Promosi Blog di Facebook Tanpa Menyebarkan Link? Bisa Kok!

Memperkenalkan blog yang Anda kelola ke media sosial merupakan sebuah tugas rutin seorang blogger, kalau mau trafik pengunjung berkembang. Salah satu medsos yang paling banyak dipakai adalah Facebook, media sosial besutan Mark Zuckerberg.

Cara yang umum dipakai untuk promosi blog adalah dengan menyebarkan link blog atau artikel ke berbagai grup atau komunitas di sana. Cara ini memang efektif dan efisien, kalau seseorang tertarik, maka ia hanya perlu meng-klik link dan akan segera dibawa ke artikel terkait.

Namun, sayangnya belakangan tindakan ini menyebabkan banyak yang terganggu dan sekarang banyak grup di Facebook yang melarang penyebaran link.

Situasi yang seperti ini membuat banyak blogger bete dan mati kutu. Promosi blog mereka terhambat dan kalaupun ada grup yang memperbolehkan, biasanya tidak cocok dengan genre atau tipe artikel.

Nah, sebenarnya seorang blogger tidak boleh menyerah menghadapi sikon seperti ini. Wajar saja kalau para admin grup menerapkan peraturan yang melarang penyebaran link karena tujuan awal grup adalah untuk interaksi sesama anggota dan bukan tempat promosi. Grup akan menjadi seperti penuh spam kalau dipenuhi hanya dengan tautan.

Untuk mengakalinya, ada satu cara sederhana dan pasti bisa dilakukan semua orang. Memang tidak seefisien dan seefektif penyebaran link, tetapi dampaknya pasti ada dan sudah dibuktikan.

Caranya dengan memanfaatkan “brosur digital”. Contohnya seperti di bawah ini.

Promosi Blog di Facebook Tanpa Menyebarkan Link

Brosur digital sederhana ini dibuat oleh tim LB Digital untuk disebarkan di grup Facebook, terutama grup yang melarang penyebaran link. LB Digital sudah memiliki website dan memang bisa memakai link untuk menjaring, namun karena semakin banyak grup yang tidak mengizinkan, maka brosur ini adalah pemecahannya.

Brosur ini dibuat dengan memakai foto yang sudah ada saja dan kemudian hanya menempatkan beberapa informasi, seperti akun Instagram dan url dari website saja.

Hasilnya lumayan sekali karena bukan hanya kunjungan ke website, tetapi juga permintaan job datang.

Memang tidak langsung, tetapi cara ini pada dasarnya tetap merupakan bentuk promosi blog. Yang melihatnya setidaknya akan melihat url website yang jika mereka tertarik hanya perlu memasukkan ke kolom pencarian browser saja.

Tentu saja, ada beberapa usaha tambahan yang harus dilakukan, seperti

  • memilih foto yang menarik dan mengundang keingintahuan
  • memberi tambahan desain agar foto tidak terlalu polos dan hal ini mudah dilakukan dengan adanya Canva
  • memastikan informasi tepat agar yang melihat tidak nyasar ke blog lain

Promosi dengan cara ini akan memecahkan masalah larangan penyebaran link di grup Facebook karena tidak ada peraturan yang dilanggar.

Silakan coba sendiri, asalkan jangan berharap cepat. Promosi tipe seperti ini lebih ke arah marketing dan bukan sales (penjualan) alias penanaman image daripada penjualan langsung seperti menyebarkan link.

Leave a Comment