tidak memberikan apa-apa kepada pembacanya, selain masalah dan masalah personal.

Mengapa dipandang tidak menguntungkan?

Blog curhat karena bersifat pribadi dan personal mendekati mustahil untuk dipasangkan dengan teknik SEO (Search Engine Optimization – Optimasi Mesin Pencari) yang menjadi andalan banyak blogger menarik pembaca.

Blog jenis ini juga akan mempersulit penayangan iklan berbasis Adsense yang berbasis informasi dan kata kunci.

Menjual produk pun sulit dilakukan ketika sang blogger sibuk berbicara tentang kehidupannya sendiri.

Jadi, banyak blogger senior berpandangan blog jenis ini tidak akan bisa membawa kesuksesan, yaitu ketenaran dan uang tentunya.

Benarkah blog curhat tidak ada manfaatnya?

Tergantung.

Semua akan tergantung dari sudut pandang mana Anda menerjemahkan kata “manfaat” dan tentunya juga dari sisi kreativitas berpikir.

Sampah dipandang orang sebagai sesuatu yang rendah serta tidak berguna. Oleh karena itulah, sampah dibuang karena dipandang tidak bermanfaat.

Namun, kenyataannya, banyak orang bisa hidup dari sampah, seperti para pemulung, perusahaan daur ulang, seniman, dan tidak terhitung mereka yang bisa mendayagunakan benda-benda yang dipandang tidak bermanfaat.

Iya kan?

Mereka bisa menemukan hal-hal yang tidak terlihat oleh orang lain.

Begitu juga dalam urusan blog curhat yang dianggap tidak mendatangkan “manfaat”. Jika Anda orang yang berpikiran sempit, maka kegunaannya tidak akan terlihat.

Namun, coba saja bayangkan hal-hal di bawah ini

  • seseorang yang sedang merasa sedih karena ditinggal kekasih kemudian membaca sebuah artikel tentang pengalaman serupa yang dialami seorang blogger. Ia kemudian merasa ada kawan senasib dan membuatnya merasa tenang dan terhibur. Apakah yang seperti ini bukan manfaat?
  • seorang penderita kanker stadium 4 mencurahkan uneg-unegnya karena kehidupannya yang berat dan menyakitkan. Ceritanya kemudian dibaca oleh seseorang yang juga menderita penyakit yang sama level 2 yang resah. Yang disebut terakhir merasa beruntung dan kemudian terinspirasi untuk terus berjuang. Lalu, apakah ini disebut sesuatu yang tidak berguna?
  • Seorang istri bercerita tentang rumah tangganya yang tidak harmonis dalam tulisan di blognya dan kemudian ia memberikan jalan keluar untuk mengatasinya. Bisakah disebut bloggernya tidak memberikan apa-apa kepada pembaca?

Tidak.

Kata manfaat berkaitan dengan bagaimana seseorang bisa menggunakan sesuatu. Palu seharusnya untuk memukul paku, tetapi bisa juga digunakan untuk membelah es dan batu.

Sebuah blog yang bermanfaat bukan tergantung pada bloggernya, tetapi bergantung pada kemampuan pembaca untuk memanfaatkan apa yang ia baca.

Blog curhat, sama dengan berbagai blog lain, seperti blog tutorial memiliki kesempatan yang sama untuk membawa manfaat bagi pembacanya. Namun, caranya yang berbeda.

Pada blog tutorial, seorang pembaca akan seperti dituntun untuk mengerjakan sesuatu. Pada blog curhat, pembaca akan diminta berpikir dan kemudian mengambil apa yang bisa dimanfaatkan dari apa yang dibacanya.

Blog curhat pada dasarnya bisa

  • menginspirasi
  • menghibur
  • memotivasi
  • menemani

Semua ini merupakan beberapa kata kunci dari membuat blog sukses. Semua blogger yang mau sukses setidaknya harus bisa membuat blognya memiliki beberapa unsur tadi.

Jadi, bukan berarti blogger yang suka curhat tidak akan bisa sukses dan kaya. Banyak blogger pengelola blog personal, seperti blog curhat ini bisa mendatangkan uang juga dan tentunya dikenal banyak orang.

Saya kenal beberapa blogger yang blognya merupakan blog personal dan berisi kisah kehidupan mereka, yang sering menyedihkan pun tetap bisa mendatangkan penghasilan.

Oleh karena itu, saya tidak akan menyarankan hal yang sama kepada siapapun. Sikap itu saya ambil karena saya tahu bahwa selalu ada manfaat yang dibawa segala sesuatu yang ada di dunia.

Hanya saja, terkadang ada manusia-manusia yang merasa dirinya terlalu tinggi sehingga mereka tidak bisa melihat ada intan di dalam tumpukan kerikil.

Blog curhat bagi saya tidak ada bedanya dengan berbagai jenis blog lainnya, berpotensi untuk berhasil, sukses, dan membawa kesuksesan bagi bloggernya.

Bagaimana menurut Anda?

Leave a Comment