6 Alasan Memiliki Jadwal Harian Penting Bagi Blogger

Ah, ngapain? Ngeblog itu kan untuk mencari kesenangan lalu mengapa harus memiliki jadwal harian. Seperti kerja saja!. Tidak akan heran kalau ada banyak orang yang berpendapat atau mengatakan seperti itu.

Tidak dipungkiri bahwa sebagian besar orang memandang kalau blogging atau kegiatan mengelola blog merupakan pengisi waktu luang saja. Bukan sesuatu yang harus dilakoni secara serius karena bukan merupakan sesuatu yang perlu diprioritaskan.

Sedangkan, jadwal harian, merupakan sering dipandang sebagai bagian dari kegiatan penting, seperti urusan pekerjaan kantor atau lain-lain yang menghasilkan uang. Sementara, blogging dipandang sebagai kegiatan iseng saja.

Jadi, tidak heran bahwa sebagian besar blogger di Indonesia kebanyakan tidak memiliki jadwal kerja harian karena mereka memandangnya tidak terlalu penting.

Padahal, justru kebalikannya. Perkembangan dan kemajuan seorang blogger dalam dunia blogging akan banyak tergantung pada hal yang satu ini.

Mau tahu alasannya? Mengapa mempunyai jadwal harian penting bagi seorang blogger?

Silakan lihat penjelasannya di bawah ini.

1> Disiplin dan Konsistensi

Seorang blogger yang sukses memerlukan mentalitas yang tepat dan juga konsistensi dalam menelurkan karyanya. Tanpa itu, maka yang terjadi adalah kita hanya berharap pada godot, atau keberuntungan saja.

Dan, sayangnya hal itu sangat jarang terjadi.

Bagaimana bisa menjaga khalayak pembaca untuk tetap loyal membaca blog kita kalau hari ini kita menerbitkan satu tulisan, kemudian menghilang sampai 6 bulan tanpa ada kabar.

Hal itu bisa dihindari dengan adanya jadwal harian.

Seorang blogger akan seperti “dipaksa” untuk disiplin mematuhi apa yang sudah ditetapkan setiap harinya.

Perlahan tetapi pasti, ia akan terbiasa untuk disiplin dan pada akhirnya akan membangun konsistensi dalam kehidupannya.

Sebuah hal yang sangat penting untuk mencapai kesuksesan. Bukan hanya di bidang blogging saja, tetapi dalam banyak bidang lain pun hal ini berlaku.

2> Memiliki target

Tahu rasanya mengelola blog, tetapi tidak tahu apa yang ingin dicapai? Pasti arahnya tidak jelas dan kita akan selalu terjebak dalam kebingungan tentang arah yang hendak ditempuh.

Miriplah situasinya ketika Anda keluar rumah, tetapi tidak tahu mau kemana atau harus mengerjakan apa.

Dengan memiliki jadwal harian, maka setiap hari seorang blogger tidak lagi bingung tentang apa yang harus dilakukan.

Ia hanya perlu membuka agenda atau buku catatan dan kemudian melakukan apa yang tertulis di dalamnya.

3> Merubah waktu non produktif menjadi produktif

Salah satu tantangan terbesar bagi seorang blogger adalah menemukan “waktu”. Apalagi, kalau blogging adalah pekerjaan part-time atau paruh waktu saja.

Kesibukan dengan pekerjaan rutin bisa menyebabkannya kesulitan menemukan waktu yang tepat untuk menulis atau membuat konten.

Hal itu bisa diatasi dengan membuka agenda dan melihat kegiatan hariannya. Ia bisa melihat dimana ada slot waktu yang memungkinkan untuk melakukan setidaknya salah satu kegiatan blogging, seperti mencari ide atau menulis atau melakukan blogwalking.

Ia juga bisa merubah kegiatan yang sebenarnya tidak perlu dilakukan dan menggantikannya dengan membuat artikel.

Tidak ada lagi waktu yang terbuang atau tidak produktif. Semua bisa diubah menjadi produktif, dengan catatan ada catatan tentang sususan kegiatan setiap harinya.

4> Mendapat kepuasan dan rasa bahagia

Menjadi seorang blogger yang sukses adalah perjalanan yang panjang dan bisa jadi sangat membosankan. Semua itu karena tidak ada kepastian bahwa kesuksesan yang diidamkan akan muncul.

Situasi yang seperti ini lah yang menyebabkan banyak blogger bertumbangan atau berhenti di tengah jalan.

Mereka tidak bisa mendapatkan “rasa puas” dan “bahagia” karena apa yang ditargetkan terasa jauh sekali untuk dicapai.

Masalah klise seperti ini sebenarnya bisa diatasi dengan adanya jadwal kerja harian.

Kok bisa?

Pada dasarnya, jadwal harian adalah target juga, hanya lebih kecil saja. Namun, efeknya sama, yaitu hadirnya rasa puas dan bahagia.

Bukankah begitu rasanya jika kita bisa menunaikan tugas yang dibebankan pada kita. Bangga, bahagia, senang, akan hadir dalam hati.

Pencapaian terhadap target-target kecil seperti ini akan menjaga agar motivasi tetap terjaga dan pada akhirnya membantu dalam mencapai target besarnya.

5> Memotivasi

Jadwal harian akan memberikan target. Setiap target akan menghadirkan tantangan.

Suka atau tidak suka, seorang blogger akan didorong terus untuk memenuhi apa yang tercantum dalam jadwal kerja hariannya.

Sadar atau tidak sadar ia akan membantu dalam memotivasi diri untuk terus berkarya dan kreatif setiap harinya. Sebuah hal yang sangat dibutuhkan untuk menjadi blogger.

6> Terbiasa fokus

Ada banyak distraksi atau gangguan dalam kehidupan seorang blogger. Godaan pun tidak sedikit. Pada akhirnya, seringkali kita menjadi tidak fokus dengan apa yang sedang dikerjakan.

Contohnya saja, ketika sedang ada ide untuk membuat tulisan, tiba-tiba saja ada film yang Keanu Reeves atau Tom Cruise yang tayang di TV. Godaan.

Namun, distraksi seperti itu tidak akan berarti kalau seorang blogger fokus pada kegiatan yang tercantum pada jadwal hariannya. Ia bisa mengacuhkan film semenarik apapun demi pemenuhan target yang sudah ditetapkan

Dengan fokus pada jadwal, seorang blogger akan terbiasa memprioritaskan kegiatan yang produktif dibandingkan sekedar berleha-leha.


Percayalah! Pasti akan banyak orang yang tidak setuju dengan pandangan di atas . Namun, belajar dari pengalaman mengelola belasan blog selama 8 tahun mengajarkan kepada saya untuk mengabaikan semua pandangan itu.

Saya lebih memilih berusaha menepati jadwal harian yang saya buat tiap hari. Semua itu karena saya ingin sukses sebagai blogger dan sadar bahwa hal itu hanya bisa dihasilkan jika produktivitas sebagai blogger meningkat.

Sayangnya, hal itu hanya bisa terjadi jika saya bisa disiplin dan konsisten dalam merubah waktu non-produktif menjadi produktif. Hal itu hanya bisa dilakukan jika saya tahu apa yang harus dikerjakan hari ini, besok, lusa, dan seterusnya.

Oleh karena itu, memiliki jadwal harian merupakan sesuatu yang penting bagi saya, seorang blogger.

Entah bagi Anda.

Leave a Comment