Manfaat Bergaul dan Bersosialisasi Bagi Seorang Blogger

Memutuskan menjadi blogger, memang, seperti menandatangani kontrak perjanjian untuk emnghabiskan waktu lebih banyak di depan komputer atau gawai lainnya. Mau tidak mau, baik untuk menulis postingan atau melakukan pemasaran, pemakaian perangkat digital akan menjadi bagiannya. Tidak heran kalau pada akhirnya, blogger akan lebih banyak menghabiskan kesehariannya berurusan dengan gawai.

Namun, tidak berarti, seorang blogger harus menjadi terisolir dan mengubah dirinya menjadi penyendiri. Justru sebaliknya, ketika seseorang memilih menjadi blogger, ia sejak awal seharusnya harus sadar untuk menghindari menjadi seorang seperti itu. Ia harus selalu bisa menyediakan waktu untuk tetap bersosialisasi dan bergaul sebanyak-banyaknya.

Bukan hanya karena, ada beberapa aspek dalam kehidupan blogger yang mengharuskan untuk berinteraksi dengan orang lain. Tetapi, juga karena kalau hal itu tidak dilakukan, maka seorang blogger akan rugi sendiri.

Banyak manfaat bersosialisasi atau bergaul bagi seorang blogger.

Mau tahu apa saja manfaatnya?

1/ Refreshing

Bekerja terus menerus di depan layar komputer lama kelamaan bukan hanya membuat mata Lelah, pinggang pegal, tetapi juga membuat kepala dan hati terasa penat.

Akhirnya bisa sangat menyebalkan karena kepala, otak, dan hati ngadat untuk melakukannya dan kita tidak bisa berpikir jernih. Kalau sudah seperti ini situasinya, kemungkinan besar, seorang blogger juga tidak akan mampu untuk terus menulis.

Berinteraksi, baik dengan keluarga atau teman atau tetangga, bisa menjadi jalan keluar termurah untuk menyegarkan semuanya. Berbincang tentang hal-hal sepele sering bisa menghapus rasa penat, apalagi kalau sampai tertawa akibat bercanda.

Refreshing istilahnya di masa lalu. Me time istilah masa sekarang.

2/ Menambah wawasan dan pengetahuan

Berbincang dengan seseorang sadar atau tidak disadari akan selalu memasukkan unsur transfer informasi dan pengetahuan. Apalagi, kalau orang yang diajak ngobrol itu memiliki skill dan pengetahuan dalam suatu bidang, dimana umumnya ia tidak akan segan berbagi tentang yang diketahuinya dalam bidang tersebut.

Imajinasikan saja, seorang blogger memasuki komunitas blogger dengan berbagai macam genre. Masing-masing akan bercerita tentang pengalaman dan pengetahuannya tentang blognya. Bisa bayangkan berapa banyak transfer pengetahuan yang terjadi?

Bersosialisasi, umumnya, akan dilakukan dengan cara berbincang, bertukar pendapat, berbagi cerita dan semua itu merupakan cara yang baik untuk memperluas wawasan kita.

3/ Mendapatkan ide

Salah satu ide tulisan yang menarik adalah tentang pengalaman hidup seorang manusia. Biografi merupakan salah satu jenis tulisan yang menceritakan cuplikan kehidupan manusia.

Bukankah saat bersosialisasi kita sering mendengarkan berbagai kisah, keluh kesah, kegembiraan dari manusia lain? Bukankah hal-hal itu bisa diolah menjadi sebuah tulisan?

Apalagi ketika ngobrol juga dibarengi dengan brainstorming, pertukaran pandangan dan pendapat, bukankah hal itu seperti mendapatkan suplai ide?

4/ Kesempatan memasarkan blog/tulisan

“Eh, saya punya blog loh. Di sana saya menulis mengenai pengalaman traveling”. Bila Anda mengatakan itu pada tetangga atau saudara atau orang yang tidak dikenal, Anda sedang berfungsi menjadi seorang pemasar, bagi blog Anda sendiri.

Iya kan?

Salah satu bentuk pemasaran paling sederhana, tetapi lumayan efektif, dan masih dilakukan sampai saat ini adalah dengan melakukan direct approach alias pendekatan langsung. SPG atau sales promotion girl dari berbagai jenis produk masih sering terlihat mendekati orang yang tidak mereka kenal di jalan untuk memasarkan produknya.

Lalu, bukankah saat sedang bersosialisasi dan bergaul dengan orang, selalu terbuka kesempatan untuk melakukan promosi blog?

Ingat loh! Pemasaran itu bukan hanya bisa dilakukan melalui media social, tetapi bisa juga bisa dilakukan dengan menggunakan mulut untuk bercerita saat bertemu siapapun.

5/ Membangun jaringan

Salah satu tips penting dalam pemasaran adalah tentang membangun jaringan atau network. Dalam bisnis apapun, relasi yang luas memberikan kesempatan lebih luas untuk sukses.

Di dalam sebuah jaringan, di sana akan terjadi banyak transfer informasi, baik berupa job atau hal lain yang mungkin bermanfaat.

Itulah alasan seorang blogger pun disarankan untuk terus membangun networknya. Karena, dengan itu, maka kemungkinan mendapat job atau informasi yang menguntungkan dirinya akan lebih besar dibandingkan dengan hanya menatap layar komputer.

Masalah utamanya adalah jaringan atau network tidak akan bisa dibangun tanpa adanya pergaulan. Artinya, kalau seorang blogger tidak mau bergaul atau bersosialisasi, ya tidak akan bisa membangun jaringannya.

Baca Juga

Blog Dengan Spam Score Tinggi, Bagaimana Nasibnya?

Blog Dengan Spam Score Tinggi, Bagaimana Nasibnya

Spam score, rupanya hingga saat ini masih menjadi momok bagi banyak blogger di Indonesia. Tidak henti pembahasan tentang metrik buatan Moz ini diperbincangkan dan dibahas…


Salah satu hal yang harus selalu diingat oleh seorang blogger adalah ia tetap seorang manusia, makhluk sosial. Memang, dalam keseharian, mungkin waktunya akan lebih sering dihabiskan untuk menulis dan berpikir.

Namun, karena ia tetap seorang manusia, yang selalu membutuhkan manusia lain, suka atau tidak suka, ia harus mau menyediakan waktu untuk berinteraksi dengan manusia lainnya, bersosialisasi atau bergaul.

Tanpa bergaul, seorang blogger pun akan sulit berkembang. Ia tidak akan mendapatkan banyak hal yang dihasilkan dari berinteraksi dengan manusia lain.

Rugi!

Iya kan?

Leave a Comment