Berapa Ukuran File Image (Foto/Gambar) Yang Pas Untuk Blog?

Berapa ukuran file image (foto atau gambar) yang pas untuk blog? Sebuah pertanyaan yang selalu berada di pikiran para webmaster (termasuk blog).

Sebuah hal yang wajar karena ukuran image yang terlalu besar akan membuat lemot loading sebuah laman. Di sisi lain, ukuran image yang terlalu kecil akan membuat tidak nyaman pembaca. Oleh karena itu menemukan titik keseimbangan antara kedua kebutuhan itu harus selalu dilakukan oleh para webmaster (bukan hanya blogger saja).

Belajar dari pengalaman selama 7 tahun menjadi blogger, jawabannya sebenarnya tidak bisa pasti. Semua akan tergantung kebutuhan masing-masing.

Contohnya saja, sebuah blog fotografi tentu perlu menekankan pada kualitas foto agar bisa memikat pembaca. Sedangkan sebuah blog umum, bersifat media, yang memakai foto atau gambar sebagai ilustrasi tidak akan memerlukan hal itu, selama foto bisa dilihat dengan baik, maka hal itu sudah cukup.

Karena saya memiliki kedua jenis blog itu (saya punya 14 blog), maka kesimpulan saya ukuran terbaik (lebar x panjang) ada beberapa pilihan, yaitu

  • ukuran 1024 x 680 pixel : ukuran ini hanya akan memiliki besaran antar 100-150 Kilobyte saja dan bisa dipergunakan untuk kedua blog. Untuk blog fotografi yang biasanya tanpa sidebar, image dengan lebar 1024 sudah sangat terlihat bagus dan tidak pecah-pecah kalau dipasang selebar layar
  • ukuran 640 X 480 pixel : ukuran ini bagus untuk dipergunakan sebagai ilustrasi untuk mayoritas blog karena ukuran rata-rata ruang baca blog adalah 640 pixel saja. Besar file rata-rata hanya 40-60 Kilobyte saja.

Bagaimana dengan thumbnail yang ditampilkan di homepage atau halaman muka? Perlukah mengupload image lain yang berukuran lebih kecil? Tidak perlu.

Template dan CMS akan secara otomatis membuat foto ukuran thumbnail dari image yang sudah ada. Image-image ini lah yang kemudian dipakai di halaman muka.

Itu berdasarkan pengalaman saya. Bisa berbeda dengan pengalaman lainnya. Hanya saja, berdasarkan pengalaman selama ini, saya tidak pernah bermasalah dengan loading akibat pemakaian image yang terlalu besar. Pembaca saya juga tidak komplen akibat image tidak enak dilihat.

Silakan coba sendiri.

Leave a Comment