Update Blog Setiap Hari Bukan Sebuah Kesalahan

Bila melihat perkembangan di dunia blog Indonesia belakangan ini, sudah jarang sekali ditemukan seorang blog yang melakukan update blog setiap hari.

Mayoritas memutuskan untuk mengeluarkan blogpost dalam jarak waktu antara 3 hari sekali sampai 2 minggu sekali. Bahkan ada yang setiap 2-3 bulan sekali.

Gaya posting seperti Diana Rikasari dengan Hot Chocolate And Mint-nya yang selalu menerbitkan tulisan setiap hari sepertinya berkurang jauh.

Mungkin kebanyakan blogger, yang mayoritas part timer, tidak memiliki waktu luang yang cukup untuk bisa melakukannya secara rutin.

Tetapi, sangat mungkin juga, hal ini merupakan hasil dari semakin berkembangnya pemikiran bahwa update blog setiap hari adalah kesalahan. Pandangan ini umumnya diusung oleh para internet marketer atau kaum blogger pembahas tentang blogging.

Kategori yang satu ini, seperti juga para sejawatnya di luar negeri, selalu menekankan konsep

  • buat artikel sepanjang mungkin karena artikel panjang lebih “berkualitas” daripada artikel pendek
  • memakai pola 20:80, 20% untuk menulis, 80% untuk mempromosikan
  • menerbitkan artikel setiap hari adalah kesalahan

Pandangan yang lumayan banyak sekali pengikutnya.

Tapi, saya sendiri tidak berpendapat demikian. Jauh dari itu, BB Blog berseberangan dengan apa yang digembar-gemborkan para internet marketer, content writer, dan sejawatnya.

Saya berpendapat bahwa tidak ada kesalahan apapun untuk update blog setiap hari.

Alasannya?

  • Setiap blogger punya cara dan jalan masing-masing, tidak melulu harus sama
  • Tidak ada patokan atau standar bagaimana seharusnya sebuah blog dikelola dan jelas tidak ada peraturan yang melarang seorang blogger untuk menulis dan menerbitkan artikel setiap hari
  • Tidak ada sistem hirarki dalam dunia blog dimana semua orang berkedudukan sama, tidak bisa ada yang memaksakan bilang salah atau benar terhadap tindakan yang dilakukan orang lain
  • Update blog setiap hari akan menjadikan blog terlihat aktif dan hidup
  • Pembaca akan selalu disuguhi dengan konten baru
  • Blog akan terus berkembang, seperti sapi yang akan menjadi gemuk kalau diberi makan setiap hari
  • Semakin banyak blogpost yang ada di sebuah blog, semakin banyak kata kunci yang dapat dipergunakan mesin pencari
  • Sudah terlalu banyak penelitian yang membuktikan bahwa blog yang lebih rutin diupdate cenderung mendapatkan trafik lebih banyak
  • Sudah terlalu banyak bukti bahwa blog yang berhasil mayoritas adalah blog dengan konten yang bejibun alias banyak sekali, contohnya Mashable, Techcrunch yang dalam sehari diupdate berulangkali sejak lahirnya
  • Melakukan update blog setiap hari juga memberikan kesempatan bloggernya untuk terus mengasah kemampuan menulisnya

Dari segi peraturan, tidak pernah ada larangan yang bisa dijadikan dasar untuk menilai benar atau salahnya sebuah tindakan. Dari segi de facto, prinsip proses tidak akan mengkhianati hasil juga sudah terbukti.

Jadi, mengapa harus ditekankan bahwa mengupdate blog setiap hari adalah kesalahan?

Mungkin, jawabannya terletak pada kenyataan bahwa para internet marketer pada dasarnya sedang mencari pasar. Kadang mereka harus bertindak “berbeda” supaya terlihat menarik, meski terkadang pemikiran mereka tidak sesuai dengan logika dan kenyataan.

Bila Anda merasa ingin menerbitkan tulisan setiap hari, saya sarankan, lakukan saja. Buang saja pemikiran para internet marketer itu ke tempat sampah.

Baca juga : Mentalitas Instan Tidak Cocok Untuk Blogger

Tetapi, kalau waktu menghadirkan keterbatasan, saya akan dengan sangat paham mengerti. Karena, sebagaimana Anda, saya juga menghadapi masalah yang sama.

Leave a Comment