Mengapa Judul Artikel di Blog Sebaiknya Panjang

Pernahkah Anda membaca media berita online, baik dalam dan luar negeri? Kalau pernah, dan pasti pernah, tentu Anda akan menyadari bahwa judul artikel di dalamnya panjang-panjang. Biasanya melebih 5 kata.

Bahkan, salah satu media berita di negeri Ratu Elizabeth, Inggris, Mail Online, setiap artikelnya mengandung lebih dari 20 kata. Kadang judulnya lebih mirip paragraf.

Saya sendiri akan menyarankan setiap blogger melakukan hal yang sama. Bukan tanpa alasan atau sekedar ikut-ikutan. Penggunaan judul artikel di blog yang panjang memberikan beberapa manfaat, selain memenuhi kaidah penulisan.

Saya coba terangkan di bawah ini

<1> Digunakan untuk mempersempit topik

Sebuah artikel sudah seharusnya hanya membahas satu topik saja agar pembaca bisa segera tahu dan menangkap apa yang akan mereka temukan dalam artikel.

Hal itu tidak mungkin dilakukan dengan sedikit kata saja, sebagai contoh judul pada artikel ini

  • judul artikel: bukankah akan timbul pertanyaan, “judul artikel apa dan dimana?” karena artikel itu bisa diterbitkan di berbagai media, seperti blog, media berita, media cetak, majalah, dan banyak lagi
  • judul artikel di blog : penambahan kata saja sudah membuat maksud tersampaikan dengan lebih jelas
  • judul artikel di blog sebaiknya panjang : lebih jelas lagi karena pembaca sudah tahu batasan topik, yaitu tentang judul artikel panjang
  • Mengapa judul artikel di blog sebaiknya panjang : lebih jelas lagi dari sebelumnya dan semakin spesifik, yaitu akan membahas tentang alasan di belakang tindakan itu

Itu adalah salah satu guna dari panjang sebuah judul artikel. Hal ini sesuai dengan kaidah penulisan bahasa resmi, seperti skripsi. Dosen pembimbing akan selalu menyarankan mahasiswanya untuk terus mempersempit judul skripsinya. Tujuannya untuk mempersempit topik bahasan.

<2> Memberi ruang untuk keywords/kata kunci

Teknik SEO atau Optimasi Mesin Pencari membutuhkan beberapa bagian dalam artikel mengandung kata kunci. Salah satunya adalah judul.

Belakangan karena tingkat persaingan tinggi, maka kata kunci yang harus disasar sebaiknya adalah long tail keywords atau kata kunci yang terdiri dari beberapa kata. Kadang lebih dari 4-5 kata.

Bagaimana kata kunci tersebut bisa dimasukkan dalam judul jika judulnya saja hanya 2-3 kata saja?

Teknik SEO sudah gagal sejak awal kalau hal ini dilakukan.

<3> Kesempatan untuk berkreasi untuk menarik perhatian

Membuat pembaca tertarik membaca artikel itu tidak mudah. Bukan hanya karena minat baca yang kurang, tetapi juga karena para pesaing banyak. Semua ingin mendapatkan atensi dari pembaca.

Untuk membangkitkan minat pengunjung untuk membaca lebih lanjut, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuatnya mau melirik.

Dalam artikel, maka peran itu dilakukan pada bagian judul.

Dengan membuat judul artikel yang panjang, disana ada ruang untuk berkreasi dan mengutak atiknya supaya menjadi sesuatu yang nyentil dan menonjok tombol minat pembaca.

Sulit untuk dilakukan kalau kata-kata yang dipergunakan sedikit, tetapi akan lebih mudah kalau agak panjang.

<4> Memberikan gambaran tentang isi artikel

Judul artikel pada dasarnya adalah etalase.

Biasanya, di toko, seorang pembeli akan melihat ke dalam etalase dan menimbang apakah yang dipajang menarik dan sesuai kebutuhannya atau tidak. Baru setelah itu, ia akan masuk toko dan bertanya kepada SPG atau petugas toko lebih jauh lagi.

Dalam sebuah artikel, peran untuk menampilkan sesuatu ada pada judul artikel.

Seorang calon pembaca akan mempertimbangkan isi dari artikel dengan melihat judulnya. Begitu ia merasa tertarik atau sesuai dengan apa yang dibutuhkannya, ia akan masuk ke dalamnya untuk mencari lebih jauh.

Judul artikel yang panjang akan lebih bisa memberikan gambaran lebih jelas dan lebih menarik dibandingkan yang pendek.

Bukan trend, bukan juga tanpa alasan.

Memang, menurut saya, judul artikel di blog sebaiknya panjang. Jangan pendek. Bukan hanya baik bagi bloggernya, tetapi juga bagi pembaca. Mereka sejak awal bisa mendapatkan gambaran yang lebih baik jika si bloggernya mau menambah jumlah kata dalam judul.

Itulah mengapa saya selalu membuat judul yang setidaknya terdiri dari 6 kata dalam setiap artikel di blog manapun.

Bagaimana dengan Anda? Sudah melakukannya?

2 thoughts on “Mengapa Judul Artikel di Blog Sebaiknya Panjang”

  1. Ini yang sebenarnya saya pikirin sejak dulu, namun kadang eh seringnya bertolak belakang sama teori SEO dari they called mastah seo itu.

    Konon dalam SEO, penulisan judul hanya dibatasi beberapa karakter.
    Yang saya herankan itu ya Pak, kenapa kok banyak artikel yang judulnya kek jalan tol, tapi bisa nongkrong di page one, dan bersaing dengan lainnya.

    Judul gegara teori tersebut, bikin saya mati gaya setiap mau bikin judul, hahaha

    Reply
    • Batasan 55 karakter itu karena mengaitkan dengan batasan space yang disediakan Google untuk judul artikel. Jadi kalau kepanjangan akan otomatis terpotong di halaman SERP. itu saja.

      Namun, tidak berarti bahwa judulnya menjadi tidak SEO selama mengandung kata kunci dan faktor yang lain mendukung ya bisa saja menang di SERP. Saya sudah membuktikan sendiri soal hal ini…

      Cuma saya bukan mastah SEO yah… hahahaha ga mau ngaku demikian

      Reply

Leave a Comment