Jadwal Posting Teratur Membantu Perkembangan Blog

Salah satu hal yang sangat membantu dalam perkembangan sebuah blog tidaklah terkait hal yang rumit. Hal itu sering ditentukan oleh seberapa konsisten dan rutin seorang blogger mengupdate blognya.

Banyak contoh dimana keberhasilan seorang blogger yang dihasilkan oleh hal seperti ini, contohnya Pete Cashmore yang pada awal membangun Mashable rutin menerbitkan blogpost beberapa kali sehari atau Linda Ikeji yang sampai 25 kali sehari.

Mereka memiliki jadwal posting bagi blognya secara teratur. Mau ada pembaca atau tidak, mereka tetap akan menerbitkan konten baru setiap harinya.

Dengan begitu, perlahan tapi pasti, blog yang mereka kelola semakin gemuk karena terus terisi konten baru. Efeknya, mesin pencari manapun akan “menyukai”nya karena mereka memiliki lebih banyak opsi lagi untuk disajikan kepada penggunanya.

Untuk itulah, seorang blogger yang memang peduli pada blognya dan ingin blognya berkembang, harus mau mencoba membangun rutinitas dalam menelurkan konten.

Hal itu bisa dimulai dengan membuat jadwal posting yang teratur.

Dengan adanya jadwal seperti ini, ada beberapa keuntungan yang bisa diharapkan,yaitu

  • pengunjung akan tahu kapan waktu terbitnya sebuah artikel di blog tersebut, jadi mereka tidak perlu bolak balik hanya sekedar untuk mengetahui apakah ada konten baru atau tidak
  • bagi bloggernya sendiri, ia akan memiliki target dan tenggat waktu yang harus dicapai dan dampaknya ia akan terdorong untuk menepati jadwal tersebut
  • bloggernya sendiri akan menjadi terbiasa untuk mengikuti jadwal dan rutinitas pun terbangun. Pada akhirnya, hal ini akan mempermudahnya membangun mood untuk menulis
  • blog akan terlihat terus diperbaharui dan aktif, sesuatu yang sangat menyenangkan bagi mesin pencari yang selalu berusaha menemukan hal baru
  • kata kunci dalam blog akan terus bertambah dan tidak stagnan

Memang, jadwal posting tidak berarti harus “setiap hari”. Jika memang waktu sangat terbatas, jadwal tersebut bisa disesuaikan menjadi 1 minggu sekali atau 2 minggu sekali.

Hanya saja berkaca dari berbagai penelitian, semakin sering sebuah blog diisi dengan artikel baru, semakin besar trafik pengunjung yang datang.

Jadi, semua akan tergantung pada bloggernya sendiri, sejauh apa ia ingin blognya berkembang. Kalau mau cepat dan membesar, ia harus mau berkorban waktu dan tenaga seperti Pete Cashmore dan Linda Ikeji, tetapi kalau tidak, mungkin ia bisa membuat jadwal yang lebih ringan dan renggang.

Yang terpenting adalah ia harus punya jadwal untuk menerbitkan blogpost terbaru karena tanpa itu, blog tidak akan bergerak maju dan stagnan.

Leave a Comment