Cara Meminta Pengindeksan URL Artikel di Google Search Console

Ada satu hal yang selama menjadi blogger sejak 8 tahun yang lalu belum pernah saya lakukan sama sekali. Tidak sekalipun terpikir untuk melakukannya, meski banyak blogger senior menyarankan, tetapi saya tidak pernah menuruti saran tersebut. Hal itu adalah meminta pengindeksan URL artikel di Google Search Console atau GSC.

Serius.

Alasan pertama karena selama itu belum pernah sekalipun ada masalah dalam urusan mendaftarkan URL. Google bekerja dengan sangat baik dan semua artikel di 14 blog selalu masuk dalam indeks mereka. Hasilnya, lumayan banyak juga artikel yang nangkring di SERP (Search Engine Result Page – Halaman Hasil Pencarian) raksasa mesin pencari tersebut.

Kedua, karena merasa aman, saya fokus pada membuat artikel saja. Jarang sekali, bahkan sudah lebih dari 2 tahun saya tidak masuk ke dashboard GSC.

Namun, malam ini saya pecah telur. Selalu ada pertama dalam segala sesuatu dan saya terpaksa melakukan hal tersebut, yaitu meminta Google untuk mengindeks URL artikel di Bogor Belajar Blog.

Penyebab : Kesalahan Google

Google juga bikin salah kok. Mereka tetap merupakan sekumpulan manusia yang bisa berbuat error.

Dan, saya pikir memang kali ini, kesalahan itu berada di sisi mereka. Bukan saya.

Sejak kemarin, saya heran karena jumlah artikel yang diindeks oleh Google sangat sedikit dan lebih banyak yang tidak diindeks. Dari dashboard GSC terlihat data di bawah ini

Hampir setengah dari url artikel yang ada di Bogor Belajar Blog tidak diindeks oleh Google.

Masalah besar!

Setelah diteliti, penyebabnya adalah karena HTTPS blog ini dianggap tidak valid, jadi bot sudah menemukannya, tetapi tidak bisa diindeks.

Langsung bete tingkat dewa. Rasanya mangkel karena url artikel yang lain memiliki struktur https yang sama dan tidak bermasalah, namun, sebagian dikecualikan karena dianggap bermasalah.

Kesimpulan dari data yang ditemukan adalah terjadi satu kesalahan di pihak mereka dan satu lagi di sisi saya yang kurang teliti dan terlalu percaya.

Akibat Tidak Diindeks

Tentu masalah besar. Karena Google sendiri menyebutkan bahwa kalau tidak diindeks, maka artikel tersebut tidak akan diberi ranking, dan ujungnya tidak akan dimasukkan ke SERP.

Kalau tidak masuk ke SERP, ujungnya pengunjung tidak akan datang dari mesin pencari mereka. Padahal, saya tidak mempromosikan blog ini dan mengandalkan mesin pencari saja.

Untungnya, saya tahu bahwa Google Search Console memiliki fitur permintaan pengindeksan URL artikel dan meski tidak pernah memakai, saya tahu cara menggunakannya.

Jadilah, malam ini saya memutuskan untuk melakukan hal itu. Saya meminta Google untuk mengindeks url artikel di blog ini. Lumayan banyak karena mencapai angka ratusan.

Yang saya lakukan ada di bawah ini (karena URL sudah ditemukan, tetapi tidak diindeks. Untuk artikel baru, silakan lihat penjelasan di bagian akhir.

Langkah-langkah meminta pengindeksan URL artikel di Google Search Console

<1> masuk ke dashboard dengan menggunakan akun dan password

<2> klik menu “HALAMAN/PAGES” maka tampilannya akan seperti di bawah ini

<3> Klik yang diberi tanda panah, bertanda “TIDAK DIINDEKS”, maka akan muncul daftar berisi berbagai jenis alasan mengapa url tidak diindeks, seperti di bawah ini

<4> Klik menu “Ditemukan – saat ini tidak diindeks” karena untuk blog ini, url sudah ada hanya tidak diindeks.

Klik dan halaman berikut akan tampil. Isinya berupa semua url yang belum diindeks karena masalah tersebut.

Catatan : tidak ada cara otomatis, yang ada saya harus memasukkannya satu persatu melalui langkah di bawah. Jadi pilih satu persatu url.

<5> Lihat di sebelah url yang dipilih akan terlihat beberapa simbol. Klik simbol copy seperti di bawah

<6> Pindah ke menu di sidebar kiri dan cari inspeksi URL. Klik menu ini dan sebuah kolom pencarian akan muncul di bagian atas

Bentuknya seperti di bawah ini.

<7> Arahkan kursor di kolom tersebut dan klik kanan, lalu klik PASTE. Url akan dimasukkan ke dalam kolom tersebut

<8> Klik ENTER dan halaman berikut akan tampil

Di bagian bawahnya akan muncul keterangan tentang masalahnya. Pada kasus saya keterangan yang muncul adalah sebagai berikut.

<9> Minta Pengindeksan dengan menekan tombol yang disediakan, maka Google akan memproses. Tampilannya seperti di bawah ini

Abaikan saja dan lakukan langkah selanjutnya.

Tanda ini menandakan bahwa mesin sedang melakukan pengujian terhadap URL. Jika tidak ada masalah maka layar berikut akan hadir di layar monitor Anda.

Cara Meminta Pengindeksan URL Artikel di Google Search Console

Permintaan pengindeksan URL sudah terkirim. Yang perlu dilakukan hanyalah menunggu dan tidak perlu berulangkali meminta.

Ulangi dengan semua url artikel yang belum diindeks. Hanya saja, setelah beberapa kali, akan muncul Captcha di layar Anda. Hal ini menandakan sistem melakukan pengetesan dan menguji untuk mencegah bot yang melakukan.

Saya sarankan batasi dalam sehari 10 kali saja. Jika ada banyak url, bagi dalam beberapa hari dan jangan sekaligus.

Nah, langkah-langkah proses permintaan agar Google mengindeks URL artikel yang bermasalah sudah selesai

Langkah-langkah meminta pengindeksan URL artikel di Google Search Console

Pada dasarnya sama, hanya ada beberapa tahap dalam penjelasan di atas yang bisa dilewati.

<1> masuk ke blog Anda dan copy url artikel yang hendak diminta pengindeksannya

<2> masuk ke dashboard GSC

<3> klik inspeksi URL

<4> paste-kan url ke dalam kolom dan tekan enter, kemudian tunggu

<5> klik menu “MINTA PENGINDEKSAN” dan proses selesai

Kira-kira seperti itulah cara meminta pengindeksan url artikel (bermasalah) atau baru di Google Search Console.

Mudah-mudahan saja Anda tidak memerlukannya. Namun, berdasarkan pengalaman ini, saya sarankan untuk rajin mengecek url yang terindeks atau belum. Tidak perlu selalu, tetapi secara rutin agar peluang mendatangkan pembaca dari mesin pencari Google tetap terjaga.

Leave a Comment