Apa Itu Trafik Organik?

Trafik organik adalah aliran pengunjung yang datang ke sebuah website karena dirujuk oleh mesin pencari. Pengunjung jenis ini biasanya merupakan pencari informasi yang mempergunakan mesin pencari, baik Google, Bing, Yahoo, Duckduckgo atau yang lainnya.

Proses terbentuknya trafik organik adalah sebagai berikut

  • Calon pengunjung memasukkan “kata kunci” dalam kotak pencarian mesin pencari
  • Mesin pencari menampilkan SERP / Search Engine Result Page (Halaman Hasil Pencarian) berisikan url dari berbagai konten yang dianggap memiliki sesuatu yang relevan dengan kata-kata yang dimasukkan ke kotak pencarian
  • Pengunjung tersebut mengklik url
  • Pengunjung masuk ke halaman konten

Pengunjung organik merupakan bagian penting bagi perkembangan sebuah website karena beberapa hal

  • gratis : tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk mengundang mereka datang yang membedakannya dengan trafik berbayar (pengunjung masuk melalui iklan)
  • jumlahnya yang besar dan hampir tidak terbatas (penghuni dunia mencapai 7 milyar orang dan tidak henti menggunakan mesin pencari)
  • rutin

Untuk itulah dilahirkan yang namanya SEO atau Search Engine Optimization, yaitu kumpulan berbagai teknik untuk “memanipulasi” isi sebuah website agar bisa ditampilkan di SERP.

Target utama SEO adalah agar konten/artikel sebuah website bisa muncul di peringkat pertama pada Halaman Pertama SERP. Hal ini dkarenakan kecenderungan pencari informasi yang akan mengklik url yang berada di posisi paling awal.

Meskipun demikian, kalaupun pengunjung datang karena mengklik url di halaman SERP yang lain, ia akan dikategorikan sebagai pengunjung organik.

Semakin besar trafik organik yang bisa didatangkan, semakin menguntungkan bagi sebuah blog atau website.

Ongkosnya murah dan jumlahnya banyak.

Leave a Comment