Apa Itu Trafik Organik? Kenapa Diburu?

Trafik organik adalah semua pengunjung yang datang dari mesin pencari, seperti Google, Yahoo, atau Bing.

Pengunjung biasanya sebelum masuk ke sebuah website atau blog akan mengunjungi laman Kotak Pencarian Google, memasukkan kata kunci, dan kemudian masuk ke Halaman Hasil Pencarian (SERP).

Apa Itu Trafik Organik? Kenapa Diburu?
Kotak Pencarian Google
Halaman Hasil Pencarian (SERP)

Disana mereka akan memilih dari banyak opsi URL yang tersedia dan mengklik URL tersebut.

Mereka masuk ke website/blog.

Mereka itulah yang disebut sebagai pengunjung organik atau trafik organik.

Berbeda halnya jika pengunjung langsung mengetikkan nama website/url di browser, mereka tidak termasuk dalam trafik organik. Begitu juga kalau mereka menemukan sebuah website/blog dari media sosial, seperti Facebook atau Twitter, pengunjung seperti ini termasuk “Social”.

Mengapa Trafik Organik Diburu?

Blog atau website membutuhkan pengunjung/pembaca karena tanpanya blog itu tidak akan berfungsi dengan baik, seperti tidak bisa menghasilkan uang, tidak bisa memberikan informasi, dan sebagainya.

Semakin banyak pembaca, maka semakin cepat blog itu akan terkenal. Di mata masyarakat, sekaligus mesin pencari, jumlah pengunjung merupakan bentuk pengakuan bahwa masyarakat membutuhkannya.

Lagi pula, semakin besar trafik pengunjung yang datang, semakin besar potensi memberikan penghasilan kepada bloggernya.

Nah, trafik organik sendiri menjadi penting karena

  • Murah : tidak perlu mengeluarkan dana periklanan untuk menjaring pembaca
  • Kontinyu : dengan jumlah pencari informasi yang luar biasa besar (sampai milyaran pencarian perhari), hal itu akan menjamin datangnya pembaca secara rutin dan terus menerus
  • Potensi : bagi pengguna iklan, terutama Adsense, trafik organik memiliki potensi lebih tinggi dibandingkan trafik dari media sosial atau jalur lain karena biasanya pencari informasi memang memiliki kebutuhan

Cara Memburu Trafik Organik

Berlimpahnya pencari informasi dan keuntungan yang ditawarkannya membuat trafik organik menjadi sasaran utama banyak blogger atau webmaster.

Mereka berlomba-lomba untuk menjaring pembaca yang menggunakan mesin pencari.

Nah, cara menjaringnya dilakukan dengan menerapkan teknik SEO (Search Engine Optimization – Optimasi Mesin Pencari) pada blog dan artikelnya.

Dengan begitu tulisan atau konten yang mereka buat akan bisa tampil di halaman SERP, terutama di Page One atau Halaman Pertama yang merupakan pendulang trafik paling banyak

Baca juga : Tata Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Tertarik untuk ikut berburu trafik organik?

Leave a Comment