Mau Berhasil Mengejar Uang Lewat Blog? Abaikan Pikiran Itu Saat Memulai

Mengejar uang lewat blog adalah alasan banyak orang, terutama di masa sekarang, untuk terjun menjadi blogger. Bukan sebuah alasan yang tidak masuk akal dan justru sebenarnya bagus karena kegiatan bloggingnya akan punya tujuan jelas.

Cuma belajar dari pengalaman sendiri dan banyak cerita dari rekan-rekan blogger, bagi para pemula, ada baiknya pikiran soal uang dan pengejaran terhadap materi seperti itu diabaikan saja. Masukkan ke dalam laci dan kemudian lupakan.

Setidaknya di awal, pemikiran seperti itu sebaiknya dibuang dari pikiran kita.

Kenapa?

Karena justru pikiran tentang materi ini bisa menjadi penghambat yang luar biasa besar. Perhatian kita sering terdistraksi pada hal-hal yang sebenarnya tidak membantu dalam mencapai tujuan.

Pikiran yang terfokus pada masalah menghasilkan uang sering menyebabkan

  • kita patah semangat melihat penghasilan yang tidak kunjung datang atau mencukupi
  • kita terfokus pada statistik dan angka-angka tanpa melihat makna dari statistik tersebut
  • kita sering merasa terbebani dengan target dan sering ujungnya merasa sangat tertekan
  • kita luput untuk membangun networking dan mengembangkan blog karena terfokus pada uang, uang, dan uang

Ketika tujuan kita mengejar uang lewat blog, sebenarnya kita sudah merubah diri sendiri menjadi bukan sekedar blogger. Kita sudah berubah menjadi bisnisman atau wirausaha atau seseorang yang bergelut di dunia bisnis.

Segala sesuatu yang berkaitan dengan uang pada dasarnya adalah soal bisnis. Bukan lagi ranah blogging.

Dan, sebuah fakta yang tidak terbantahkan dalam dunia bisnis adalah tidak ada bisnis yang langsung menghasilkan keuntungan setelah berdiri. Para pebisnis pun akan memulai dari awal, mengalami jatuh bangun, bekerja keras tak kenal lelah, melakukan kesalahan dan sejenisnya.

Barulah setelah beberapa tahun berjalan, seorang pebisnis akan menikmati hasil jerih payahnya.

Pada dasarnya, tidak ada pebisnis yang baik yang langsung berharap keuntungan. Mereka tahu kalau bisnis pun memerlukan proses yang seringkali panjang.

Oleh karena itu, biasanya mereka juga melakukan hal yang sama, yaitu menyingkirkan masalah profit dan keuntungan pada saat memulai. Tentu mereka punya target, tetapi mereka akan memfokuskan diri pada rencana yang sudah dibuat dan berusaha sebaik mungkin merealisasikannya.

Mereka tidak berpikir setiap hari soal uang. Fokusnya lebih pada mengembangkan usaha.

Begitu juga sikap yang seharusnya diambil blogger yang mengejar uang lewat blognya. Sebaiknya, tiru saja cara para pebisnis yang baik.

Fokus pada mengembangkan blog (usahanya). Lakukan promosi sebanyak-banyaknya. Lakukan eksperimen. Cari pembaca sebanyak mungkin.

Barulah di akhir tahun kita melakukan evaluasi, apakah semua sudah sesuai dengan tujuan dan target atau bellum. Kalau belum, temukan masalahnya dan selesaikan.

Jangan khawatir, ada saatnya nanti pikiran soal duit itu perlu dikeluarkan kembali, tetapi tidak di awal perjalanan. Hal itu mengganggu dan membuat kita terbebani.

Leave a Comment