Apa Media Sosial (Medsos) Yang Paling Cocok Untuk Promosi Blog ?

Media sosial atau medsos adalah media yang sangat bagus untuk melakukan promosi. Apa saja bisa dipromosikan medsos, termasuk diantaranya blog. Bukan begitu?

Namun, pernahkah Anda bertanya di antara sekian banyak, media sosial atau medsos yang paling cocok untuk promosi blog?

Jawabannya seharusnya Anda sudah tahu.

Namun, saya akan coba sedikit ulas.

Jawaban saya sendiri kalau mendapat pertanyaan seperti itu adalah TERGANTUNG. Iya, saya tidak akan memilih salah satu di antara Faceboo,, Instagram, Twitter, Tiktok, atau yang lain.

Alasannya karena pada dasarnya semua medsos sangat berpotensi untuk dijadikan alat untuk mempromosikan blog. Semuanya punya pengguna dan penggemar. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Tidak ada media sosial yang sempurna.

Yang menentukan cocok atau tidaknya adalah sang bloggernya sendiri. Tidak bisa orang lain karena hal itu adalah masalah preferensi dan kenyamanan masing-masing.

Kalangan tua yang lebih mapan merasa Facebook merupakan tempat yang nyaman untuk mereka. Apalagi di dalamnya ada komunitas atau grup tempat banyak orang bisa berkumpul dan banyak yang memperkenankan untuk menyebar link.

Namun, kalangan yang lebih muda merasa tidak nyaman dengan FB karena satu atau lain alasan. Mereka lebih suka berada di Instagram karena mungkin lebih menikmati berinteraksi secara visual.

Tidak sedikit pula yang merasa Twitter lebih menyediakan ruang untuk berekspresi sekaligus mencari pasar.

Masing-masing akan punya alasan sendiri.

Yang terpenting bukanlah jenis medsos yang dipergunakan, tetapi tentang apakah kita mampu memahami dan mengerti cara kerja dan berinteraksi di medsos yang kita pakai.

Pengetahuan tentang medsos ini penting karena dengan begitu kita bisa merencanakan dan membuat strategi pemasaran yang tepat hingga akhirnya trafik pengunjung bisa didatangkan ke blog.

Jika kita tidak memilih pengetahuan ini, maka media sosial manapun akan menjadi percuma dan sia-sia saja.

Jadi, kalau memang Anda berniat promosi blog di media sosial, pastikan dulu

  • Anda nyaman di medsos tersebut
  • Anda paham dan mengerti cara bermain di sana
  • Anda tahu apakah segmen pasarnya sesuai dengan target
  • Anda tahu cara membuat bahan promosi yang pas dan sesuai dengan pasar yang ada di medsos tersebut

Jika perlu kuasai satu medsos saja dan gali sedalam-dalamnya agar bisa bermanfaat bagi blog Anda.

Saya sendiri memutuskan memakai beberapa, yaitu Facebook, Instagram, dan Tiktok. Itu saja. Twitter saya pikir kurang pas dengan sikon yang ada, jadi saya tidak memaksakan untuk menggunakannya untuk alat promosi blog saya.

Lalu, medsos mana yang paling cocok dengan Anda?

Leave a Comment