Terus Memutar Otak Merupakan Tugas Blogger Yang Tidak Pernah Usai

Kecuali, Anda ngeblog sekedar untuk senang-senang dan mengisi waktu luang saja, serta tidak berniat menjadi tenar atau mencari uang, maka tugas ini bisa diabaikan saja. Enjoy saja dengan blog Anda karena sifatnya merupakan sekedar hobi.

Namun, jika sebaliknya, maka suka atau tidak suka, mau tidak mau, Anda harus bersiap untuk terus memutar otak. Semua itu karena memang itu adalah tugas blogger yang tidak akan pernah usai, sampai Anda memutuskan untuk berhenti.

Ketika Anda menetapkan untuk sukses dan mendapatkan uang dari kegiatan blogging, pada dasarnya Anda sudah berubah dari seorang blogger menjadi seorang pebisnis.

Berbagai hal yang ada di dunia bisnis pun akan disodorkan di hadapan Anda, seperti

  • kompetisi dan persaingan
  • produksi konten
  • promosi
  • perawatan blog
  • perubahan yang memerlukan antisipasi dan solusi
  • membangun jaringan/network
  • pemasukan dan pengeluaran

Semua itu akan memaksa Anda untuk terus memutar dan memeras otak agar bisa berjalan dengan baik.

Tidak akan bisa Anda memenangkan kompetisi dan persaingan dengan ribuan bahkan jutaan blogger kalau hanya berdiam diri dan duduk santai.

Bohong besar bahwa blogging adalah kegiatan santai dan uang akan datang sendiri, seperti yang banyak ditulis. Butuh kerja keras secara fisik dan psikis untuk bisa memenangkannya dan membuat Anda mencapai tujuan.

Tidak ada blog yang sukses tanpa Anda mau menyebarkan link, berbicara dengan banyak orang, atau bergaul di komunitas. Promosi harus tetap dilakukan agar blog tetap dikenal dan tetap bisa mendatangkan trafik pengunjung.

Jadi, sebelum Anda berniat menjadi blogger, ada baiknya Anda memahami dulu “medan perang” yang akan dihadapi. Kemudian, persiapkan diri Anda sebaik-baiknya dan bisa dimulai dengan bersiap untuk memutar otak terus menerus sampai Anda bosan dan berhenti, atau mati.

Kecuali, sekali lagi, Anda berniat untuk blogging sekedar untuk iseng saja.

Anda akan bebas dari tugas ini.

Leave a Comment