Tujuan Ngeblog Menentukan Mentalitas Yang Dibutuhkan Blogger

Apa tujuan ngeblog Anda? Pernahkah Anda mengajukan pertanyaan tersebut kepada diri sendiri atau kawan sesama blogger? Lalu apa jawaban Anda atau mereka?

Penting loh untuk mengetahui jawaban yang satu ini? Meski terlihat sederhana, namun pertanyaan ini merupakan landasan yang bisa dipakai seorang blogger dalam menjalani kehidupannya dalam dunia blogging.

Sebagai contoh sederhana, seorang blogger yang sejak awal tergiur dan berniat untuk menjadikan blog sebagai sumber penghasilan tentu saja tujuannya adalah uang, duit, hepeng. Tentu akan menjadi terasa aneh, kalau ia mengatakan tujuannya untuk bersenang-senang dan mengisi waktu luang saja karena bersenang-senang tidak akan menghasilkan uang.

Oleh karena itu, blogger yang tujuan ngeblognya mengejar uang tidak bisa bersikap santai. Ia harus memakai mentalitas pebisnis atau wirausaha karena pada dasarnya segala sesuatu yang berkaitan dengan menghasilkan uang adalah bagian dari bisnis. Blog dalam hal ini hanya menjadi medianya saja.

Berbeda halnya dengan seorang blogger yang tujuan ngeblognya adalah kegiatan iseng saja dan mencari kesenangan saja. Maka, ia tidak perlu memakai mental seorang pebisnis, ia cukup menjadi dirinya sendiri dan memakai blognya untuk mendapatkan kesenangan.

Mengetahui tujuan ngeblog yang kita inginkan akan sangat membantu menghadirkan mentalitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Bila mentalitas yang cocok sudah ditemukan, maka langkah kemudian akan lebih jelas dan terang. Misalkan saja, blogger yang ngeblog demi uang, dia bisa mengambil langkah-langkah berikutnya, seperti bersiap untuk bekerja keras, mempersiapkan jadwal terbit artikel, mempersiapkan rencana produksi dan terus memantau produktivitas menulis artikel.

Segala sesuatu yang dilakukan dalam dunia bisnis, untuk mengeruk keuntungan, bisa mulai diterapkan dalam kegiatan bloggingnya.

Juga, sebagai seorang blogger yang bertujuan mendapatkan uang, mentalitas yang tetap akan membuatnya bisa menyadari bahwa akan selalu ada naik dan turun. Ia secara psikologis akan lebih siap dalam menghadapi berbagai tantangan yang akan hadir dalam perjalanannya sebagai blogger.

Baca juga :

Jadi, jangan dipandang remeh pertanyaan di atas. Pertanyaan itu bisa menjadi kunci masa depan seorang blogger. Kesalahan memilih mentalitas akan berujung pada kegagalan mencapai targt dan tujuan yang ditentukan.

Leave a Comment