6 Tips Memperbaiki Peringkat Alexa

Alexa ranking atau peringkat alexa pernah begitu populer di kalangan para blogger. Metriks yang dibuat oleh anak perusahaan Amazon ini sempat menjadi salah satu metriks atau ukuran kepopuleran sebuah website.

Cara penilaiannya mirip dengan ranking di sekolah, semakin kecil pertanda semakin bagus dan populer sebuah website. Contohnya saja media online DETIK yang punya ranking 102 yang berarti luar biasa bagus.

Tidak sedikit para pemberi job sponsored post atau content placement menggunakannya sebagai ukuran harga dan layak atau tidaknya sebuah blog.

Bahkan, ada komunitas blogger yang memakai peringkat Alexa untuk menyaring blogger yang hendak bergabung ke dalam komunitas tersebut.

Kepopulerannya belakangan meredup dan posisinya digantikan oleh metriks DA (Domain Authority) atau PA (Page Authority) dari Moz.

Walaupun demikian, masih tetap ada pemberi job yang memakainya hingga saat ini.

Jadi, kalau memang salah satu tujuan Anda adalah mencari job, tidak ada salahnya juga mencoba memperbaiki peringkat Alexa blog yang Anda kelola. Siapa tahu saja masih ada yang melirik.

Lagipula, peringkat Alexa yang bagus setidaknya akan bisa dipamerkan dan memberikan citra yang baik kepada pembaca.

Berdasarkan pengalaman mengelola banyak blog, ada beberapa tips yang akan membantu sekali dalam merampingkan peringkat Alexa sebuah blog.

Catatan tersendiri, tentu saja hal ini tidak mutlak dan masih banyak faktor lain yang mempengaruhi, tetapi hal-hal ini akan sangat membantu.

>1 Cari Backlink atau Tautan Balik

Alexa ranking sepertinya sangat dipengaruhi oleh backlink atau tautan balik. Semakin banyak backlink yang mengarah ke sebuah blog, peringkatnya akan semakin ramping.

Pentingnya backlink dalam hal ini pernah saya uji sendiri dimana sebuah blog tanpa isi dan trafik, kemudian saya arahkan backlink ke blog tersebut, hasilnya peringkat Alexanya langsung tampil.

Jadi, cobalah cari backlink sebanyak-banyaknya. Kalau punya teman blogger, Anda bisa meminta agar mereka mau memberikan backlink (terutama dofollow) ke blog Anda.

Kalau tidak, cobalah blogwalking ke sebanyak mungkin blog dan masukkan url blog Anda ke kolom yang disediakan di kolom komentar.

>2 Komentar/Keterikatan Pembaca

Berdasarkan pengamatan saya, blog yang memiliki komentar pembaca lebih banyak cenderung memiliki peringkat Alexa lebih baik.

Salah satu blog saya, Lovely Bogor memiliki ribuan pengunjung perhari, sedangkan blog Maniak Menulis pembacanya jauh di bawah. Tetapi, aktivitas berkomentar di blog MM lebih banyak karena pembacanya sesama blogger dan mereka rajin meninggalkan jejak.

Hasilnya peringkat Alexa blog MM jauh lebih baik daripada Lovely Bogor.

Jadilah, lakukan blogwalking sebanyak mungkin dan undang kunjungan balik dari sesama blogger. Perlahan peringkat Alexa blog Anda akan membaik.

>3 Update Artikel

Saya pernah pernah memperhatikan pada salah satu blog yang hampir tidak pernah diupdate, peringkat Alexanya membengkak dan menjadi besar. Kemudian, saya coba update rutin dan bahkan bertubi-tubi alias dalam sehari beberapa kali.

Secara rutin hal itu saya lakukan selama 1 bulan.

Hasilnya, cukup drastis juga perubahan pada peringkat Alexa, menjadi ramping dalam waktu tidak terlalu lama.

Jadi, kalau mau Alexa-nya ramping, siapkan tenaga dan waktu untuk memposting lebih banyak artikel.

>4 Share ke Medsos

Terus terang saya lebih menyukai menulis konten saja dan malas promosi. Sayangnya, setelah diperhatikan jarang share ke media sosial menyebabkan peringkat Alexa stagnan atau menurun.

Hal itu berubah lumayan jauh ketidak saya mulai beberapa kali menebar link ke akun medsos yang saya punya, peringkat Alexa membaik dan semakin ramping.

>5 Tambah Trafik

Mesi sebenarnya bukan faktor utama, tapi peringkat Alexa juga memperhatikan trafik pengunjung. Semakin banyak pembaca, akan meningkatkan peringkat .

Jadi tidak ada salahnya untuk terus berusaha mencari trafik, baik dengan sharing link atau dengan menggunakan teknik SEO On Page dalam membuat artikel.

Yang penting trafik ditambah terus.

>6 Perkecil Bounce Rate

Bounce rate atau rasio pantulan menunjukkan berapa persentase pengunjung blog yang hanya membaca satu halaman saja. Semakin rendah persentase semakin baik.

Setelah memperhatikan beberapa lama, rupanya blog dengan bounce rate rendah memiliki peringkat Alexa yang lebih baik.

Oleh karena itu usahakan untuk terus memperbaiki metriks yang satu ini. Caranya salah satunya dengan menerbitkan lebih banyak artikel secara rutin dan memastikan pengunjung betah berlama-lama di blog Anda.

—–

Kalau memang Anda punya tujuan untuk memperbaiki peringkat Alexa untuk mendapatkan job, cobalah tips-tips di atas.

Yang harus dicatat adalah tidak instan. Perubahan tidak akan terjadi dalam semalam. Perbaikan peringkat akan membutuhkan waktu. Jadi, tidak perlu melihat setiap hari.

Untuk melihat perubahan, beri waktu satu bulan dan lakukan yang di atas secara rutin, kemudian lihat hasilnya.

Anda akan melihat bahwa performa blog Anda di mata Alexa akan membaik.

Percayalah!

Leave a Comment