Peluang Sebuah Blog Berhasil Sebesar Kemungkinan Gagal

Seberapa besar peluang sebuah blog berhasil, dalam artian memenuhi target yang diinginkan bloggernya? Kalau saya mendapat pertanyaan itu, maka jawabannya adalah sebesar kemungkinannya gagal.

50 : 50

Sama dengan segala sesuatu di dunia, maka rasio peluang keberhasilan dan kegagalan selalu sama pada awalnya.

Yang membuat rasio itu berubah ada pada diri si bloggernya.

  • Jika ia rajin update, maka rasio yang mengarah ke sukses akan membaik, sebaliknya, jika ia malas mengisi blognya dengan artikel baru, maka peluangnya menurun dan mengarah ke kegagalan
  • Jika si blogger mau konsisten, ia melangkah sedikit lebih baik ke arah keberhasilan, lawannya kalau ia inkonsisten, maka suka atau tidak suka ia akan mendekati ke arah kegagalan
  • Jika si bloggernya mau memeras otak dan terus berusaha menjadi kreatif, ia mungkin bisa mulai menggeser rasio tadi ke arah keberhasilan, sebaliknya kalau monoton dan hanya mengikuti apa kata orang, mendekatlah ia pada kegagalan

Banyak yang mengatakan kalau memilih blog niche atau yang satu topik, ia lebih besar kemungkinan untuk berhasil, tetapi saya pikir tidak demikian adanya. Mau isi blognya hanya membahas satu topik atau banyak, rasio peluang keberhasilan dan kegagalan sama saja, tetap fifty-fifty, 50 : 50.

Bukan pilihannya yang menentukan, tetapi apa yang ia lakukan setelah blognya lahir yang menjadi penentu.

Situasinya mirip sekali dengan perkawinan, gagal atau langgengnya biduk rumah tangga, sebenarnya bukan ditentukan seberapa lama sepasang manusia berpacaran. Yang menentukan adalah apa yang dilakukan keduanya setelah menikah.

Apakah mereka mau menekan ego pribadi dan berusaha mengerti pasangannya? Maukah mereka saling memberi dan menerima? Maukah mereka tetap bersama dalam berbagai kondisi?

Jadi, kalau memang Anda ingin blog Anda sukses, yang berarti Anda jadi blogger yang sukses, berusahalah sekeras mungkin, sekreatif yang Anda bisa, dan keluarkan semua yang Anda bisa. Dengan begitu rasio keberhasilan menjadi tidak seimbang ke arah keberhasilan.

Jangan pernah berharap hal itu bisa terealisasi kalau Anda tidak mau melakukan itu. Jangan pula bermimpi sukses hanya karena sudah memiliki blog dengan tipe niche blog.

Bukan itu yang menentukan. Usaha Anda lah yang menentukan.

Leave a Comment