Tidak Akan Sukses Jika Tidak Dikenal, Promosi Itu Penting

“Anda tidak akan sukses, jika Anda tidak dikenal“, kalimat itu diucapkan oleh Helmy Yahya, si presenter kondang Indonesia melalui layar monitor lift tempat saya bekerja yang rutin menayangkan iklan sebuah digital marketing agency.

Sebenarnya, ada rasa ingin untuk membantah karena sukses itu tidak selamanya berupa ketenaran, kekayaan materi, atau segala sesuatu yang bersifat kebendaan. Kata sukses sejatinya selalu terkait dengan pencapaian sebuah target atau pencapaian, dan tidak semua orang memiliki target menjadi kaya.

Banyak juga yang memiliki target hidup sederhana, seperti hidup tenang dan makan cukup.

Begitu juga dalam kehidupan saya sebagai blogger, saya menyadari tidak semua orang menekuni kegiatan blogging untuk mengejar uang. Tidak sedikit yang sudah merasa senang dan puas karena memiliki tempat mengungkapkan pikiran dan ide saja.

Namun, saya melihat ada sisi “kebenaran” dalam kalimat tersebut, jika Anda merupakan blogger yang ingin mendulang uang, materi, dan ketenaran. Suka atau tidak suka, jika seseorang bertujuan mendapatkan hal ini dia sedang beranjak menjadi seorang bisnisman dan bukan 100% blogger.

Seorang pebisnis memang harus berorientasi pada uang dan materi. Tidak bisa tidak karena kata bisnis akan selalu terkait dengan kedua hal itu.

Harus dikenal sebanyak mungkin orang

Jika memang uang dan ketenaran merupakan tujuan utama Anda, maka tidak ada jalan lain. Anda memang harus membuat diri dan blog Anda dikenal banyak orang. Semakin banyak, semakin baik.

Mengapa?

Karena dengan dikenal oleh semakin banyak orang, maka

  1. “Pasar” calon pembeli menjadi semakin besar dan membuat peluang untuk merubahnya menjadi uang juga semakin besar
  2. Ketenaran di masa sekarang akan selalu dibarengi dengan kesempatan untuk menghasilkan uang, jadi semakin tenar Anda semakin besar peluang menghasilkan uang
  3. Semakin terkenal Anda sebagai blogger, semakin besar juga nilai rate card yang bisa ditawarkan kepada pemberi sponsor
  4. Semakin luas pembaca blog Anda, maka harga penawaran juga bisa semakin tinggi kepada siapapun yang mau beriklan karena jangkauannya berarti lebih luas

Ketenaran akan datang beriringan dengan peluang bisnis. Oleh karena itu, sebagai blogger, jika memang menargetkan untuk menjadi kaya, langkah yang harus dilakukan adalah membuat Anda dikenal oleh sebanyak mungkin orang.

Caranya, ya cuma satu, yaitu berpromosi. Baik mempromosikan diri sendiri (personal branding) atau blog atau tulisan/konten yang Anda buat. Usahakan sebanyak orang tahu dan mengenal Anda.

Bentuk promosinya bisa terserah Anda dan disesuaikan dengan target pasar dan sikon, serta kemampuan yang Anda punya. Hal itu harus Anda pikirkan masak-masak.

Beberapa bentuk promosi yang bisa dilakukan untuk mempromosikan blog, seperti

  1. menyebarkan link ke berbagai media sosial
  2. hadir dalam pertemuan komunitas blogger
  3. melakukan email marketing
  4. membuat brosur atau pamflet
  5. promosi dari mulut ke mulut
  6. menyebarkan link blog/artikel lewat media chatting, seperti Whatsapp atau Line atau Telegram
  7. bergabung dengan komunitas online yang sesuai dengan tema blog
  8. dan masih banyak lagi cara promosi yang silakan Anda pikirkan sendiri

Intinya, pada dasarnya adalah sesuai dengan kalimat yang dikatakan oleh Helmy Yahya tadi, “Anda tidak akan sukses, jika Anda tidak dikenal”. Jadi, buatlah diri Anda dikenal oleh sebanyak mungkin orang agar peluang menghasilkan duit semakin besar juga.

Semakin besar khalayak yang mengenal Anda, semakin besar peluang besar uang yang bisa didapat.


Leave a Comment