Peningkatan Trafik Pengunjung Blog Harus Terus Diupayakan

Bagi seorang blogger yang memang berniat sejak awal untuk mendapatkan penghasilan dari blognya, kunci utama dari kesuksesannya ada dalam kata “trafik pengunjung”. Oleh karena itu, perhatian, fokus, dan usahanya harus terus diupayakan untuk menghasilkan peningkatan trafik pengunjung blonya.

Berbagai tindakan agresif perlu dipastikan untuk bisa memperbesar arus pengunjung ke blognya sendiri.

Bagaimanapun, jika uang tujuannya, maka sebuah blog tidak lagi “hanya” blog dan sudah berubah menjadi sebuah unit bisnis.

Dan, sebuah unit bisnis harus terus berkembang agar tetap dapat bertahan hidup dan “menghasilkan” sesuai dengan keinginan pemiliknya. Ia harus bisa mempertahankan pelanggan (pembaca lama) sambil berusaha terus melebarkan sayap dan menjaring pelanggan baru.

Kesalahan Yahoo, yang pernah menjadi raja di dunia mesin pencari adalah karena ia tidak terus berusaha melebarkan sayapnya dan merasa aman dengan posisinya. Akhirnya ia terlibas oleh Google dan banyak mesin pencari lainnya, pesaing memakan pangsa pasar miliknya.

Pengalaman inilah yang harus ditiru oleh para blogger, yaitu harus terus berusaha mengembangkan blognya dengan cara meningkatkan terus trafik pengunjung yang datang.

Lagi pula, tanpa peningkatan dalam trafik pengunjung, maka

  • nilai jual blog tidak berkembang karena pemberi job sponsored post atau content placement biasa memberi penawaran barang berdasarkan berapa besar jumlah pengunjung ke sebuah blog
  • blog dengan pengunjung sedikit tidak akan mendatangkan uang meski dipasangi iklan Adsense karena rata-rata klik hanay 1-3% saja (bayangkan kalau hanya ada 100 pengunjung perhari, betapa rendah nilai uang yang didapat)
  • bagaimana mau mendapatkan rente atau komisi dari bisnis afiliasi kalau pengunjung sedikit?
  • pesaing akan semakin banyak setiap hari dan tanpa usaha meningkatkan jumlah pengunjung, pada suatu waktu mereka akan menggilas kita tanpa ampun
  • bagaimana bisa melakukan branding dan promosi kalau daya jangkaunya terbatas? Semakin banyak pengunjung, kecepatan sebuah usaha promosi akan semakin cepat pula, dan begitu juga sebaliknya, semakin sedikit pengunjung, semakin lama waktu yang dibutuhkan
  • selalu ada masa paceklik dimana jumlah pembaca akan menurun seperti di masa liburan dan hal itu pasti akan berpengaruh pada pemasukan. Jika jumlah pengunjung banyak, dampaknya bisa diminimalisir dan dikurangi, walau terkadang tidak terelakkan

Peningkatan trafik pengunjung ke sebuah blog adalah sebuah upaya yang harus terus menerus dilakukan. Dengan begitu, nilai atau potensi menghasilkan uang akan semakin besar pula.

Hal itu harus terus diupayakan dan dilakukan terus menerus, kecuali kita sudah berhenti menjadikan blog sebagai unit bisnis. Bahkan, ketika blog sudah mencapai level terkenal, hal itu harus terus dilakukan karena sebuah blog, seperti juga manusia akan selalu ada siklus naik dan turun.

Jadi, harus terus diupayakan.

Cara untuk melakukan peningkatan jumlah pengunjung bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti

  1. menggunakan teknik SEO dalam pembuatan artikel
  2. melakukan promosi secara gencar di media sosial
  3. menggunakan periklanan, seperti Google Ads, Facebook Ads, atau Insta Ads
  4. memberikan Give Away
  5. menyebarkan link ke grup Whatsapp
  6. mengajak saudara, teman, atau tetangga untuk bantu mempromosikan
  7. menyebarkan brosur
  8. update blog setiap hari

Bila Anda serius untuk menjadikan blog sebagai unit bisnis, maka Anda harus menjadi wirausaha, pebisnis dan unit bisnis tidak akan berhenti membutuhkan peningkatan trafik pengunjung.

Justru sebuah kesalahan bila berpikir “cukup” dalam hal ini karena pada akhirnya situasi yang dialami Yahoo akan terjadi pada blog kita. Blog akan tergerus dan digerogoti pesaing dan berimbas pada pemasukan yang kita harapkan.

Tetap semangat dan terus berjuang!

Leave a Comment