Kunci Meningkatkan Pendapatan Adsense Cuma Satu

Menjadi seorang publisher Adsense, divisi periklanan raksasa mesin pencari Google, idi Indonesia bukanlah sebuah hal mudah. Biaya per klik iklan atau yang dikenal sebagai CPC (Cost per Click) sangat rendah sehingga bahkan untuk mendapatkan payout sebesar US$ 100 saja sudah membuat banyak blogger menyerah.

Oleh karena itu, banyak blogger Indonesia yang mencari berbagai tips dan trik untuk mengakali dan meningkatkan pendapatan Adsense mereka.

Berbagai hal dicoba, mulai dari membuat blog beberapa buah, sampai dengan beralih membuat blog baru dengan niche yang disebut akan menguntungkan. Semua demi agar pemasukan dari si Adsense mengalir deras.

Namun, sebagai seorang yang sudah menjadi publisher Adsense selama lebih dari 7 tahun, saya melihat hanya ada satu kunci untuk menghasilkan uang banyak dari Adsense. Tidak ada cara lain.

Caranya yaitu dengan mendapatkan trafik pengunjung sebanyak-banyaknya. Semakin banyak semakin baik dan akan semakin cepat membuat seorang blogger kaya. Tanpa trafik yang bejibun, hasilnya pun akan tetap minim.

Memang, ada satu kemungkinan lain, yaitu membuat blog berbahasa Inggris agar iklan yang tampil berasal dari luar negeri. Namun, jeleknya cara yang satu ini akan membuat kita berhadapan dengan blogger-blogger raksasa di luar negeri yang selain lebih mahir dalam hal berbahasa Inggris, juga kerap didukung oleh tim dan bukan seorang diri.

Pada akhirnya, yang seperti ini justru menghambat usaha menaikkan trafik pengunjung. Jika pengunjung tetap sedikit, maka hasilnya sama saja, yaitu pemasukan uang tidak akan mengalir deras.

Oleh karena itu, jika memang Anda ingin berusaha meningkatkan pendapatan dari Adsense untuk blog Anda, lebih baik memfokuskan diri untuk terus memperbesar angka pembaca yang datang.

Caranya bisa beragam, tetapi saya akan menyarankan untuk fokus pada

  • membuat konten/artikel sebanyak banyaknya dan secepat cepat yang Anda bisa
  • melakukan promosi segencar-gencarnya agar pengunjung terus berdatangan

Keduanya jauh lebih baik daripada kita membuang-buang waktu untuk menemukan cara ajaib, seperti yang banyak diuraikan di forum ads.id, yang belum terbukti kebenarannya. Mengorbankan waktu lebih banyak untuk menulis artikel lebih berpeluang daripada membangun sebuah blog baru bertipe niche atau berbahasa Inggrsi karena tantangannya juga lebih besar dan berat.

Jika kita bisa memfokuskan tenaga dan waktu pada menelurkan artikel dalam jumlah besar dan waktu cepat, pada akhirnya semua itu akan memperbanyak pengunjung yang datang ke blog. Bisa juga waktu diluangkan lebih banyak untuk melakukan promosi, daripada membaca tips dan trik yang kadang dibuat orang yang sebenarnya belum kaya dari Adsense juga.

Kalau Anda bisa melakukan semua itu secara rutin dan konsisten, trafik akan meningkat dan pendapatan Adsense Anda juga membesar.

Hayo, tunggu apalagi? Mari kerja keras untuk bisa menjadi kaya dari Adsense.

Leave a Comment