Pasti! Ukuran Kesuksesan Seorang Blogger Berbeda Dari Blogger Yang Lain

Saya bukan paranormal. Sumpah mati. Saya hanya seorang blogger saja yang pekerjaannya menulis konten untuk blog. Bisa juga dikatakan seorang fotografer karena memang menekuni bidang tersebut juga. Namun, saya bisa mengatakan bahwa ukuran kesuksesan seorang blogger berbeda dengan blogger yang lain.

Mau tahu alasannya? Karena blogger manusia dan setiap manusia akan memiliki ukuran kesuksesan yang berbeda.

Ada blogger (bahkan banyak) yang menargetkan uang dan kekayaan. Ada juga yang ingin merasa senang dan gembira bisa melepas uneg-uneg. Tidak sedikit yang membuat blog hanya agar bisa mendapatkan status sebagai blogger. Dan, masih banyak target yang lainnya.

Dengan target yang berbeda-beda, maka batas kesuksesan sendiri tidak akan samasetiap orangnya.

Masalahnya, seringkali, karena diindoktrinasi secara tidak sadar oleh sistem masyarakat, ukuran kesuksesan itu dibatasi hanya pada materi dan ketenaran saja. Yang di luar itu bukanlah kesuksesan.

Padahal, tidak semua orang bertujuan untuk mengejar uang dan materi.

Banyak blogger yang melakukan kegiatan ini sekedar untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman karena sudah merasa berkecukupan.

Lalu,apakah mereka yang seperti ini tidak bisa disebut sukses? Jawabanya, ya bisa banget. Jika tujuan dari blognya adalah membuat orang lain menjadi lebih pandai akibat pengetahuan yang dibagi, maka kita harus mengakui bahwa mereka sudah meraih kesuksesan dalam blogging.

Kesuksesan bukan melulu tentang uang dan ketenaran. Kesuksesan itu akan tergantung pada target yang sudah ditetapkan. Pencapaian terhadap target itu adalah bentuk kesuksesan pribadi.

Jadi, tidak perlu merasa minder. Bila memang blog yang Anda kelola belum bisa memiliki trafik banyak, belum bisa menghasilkan uang, dan belum bisa membuat Anda tenar. Kecuali, Anda memang menargetkan uang dan materi, tidak ada alasan untuk itu.

Tanyakan dulu kepada diri sendiri, apa sih tujuan dan target ngeblog yang ingin dicapai. kalau memang merasa hal itu sudah terwujud, berarti Anda sudah sukses.

Jangan pakai ukuran kesuksesan versi yang banyak beredar di internet, yang berdasar pada uang dan materi. Tiap orang memiliki hak untuk memilih bentuk sukses yang ingin diraihnya.

Leave a Comment